9 Aksesoris Mobil yang Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

9 Aksesoris Mobil yang Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Fungsi mobil kini bukan sekadar sebagai kendaraan pribadi yang mendukung aktivitas masyarakat modern. Orang yang tingkat mobilitasnya tinggi menghabiskan banyak waktu di mobil selama bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Itulah sebabnya keberadaan macam-macam aksesoris mobil penting untuk menyempurnakan kendaraan pribadi tersebut. 

Cara memilih aksesoris mobil tentu bukan hanya patut memperhatikan tampilan, melainkan juga fungsinya. Sebaiknya Anda memilih aksesoris dalam mobil yang bermanfaat mendukung keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Perjalanan panjang tentu terasa menyenangkan bila mobil Anda sudah dilengkapi beragam aksesoris yang bermanfaat berikut ini: 

Head Unit 

Kehadiran aksesoris dalam mobil yang satu ini tentu tak boleh dianggap remeh. Head unit merupakan pusat hiburan yang terdiri dari CD atau DVD Player, radio, dan pengatur suara. Bahkan, saat ini ada head unit canggih yang dilengkapi tampilan layar sentuh dan kontrol suara. Integrasi head unit canggih dan smartphone memungkinkan Anda menyaksikan tayangan live streaming atau menyimak podcast favorit selama berkendara. Pengalaman menikmati hiburan di mobil pun jadi lebih menyenangkan. 

Charger USB 

Pembahasan tentang macam-macam aksesoris mobil tentu tak lengkap tanpa menyebut charger USB. Jenis aksesoris ini penting untuk mendukung proses charging gadget selama berkendara, terutama HP. Sebaiknya kamu memilih charger USB dengan fitur fast charging yang terdiri dari beberapa slot sehingga dapat digunakan untuk beberapa perangkat secara bersamaan. Jangan lupa pula mempertimbangkan fitur tambahan seperti pemutus arus listrik otomatis untuk meminimalkan risiko korsleting ketika charger USB digunakan di mobil. 

Phone Holder 

HP adalah perangkat penting yang mempermudah berbagai aktivitas, termasuk saat berkendara. Ketika sedang mengemudikan mobil, kemungkinan besar kamu butuh HP untuk mengakses info seputar rute perjalanan atau menjawab panggilan telepon. Jika kamu termasuk orang yang tetap aktif menggunakan HP sambil mengemudi, berarti kamu juga butuh phone holder di mobil. Cara memilih aksesoris mobil yang satu ini harus dilakukan secara cermat. Jangan mudah tergiur dengan phone holder yang harganya murah. Pilih produk berkualitas yang materialnya kuat dan tahan lama agar tidak mudah rusak atau membuat HP jatuh. 

Tempat Sampah  

Mobil pribadi juga butuh perlengkapan kebersihan berupa tempat sampah (trash bin) supaya sentiasa higienis. Gunakan tempat sampah berukuran mungil yang memiliki komponen penutup supaya tidak mudah tumpah saat digunakan. Prioritaskan penggunaan tempat sampah mobil untuk memuat sampah kering, seperti tisu atau kertas. Bila Anda sering menggunakannya untuk memuat sampah basah, maka tempat sampah tersebut harus lebih sering dikosongkan supaya tidak menimbulkan bau tak sedap dan kemunculan semut di mobil. 

Air Purifier 

Banyak orang tidak mengingat air purifier ketika membahas seputar macam-macam aksesoris mobil. Padahal, penggunaan air purifier sangat penting untuk membersihkan udara dalam mobil. Meskipun kabin mobil terlihat bersih, kualitas udaranya bisa tercemar akibat polusi dari luar mobil atau kotoran yang terbawa ketika ada orang masuk ke mobil. Penggunaan air purifier bukan cuma efektif meningkatkan kualitas udara di dalam mobil, tetapi juga menjaga performa AC mobil. Filter AC tersebut tak perlu bekerja keras menyaring debu dan kotoran lainnya jika mobil sudah dilengkapi air purifier

Dashboard Camera (Dash Cam) 

Dash cam adalah kamera kecil dengan lensa bersudut lebar yang dipasang pada dashboard mobil untuk merekam video aktivitas mengemudi. Aksesoris dalam mobil ini langsung tersambung dengan sistem kelistrikan mobil sehingga mampu merekam video berdurasi panjang. Manfaat dash cam sangat penting karena dapat berfungsi sebagai alat bukti kecelakaan lalu lintas. Selain itu, video yang direkam dash cam juga bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan pemandangan indah dalam perjalanan. 

Alarm Mobil 

Kalau Anda sedang mencari aksesoris tambahan untuk mendukung keamanan mobil, berarti Anda membutuhkan alarm mobil. Aksesoris berukuran kecil ini sangat ampuh mencegah tindakan pencurian atau pembobolan mobil karena menghasilkan tanda peringatan berupa bunyi kencang. Lebih hebatnya lagi, alarm mobil modern juga dilengkapi sensor gerak yang mampu mengidentifikasi gerakan mencurigakan di sekitar bodi mobil.  

Karpet Mobil 

Karpet menjadi salah satu dari macam-macam aksesoris mobil yang kerap terabaikan. Padahal, fungsi karpet mobil sangat krusial untuk menjaga kebersihan bagian bawah mobil, terutama saat musim hujan. Karpet mobil dapat menampung debu dan kotoran lainnya yang berasal dari alas kaki. Sebaiknya, Anda memilih karpet mobil yang bahannya mudah dibersihkan dan warnanya senada dengan warna kabin mobil sehingga fungsinya makin optimal. 

Kotak P3K 

Satu lagi aksesoris dalam mobil yang wajib ada yaitu kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Benda kecil ini sangat dibutuhkan ketika terjadi insiden kecil yang menimbulkan luka pada tubuh atau saat Anda maupun penumpang lain mengalami sakit ringan. Kotak P3K di mobil wajib memuat cairan antiseptik, kasa steril, plester, gunting, pinset, serta obat-obatan untuk anti nyeri, batuk, flu, sakit kepala, dan penyakit pribadi lainnya (misalnya obat serangan jantung). 

Kalau Anda baru saja berencana membeli mobil pertama, berarti sekarang Anda sudah siap menyempurnakannya dengan macam-macam aksesoris mobil yang bermanfaat. Tak akan ada keraguan untuk membeli mobil bila Anda sudah mengenal fasilitas Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA. Solusi pembiayaan kredit dari BCA ini menyediakan beragam pilihan program dengan bunga kompetitif yang dapat disesuaikan dengan kondisi finansial. 

Jangan ragu mencoba simulasi kredit mobil dengan bunga yang berlaku di KKB BCA melalui situs kreditkerenbanget.com. Bila Anda sudah mantap menentukan mobil pribadi sesuai kebutuhan, selanjutnya KKB BCA yang siap membantu Anda memilikinya.  Simulasikan kredit mobil baru Anda [Klik disini]