Sering Melaju di Jalan Tol? Penting Kamu Ketahui 10 Hal Berikut ini

Sering Melaju di Jalan Tol? Penting Kamu Ketahui 10 Hal Berikut ini

Hai Sobat KKB, pasti sudah sering menggunakan jalan tol terutama bepergian dengan jarak  jauh. Jalan tol menjadi sarana umum yang banyak diminati masyarakat. Terutama saat ini akses jalan tol sudah menjangkau banyak daerah di Indonesia. Khususnya di Pulau Jawa dari Jakarta ke Surabaya saat ini dapat diakses dengan jalan tol dengan waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan dengan jalan non tol. 

Namun, dibalik kemudahan dan kenyamanan menggunakan jalan tol sering kali terjadi kecelakaan. Berdasarkan data BPS (2020), jumlah kecelakaan di empat jalan tol yaitu tol Jagorawi, tol Jakarta-Tangerang, tol Japek, tol dalam kota Jakarta pada tahun 2019 mencapai 708 kecelakaan dan 53 orang diantaranya meninggal dunia. Jika dilihat dari faktor penyebab kecelakaannya sekitar 632 kecelakaan diakibatkan oleh pengemudi. Menurut Kemenhub (2017), 61 persen faktor kecelakaan di jalan disebabkan oleh pengemudi. 

Human error menjadi faktor penyebab tertinggi terjadinya kecelakaan ini sebenarnya bisa diminimalisir. Banyak pengemudi mengalami kelelahan dan mengantuk ketika di jalan tol sehingga berakibat pada terjadinya kecelakaan atau terlalu asik menggunakan jalan tol sehingga mengendarai kendaraan diatas batas maksimum kecepatan. Dikutip dari NTMC Polri, Berikut ini tips aman berkendara di jalan tol:

  1. Usahakan untuk tetap melajukan kendaraan kita di lajur kiri, tidak selalu berpindah lajur, kecuali untuk mendahului.

  2. Usahakan untuk tidak melaju di bawah kecepatan minimum yakni 60 Km/jam atau melebihi kecepatan maksimum yakni 80 km/jam sesuai dengan rambu-rambu yang terpasang.

  3. Nyalakan lampu kecil saat hujan tiba dan kurangi kecepatan pada permukaan jalan basah, pedoman jarak aman adalah sesuai dengan kecepatan kendaraan, yaitu kecepatan 80 km/jam.

  4. Beristirahatlah dengan menepikan kendaraan ke tempat istirahat saat merasakan ngantuk dan rasa lelah menyerang. Tidur sejenak atau minum secukupnya. Bisa juga melakukan gerakan-gerakan ringan dan bermanfaat lainnya.

  5. Jangan membuang benda apapun juga keluar mobil karena sangat berbahaya akibatnya.

  6. Jangan coba-coba menyingkirkan benda-benda yang ada di sepanjang jalan tol seorang diri karena itu sangat berbahaya, segera hubungi bagian informasi jalan tol.

  7. Jika ada pekerjaan di jalan tol perhatikan rambu dan petunjuk yang terpasang.

  8. Jika ingin berpindah jalur, pastikan kendaraan yang ada di belakang anda maupun yang berada di depan posisinya sudah benar-benar aman.

  9. Jika ingin berpindah jalur, nyalakan lampu isyarat lalu bergeraklah pada saat yang tepat. Jangan lakukan gerakan memotong karena itu sangat berbahaya sekali.

  10. Bahu jalan untuk kendaraan yang berhenti di jalan tol, jadi jangan gunakan bahu jalan

Nah, sobat KKB sudah tahu kan tips aman berkendara di jalan tol. Mari sama-sama kita belajar dari semua peristiwa kecelakaan yang sudah terjadi. Sayangi orang-orang kita kasihi dengan berkendara aman di jalan tol. 

Sumber: NTMC Polri