Tips Istirahat Saat Mudik Pakai Mobil Pribadi

Tips Istirahat Saat Mudik Pakai Mobil Pribadi

Halo Sobat Keren, 

Bagaimana persiapan mudiknya. Tentu sudah tidak sabar menantikan moment tersebut. Menjelang puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 malam, 29 sampai 30 April 2022. Pemerintah sudah menyiapkan berbagai alternatif dalam mengantisipasi lonjakan puncak arus mudik mendatang. 

Dikutip dari laman Kompas.com (22/04/22), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, diperkirakan akan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang akan digunakan para pemudik pulang ke kampung halaman. Hal tersebut akan menyebabkan naiknya volume kendaraan di jalan. 

Salah satu kebijakan yang akan diterapkan ketika puncak arus mudik mendatang adalah diberlakukannya kebijakan satu arah di tol yang akan diterapkan mulai dari KM 47 tol Jakarta Cikampek sampai KM 313 gerbang tol Kali Kangkung. Oleh karena itu, setiap kendaraan yang menuju Jakarta tidak bisa melalui jalan tol selama periode tersebut.

Mudik tahun ini merupakan perdana pasca pandemi melanda setelah 2 tahun pemerintah melarang mudik. Dengan diperbolehkannya masyarakat untuk kembali melaksanakan mudik ini berdampak pada tingginya animo masyarakat untuk melakukan mudik. Hal ini akan sejalan juga dengan meningkatnya volume kendaraan di jalan. 

Halo Sobat Keren, oleh karena itu kita wajib mempersiapkan fisik kita karena hal tersebut sangat penting dilakukan supaya ketika mengendarai mobil tetap fit. Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya dimana tingginya tingkat kecelakaan pada puncak arus mudik yang diakibatkan oleh supir yang kelelahan dan mengantuk. Jadi, mempersiapkan fisik menjelang dan ketika mudik itu sangat penting dilakukan. 

Salah satu yang dapat Sobat lakukan ketika mudik adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk terus mengendarai mobil. Dikutip dari Kompas.com (22/04/22), Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, tidak ada obat mujarab untuk menghilangkan rasa ngantuk, kecuali dengan beristirahat. “Jadi setelah melakukan perjalanan maksimal tiga jam, wajib beristirahat selama 30 menit,” ucap Sony. 

Sobat Keren, Yuk sayangi diri dan keluarga dengan memahami kondisi fisik kita ketika mudik nanti. Jika lelah dan mengantuk segera menepi ke rest area terdekat dan beristirahatlah sejenak. Selamat Mudik Sobat Keren dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan bersama. 


Sumber: Kompas.com

Loader