Test Drive

Pasar MPV Murah Mulai Pulih berkat Insentif PPnBM

Pasar MPV Murah Mulai Pulih berkat Insentif PPnBM

Gambar IIMS 2021 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta (Kompas.com)

Dunia otomotif nasional saat ini sedang menunjukan tren yang positif pasca terdampak pandemi Covid19 yang terjadi sejak awal tahun 2020. Khususnya mobil keluarga yang berharga terjangkau atau biasa dikenal dengan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). 

Tren positif ini terjadi karena adanya kebijakan insentif terhadap Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang mulai diberlakukan sejak maret 2021 serta terselenggarakannya beberapa pameran otomotif yang ikut turut meningkatkan penjualan. 

Menurut data yang diolah oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama bulan April 2021 penjualan mobil dari pabrik ke dealer atau wholesaler mencapai 13.242 unit dengan angka pertumbuhan mencapai 60 persen. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, total penjualan segmen LMPV hanya mencapai 737 unit. 

Adapun penguasaan mobil keluarga terhadap penjualan kendaraan roda empat nasional juga mulai kembali ke level normal yaitu sekitar 18-20 persen. Saat ini, market sharenya berkisar 17 persen. 


Sumber: Kompas.com