Apa itu Water Hammer?

Apa itu Water Hammer?

Halo Sobat Keren, kali ini Bung KKB kolaborasi dengan BCAInsurance dan akan membahas seputar water hammer. Akhir-akhir ini, sebagian wilayah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan, titik genangan dan banjir mulai melanda di berbagai lokasi. Bagi pengendara mobil, tingkat kewaspadaan yang tinggi sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan, khususnya akibat jalan licin, hujan lebat yang mengganggu pandangan mata, hingga kemungkinan banjir tinggi yang membuat jalan tidak dapat dilintasi mobil. Namun, ketika ada banjir atau genangan tinggi jangan mencoba untuk menerjangnya jika tidak ingin mobil kita terkena “water hammer”. 

Apa itu water hammer?

Water hammer adalah kondisi di mana ada kandungan air yang masuk ke ruang bakar dengan jumlah yang banyak dan tidak bisa dikompresikan sehingga proses pembakaran mesin menjadi terganggu.

Apa efek yang terjadi Jika kendaraan mengalami water hammer?

  • Kerusakan stang piston.

  • Kebocoran/ kerusakan pada mesin.

  • Mobil tidak bisa dinyalakan.

Tips mencegah kerusakaan mobil karena “water hammer”:

  • Menghindari area yang terkena banjir.

  • Jangan berkendara saat arus air deras.

  • Kendalikan kecepatan mobil, agar air tidak masuk dari  knalpot.

Jadi, penting bagi kita semua untuk memiliki produk Asuransi Kendaraan Bermotor dengan jaminan yang lengkap, khususnya jaminan perluasan banjir atau dikenal dengan Typhoon, Storm, Hail, Flood, Landslide (TSHFL) dan Water Hammer. Jaminan TSHFL memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang tertimpa pohon atau papan reklame yang roboh akibat angin kencang saat hujan turun. Jaminan ini juga bermanfaat di saat kendaraan di parkir terdampak longsoran tanah. Selain itu, apabila terjadi kecelakaan akibat licinnya jalan, asuransi akan menjamin klaim akibat kecelakaan tersebut.

Bagi Anda yang belum memiliki Asuransi Kendaraan Bermotor, dapat mengunjungi website BCAinsurance, kemudian pilih menu “Permintaan Produk”, lalu isi data diri Anda dan pilihan produk Asuransi Kendaraan Bermotor. Tim BCAinsurance akan segera menghubungi Anda untuk memberikan informasi lebih lanjut.

Untuk mendapatkan informasi seputar produk dan layanan dari BCAinsurance kunjungi:


Bisa juga lakukan simulasi kredit di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini] 

dan informasi seputar KKB BCA bisa ditanyakan langsung melalui live chat atau bisa tersambung dengan akun Instagram KKB BCA : @mykkbbca





Tindakan kesengajaan seperti menerobos banjir dan memaksa lewat genangan air sampai menyebabkan air terhisap ke ruang mesin, tentunya tidak dijamin asuransinya. Apabila kendaraan sudah dalam keadaan terendam banjir, hal yang paling tepat dilakukan adalah mendiamkannya sampai banjir mereda, tidak menyalakan kendaraan, dan memanggil pihak bengkel untuk tindakan lebih lanjut”.