Berkendara Aman di masa Pandemi

Berkendara Aman di masa Pandemi

Berkendara aman di masa pandemi saat ini sebuah keharusan yang harus dilaksanakan oleh setiap pengemudi agar terhindar dari virus Covid19.

Membawa kendaraan pribadi di masa pandemi merupakan sebuah pilihan yang aman dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum karena tingkat resiko penularannya lebih rendah. Namun, bukan berarti aman sepenuhnya dan terbebas dari penularan Covid19. Berikut ini tips-tips berkendara aman di masa pandemi.

1.     Bersihkan bagian kendaraan yang selalu tersentuh oleh tangan dengan desinfektan

Salah satu media penyebaran Covid19 adalah melalui sentuhan. Saat beraktivitas sentuhan-sentuhan terhadap benda-benda disekitar kita tidak bisa dihindari. Bisa saja kita menyentuh benda-benda yang sudah terpapar Covid19 kemudian saat hendak pergi menggunakan kendaraan kita menyentuh handel pintu lalu stir mobil. Jika belum mencuci tangan makan virus yang terbawa melalui tangan akan menempel di handel pintu dan stir kendaraan kita. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu membersihkan bagian-bagian kendaraan yang selalu tersentuh oleh tangan dengan desinfektan.

2.     Membawa Hand Sanitizer

Hand Sanitizer adalah benda wajib yang harus selalu dibawa saat ini. Ketika berpergian kita tidak bisa terhindar menyentuh benda-benda yang bisa jadi sudah terpapar Covid19. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga tangan supaya tetap bersih membawa hand sanitizer itu wajib.

3.     Selalu Menggunakan Masker

Menggunakan masker bukan saja ditempat-tempat umum atau bertemu seseorang. Namun, sesuai aturan dari pemerintah saat berkendara sekalipun sendirian tetap wajib menggunakan masker. Bahkan banyak pengendara yang akhirnya terkena razia karena tidak patuh menggunakan masker saat berkendara. Terdapat dua jenis sanksi yang diberikan jika kita tidak menggunakan masker saat berkendara pertama, sanksi sosial di mana pelanggar diharuskan membersihkan fasilitas umum selama satu jam penuh. Kedua, pelanggar dikenakan denda. Jadi, daripada terkena sanksi lebih baik menggunakan masker demi kebaikan Bersama.

4.     Jaga Jarak antar penumpang

Jaga jarak tidak hanya berlaku untuk kendaraan umum saja. Namun, kendaraan pribadi pun wajib menarapkan aturan menjaga jarak antar penumpang. Sesuai aturan Pemerintah jumlah penumpang hanya boleh 50 persen dari kapasitas kendaraan kita.

5.     Cuci mobil secara rutin

Cuci mobil secara rutin itu penting karena bisa saja ada virus menempel di badan kendaraan kita. Karena menurut WHO Covid19 dapat menempel di benda dan bertahan di udara. Bisa jadi Ketika kita berpergian udara yang membawa virus menempel di mobil atau Ketika parker ada orang-orang yang sengaja atau tidak sengaja menyentuh kendaraan kita. Cuci kendaraan selain menghindari kita dari virus tetapi juga membuat mobil lebih bersih.

Saat pandemi seperti saat ini menjalankan protokol Kesehatan dengan ketat merupakan cara terbaik supaya kita terhindar dari Covid19 termasuk saat berkendara. Jadi, mari kita berkendara aman dengan disiplin menerapkan protokol Kesehatan.

Penulis: Reindinaldo