Bagaimana Cara Kerja Mobil Listrik? Yuk, Ketahui Bersama!

Bagaimana Cara Kerja Mobil Listrik? Yuk, Ketahui Bersama!

Percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia berlangsung pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tercermin melalui berbagai indikator, salah satunya yaitu peningkatan jumlah pengguna mobil listrik. Meskipun cara kerja mobil listrik tergolong simpel, kendaraan pribadi tersebut memiliki banyak kelebihan dibandingkan mobil bensin yang konvensional. 

Jika Anda berencana membeli mobil listrik dalam waktu dekat, maka sebaiknya Anda memahami karakter, cara kerja, dan proses perawatannya terlebih dahulu. 

Kelebihan Mobil Listrik 

Saat ini, mobil listrik semakin digandrungi banyak orang karena memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut: 

  • Hemat biaya bahan bakar: pengisian daya mobil listrik membutuhkan biaya lebih hemat daripada mobil bensin. Keunggulan ini bisa direalisasikan karena mobil listrik mampu mengubah dua pertiga energi listrik menjadi energi mekanik, sedangkan kemampuan mobil bensin kurang dari sepertiganya. 

  • Pengisian baterai bisa dilakukan di rumah: proses mengisi daya listrik pada baterai mobil dapat dilakukan di rumah jika Anda sudah menyiapkan kapasitas sumber daya listrik serta perangkat yang memadai. 

  • Ramah lingkungan: cara kerja mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas yang mencemari lingkungan seperti halnya mobil bensin sehingga jauh lebih ramah lingkungan. 

  • Bebas bising: Anda bisa merasakan pengalaman mengemudi yang lebih nyaman selama menggunakan mobil listrik karena kendaraan ini tidak menghasilkan bunyi yang bising. 

  • Bebas dari aturan ganjil genap: Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap menyatakan bahwa mobil listrik bebas melewati semua ruas jalan Jakarta tanpa dibatasi aturan ganjil genap. 

  • Perawatan lebih praktis dan murah: biaya serta proses perawatan mobil listrik lebih praktis dan murah daripada mobil konvensional karena jumlah komponen bergeraknya pun lebih sedikit. 

  • Nilai Pajak Lebih Ringan: Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 41 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor menyatakan bahwa masyarakat yang membeli mobil listrik akan mendapatkan keringanan pajak. Selain Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hanya 10% dari nominal normal, biaya balik nama kendaraan bermotor listrik pun gratis. 


Komponen Mesin Mobil Listrik 

Beberapa komponen utama mesin mobil listrik yang membedakannya dengan mobil bensin, yaitu: 

  • Traction battery pack: elemen krusial ini merupakan wadah penampung daya listrik sebagai sumber utama energi penggerak bagi mobil. Sistem penyimpanan daya ini memfasilitasi arus listrik searah (Direct Current atau DC). 

  • Power Inverter: fungsi utamanya mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak-balik (Alternating Current atau AC) untuk menggerakkan motor traksi. Di samping itu, power inverter juga membantu mengisi baterai dengan cara mengubah arus AC menjadi arus DC saat mobil melambat. 

  • Motor Traksi: Prinsip kerja motor traksi pada mobil listrik menyerupai dinamo listrik mobil mainan. Arus listrik yang berasal dari baterai bermuara ke motor traksi sebagai komponen tujuan akhir. Setiap mobil listrik biasanya memiliki satu atau lebih motor traksi yang berfungsi menggerakkan roda dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi kinetik. 

  • Charger mobil listrik: cara kerja mobil listrik tentu tak lepas dari komponen charger untuk mengisi ulang daya listrik ke dalam baterai mobil. Proses penggunaannya sangat mudah karena sama dengan cara mengisi daya listrik pada perangkat elektronik lain, seperti smartphone dan laptop. 

Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik 

Cara kerja mobil listrik sangat sederhana karena hanya terdiri dari beberapa langkah berikut ini: 

  • Saat Anda menginjak pedal akselarasi (gas), control module mulai mengatur aliran daya listrik dari baterai ke inverter

  • Selanjutnya, inverter mengubah arus DC menjadi AC lalu menyalurkannya ke motor traksi sesuai besar tekanan pada pedal akselarasi. 

  • Motor traksi mengubah daya listrik menjadi energi kinetik. 

  • Terakhir, putaran rotor pada motor traksi menggerakkan transmisi untuk memutar roda sehingga mobil mulai berjalan. 

Tips Merawat Mobil Listrik 

Pengetahuan seputar cara kerja mobil listrik harus disertai wawasan tentang proses perawatan yang tepat agar kendaraan kesayangan Anda selalu awet. Merawat mobil listrik sebenarnya tidak sulit karena Anda hanya perlu melakukan beberapa rutinitas ini: 

  • Utamakan slow charging: meskipun proses slow charging mobil listrik membutuhkan waktu lebih lama, prosesnya jauh lebih efektif untuk menjaga kualitas baterai dalam jangka panjang. 

  • Ganti oli speed reducer secara teratur: oli speed reducer berfungsi menopang kinerja speed komponen reducer yang terdiri dari beberapa gir seperti transmisi. Oleh sebab itu, proses penggantian oli speed reducer juga wajib dilakukan secara teratur seperti pelumas pada mobil konvensional. 

  • Ganti kampas rem: salah satu komponen paling penting pada kendaraan bermotor yang patut diperhatikan adalah rem. Usia mobil serta durasi pemakaian yang panjang tentu membuat performa pengereman kian menurun karena kampas rem makin terkikis. Namun, hal ini bukanlah masalah besar asalkan Anda rutin mengganti kampas rem dan mengisi minyak rem secara berkala. 

  • Cek radiator: satu lagi rutinitas perawatan mobil listrik yang tak boleh luput dari perhatian adalah pengecekan radiator. Kuantitas air radiator (coolant) sebagai komponen pendingin mesin mobil harus senantiasa terjaga. Idealnya, pengisian air radiator dilakukan setiap mobil menempuh jarak 60.000 km serta kelipatannya.  

Jika sederet keunggulan mobil listrik tersebut membuat Anda makin tak sabar memilikinya, kini ada Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA yang siap mendukung Anda. Pengajuan KKB BCA bisa Anda lakukan dengan mudah karena fasilitas persembahan BCA tersebut telah bekerja sama dengan sejumlah partner dealer terkemuka di berbagai kota besar tanah air. 

Menikmati performa mobil listrik yang canggih dan futuristik tak lagi jadi impian sebab Anda dapat mewujudkannya dalam waktu dekat. Dapatkan info lengkap seputar KKB BCA dan simulasi kreditnya dengan klik di sini.