Klakson atau Lampu, Mana yang Paling Efektif untuk Komunikasi di Jalan?

Klakson atau Lampu, Mana yang Paling Efektif untuk Komunikasi di Jalan?

Hi Sobat Keren, wujudkan memiliki mobil impianmu bersama KKB BCA Virtual Mall dan jangan lewatkan kesempatan terbaik kredit mobil dengan bunga spesial KKB BCA. Dimanapun dan kapanpun kamu bisa eksplore dan ajukan kredit mobil impianmu hanya di KKB BCA Virtual Mall

Sobat keren, kali ini kita akan membahas tentang komunikasi ketika kita berkendara. Bagaimana sih cara paling efektif berkomunikasi antar pengendara di jalan raya. Apakah dengan klakson atau lampu seperti sein, high beam (lampu jauh) dan fog lamp (lampu kabut). Banyak cara komunikasi yang bisa dilakukan. 

Dikutip dari kompas.com (26/07/2022), Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa setiap cara berkomunikasi memiliki fungsi yang berbeda - beda. Berikut ini beberapa komunikasi antar pengendara di jalan raya:

  1. Klakson 

Dapat digunakan saat berada pada area blindspot dimana pengendara tidak dapat melihat satu sama lain. Tujuannya adalah untuk memberikan tanda kepada pengendara lain bahwa mereka sedang berada di area tersebut. Selain itu klakson juga dapat ditujukan kepada pengendara kendaraan besar yang belum tentu dapat melihat kode dari lampu kita.

  1. Lampu 

Lampu merupakan cara berkomunikasi yang efektif digunakan saat malam hari. Lampu seperti sein, high beam ataupun fog lamp dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dengan pengendara yang dapat melihat kita secara langsung. Misalnya lampu sein digunakan saat kita hendak berbelok, maupun saat hendak mendahului kendaraan di depan kita melalui jalur kanan. Hal ini, merupakan bentuk komunikasi supaya pengendara dibelakang kita mengetahui kalau kita hendak mendahului melalui jalur kanan.

Namun ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan dalam penggunaan dari klakson maupun lampu lebih baik tidak digunakan secara berlebihan karena alih-alih berkomunikasi dengan pengendara lain, hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi pengendara lain atau ketenangan dari pengendara lain. 

#bisapunyamobil dengan KKB BCA. Kredit mobil, mobile-in aja hanya di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini]


Sumber : Kompas.com