Tren Mobil Putih Menurun, Ini Warna Mobil yang Lagi Naik Daun

Tren Mobil Putih Menurun, Ini Warna Mobil yang Lagi Naik Daun

Warna jadi pertimbangan seseorang ketika hendak membeli mobil. Dalam beberapa tahun ke belakang warna putih masih mendominasi mobil di jalanan, tapi trennya terus menurun akhir-akhir ini. Hal ini diketahui dari laporan Axalta, perusahaan global coating yang dirilis pada periode 2021. Laporan itu terangkum dalam 69th annual Global Automotive Color Popularity Report, yang mengungkapkan sebagian besar mobil di jalan dunia ini berwarna putih (35 persen), hitam (19 persen) dan abu-abu (19 persen).

Menariknya warna abu-abu meningkat empat persen jika dibanding tahun sebelumnya. Eropa adalah satu-satunya wilayah utama yang melaporkan abu-abu sebagai warna paling populer dengan 27%, disusul Afrika 21%, Amerika Selatan 19%, Rusia 17%, dan Asia 13%.

Sedangkan warna putih diketahui mulai populer di jalanan sejak 2011 di seluruh dunia, di mana Asia memimpin dalam pembuatan mobil berwarna putih dengan total populasi mobil 45 %. Di Asia sendiri warna selanjutnya yang populer ialah hitam 18 persen, lalu abu-abu 13 persen, silver 7 persen, biru 5 persen, merah 4 persen, coklat 3 persen, kuning 2 persen, dan hijau 2 persen.

Secara keseluruhan, popularitas warna putih mencapai level tertinggi dalam jangka panjang sebesar 39% pada tahun 2017 dan telah mengalami penurunan di beberapa wilayah setiap tahun sejak saat itu.

Tahun ini, warna putih turun tiga persen, sebagian besar karena penurunan yang terlihat di semua wilayah, terutama China, dengan penurunan 7%.

Warna lain seperti silver paling populer di Amerika Selatan karena menempati urutan kedua dengan penggunaan 23%. Hitam paling banyak ditemukan di Eropa sebesar 22%,

"Permintaan konsumen diharapkan menunjukkan tren popularitas warna otomotif mendatang," kata Nancy Lockhart, manajer produk global warna di Axalta.


Penulis: Ridwan Arifin

Sumber: Detik.com