Test Drive

Tujuh Hal yang harus diperhatikan ketika hendak memodifikasi Jok Mobil

Tujuh Hal yang harus diperhatikan ketika hendak memodifikasi Jok Mobil

Gambar oleh My-Photography dari Pixabay

Jok mobil merupakan salah satu feature penunjang kenyamanan ketika berkendara. Khususnya mobil. Jok mobil yang tidak nyaman akan sangat berdampak pada kondisi kita mengendarai. Jok mobil sudah didesain dengan berbagai pertimbangan supaya pengemudi bisa nyaman ketika mengendarai mobil, begitu juga dengan penumpang lainnya di dalam mobil. 

Menurut Buntarto dalam bukunya yang berjudul “Pengenalan Bodi Otomotif” dikatakan bahwa bukan hanya kenyamanan, jok mobil dibuat supaya menunjang aktivitas mengemudi supaya efektif dan efisien saat mengendarai mobil. Oleh karena itu, Prinsip mendasar dalam perencanaan bentuk yang menunjang kenyamanan tempat duduk adalah desain fisik yang dihubungkan dengan struktur dan gerak organ tubuh manusia. 

Terdapat tujuh hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mendesain atau memodifikasi jok mobil, diantaranya:

  1. Pertimbangkan ukuran tinggi sandaran tempat duduk.

  2. Kedalaman dan lebar tempat duduk. Kedalaman tempat duduk disesuaikan dengan panjang tulang paha dan lebarnya sendiri, berdasarkan tulang panggul orang dewasa. 

  3. Sudut antara sandaran dan alas tempat duduk, harus sesuai dengan posisi paling nyaman saat mengemudi. 

  4. Profil (bentuk desain) sandaran dan alas tempat duduk, harus menjaga dan membuat posisi duduk lebih mantap, dengan mengikuti bentuk atau posisi tulang punggung yang tepat. 

  5. Jangan lewatkan sandaran kepala (headrest), sebagai perlengkapan penunjang agar leher tidak cepat lelah, dan menghindari cedera fatal saat mobil ditabrak dari belakang.

  6. Letak atau posisi tempat duduk, diupayakan bisa mempermudah mengoperasikan instrumen pendukung di dalam mobil. 

  7. Bahan penyusun bangku mobil. Umumnya kursi mobil dibuat dari bahan yang empuk dan lembut. Ini tujuannya buat menambah kenyamanan dan juga meredam getaran.



Sumber: Kompas.com