BBM Naik dan Chip Mobil Langka, BCA Pastikan Suku Bunga Kredit Kendaraan Bermotor Rendah

BBM Naik dan Chip Mobil Langka, BCA Pastikan Suku Bunga Kredit Kendaraan Bermotor Rendah

Bank BCA sedang menjaga tingkat kredit kendaraan bermotor (KKB) di level rendah. Dikutip dari Tempo.co (07/09/2022), Direktur BCA Haryanto mengatakan prospek KKB BCA masih bagus di tengah kondisi naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia hingga naiknya harga bahan bakar minyak di Indonesia. Tantangan yang sebetulnya bukan dari sisi kreditnya melainkan ketersediaan chip untuk produksi mobil. 

Kelangkaan chip mobil di pasaran saat ini berdampak cukup besar terhadap ketersediaan produksi mobil. Kelangkaan ini sudah terjadi sejak 2020 silam pasca pendemi Covid19 melanda dunia. Ditambah lagi semakin memanasnya hubungan antara Tiongkok dan Taiwan yang merupakan produsen chip terbesar di dunia.

Di tengah situasi seperti itu, suku bunga KKB ke depannya akan tetap dijaga di level rendah karena rasio dana murah atau current saving account (CASA) BCA sangat tinggi mencapai 81 persen hingga Juni 2022. 

Dikutip dari Tempo.co (07/09/2022), hingga Juni 2022 KKB BCA naik 4,8 persen secara year on year menjadi Rp 43,2 triliun. Trend kenaikan ini akan terus terjadi hingga akhir tahun 2022 terutama pada bulan september hingga oktober BCA menyelenggarakan event BCA EXPO Hybrid 2022.

Dapatkan promo spesial KKB BCA di BCA EXPO Hybrid 2022 yang akan berlangsung secara offline di ICE BSD Tangerang pada tanggal 9-11 September 2022 dan secara online di expo.bca.co.id dari tanggal 9 September - 10 Oktober 2022. [Klik disini]


Sumber: Tempo.co