Test Drive

Raksasa Teknologi Membuat Mobil?

Raksasa Teknologi Membuat Mobil?

Gambar dari bbc.com

Google, ya siapa yang tidak mengenalnya? Sebuah perusahaan raksasa teknologi yang berdiri di Amerika Serikat. Selama ini kita mengenal Google sebagai mesin pencarian atau search engine di internet. Bukan hanya itu, email, peta, drive, sampai Android salah satu OS terbesar yang digunakan di hampir semua perangkat smartphone tersebut merupakan keluaran dari Google. 

Sejauh ini, kita mengenalnya sebagai perusahaan teknologi. Namun, apakah pernah terlintas di benak kita jika sebuah perusahaan teknologi seperti Google memproduksi sebuah mobil? Bisa jadi selama ini kita tidak pernah membayangkan hal itu. Karena memproduksi mobil tidak sama seperti mengembangkan sebuah software yang selama ini dikembangkan oleh Google. 

Namun, baru-baru ini dikabarkan bahwa Google sedang merencanakan proyek untuk mengembangkan produksi mobil. Hal ini terlihat dari adanya jalinan kerjasama yang dilakukan oleh Google dengan salah satu perusahaan otomotif dari Korea Selatan yaitu Hyundai. 

Selain Google, pesaingnya yaitu Apple dikabarkan juga sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan otomotif asal Korea Selatan dan Jepang. Nampaknya dua raksasa teknologi tersebut mulai tertarik dalam mengembangkan mobil masa depan yang berbasis teknologi. 

Perusahaan Teknologi Mulai Menjajaki Dunia Otomotif

Selain Google dan Apple, ada perusahaan teknologi bahkan tidak disangka-sangka sudah merambah ke dunia otomotif yaitu perusahaan teknologi asal Tiongkok Xiaomi. Siapa yang tidak mengenal Xiaomi dengan produk smartphonenya yang terkenal murah. Pada tahun 2019, Xiaomi telah meluncurkan mobil SUV dengan nama Xiaomi Redmi Car yang dibandrol dengan kisaran harga sekitar Rp 190 - 282 juta di Tiongkok. 

Gambar dari otomotif.tempo.co

Nampaknya, persaingan di dunia otomotif ke depan akan semakin berwarna jika perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google & Apple serius dalam mengembangkan mobil bahkan akan menjadi pesaing berat bagi perusahaan-perusahaan otomotif yang saat ini sudah ada karena Google & Apple sudah memiliki teknologi yang baik dan sangat mungkin jika teknologi mereka dikembangkan ke dalam dunia otomotif. 

Sumber: autonetmagz.com