Berniat Modifikasi Interior Mobil? Ketahui Dulu Tips dan Trennya!

Berniat Modifikasi Interior Mobil? Ketahui Dulu Tips dan Trennya!

Mobil pribadi kini bukan hanya penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Lebih dari itu, banyak hobi baru yang lahir dari kepemilikan pribadi, salah satunya adalah modifikasi. Proses modifikasi interior mobil memberikan kepuasan tersendiri bagi orang-orang yang menyukainya, apalagi jika hasilnya memuaskan. 

Jika Anda baru tertarik melakukan pembaruan pada mobil kesayangan, mari kenali dulu seluk-beluk interior serta tren modifikasi interior mobil yang sedang populer.  

Mengenal Interior Mobil dan Berbagai Bagiannya 

Interior mobil merupakan bagian dalam kendaraan bermotor roda empat yang berfungsi sebagai ruang kendali sekaligus penunjang kenyamanan selama berkendara. Elemen-elemen yang terdapat dalam interior mobil terdiri dari: 

  • Dashboard: panel di depan pengemudi yang berisi speedometer, tachometer, odometer, indikator bahan bakar, sistem hiburan, media info cuaca, serta beberapa elemen lainnya.  

  • Ventilasi dan pengaturan suhu: lubang ventilasi berfungsi mengalirkan udara dingin dari AC. Suhu aliran udara tersebut bisa ditentukan melalui knop pengaturan suhu yang tersedia. 

  • Kursi mobil: bagian interior mobil ini terletak di bagian depan, tengah, dan belakang serta dilengkapi fitur penyesuaian posisi agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman. 

  • Sistem audio: keberadaan sistem audio pada interior mobil berfungsi mendukung aktivitas mendengarkan musik, radio, atau video. 

  • Panel pintu: komponen interior mobil yang satu ini berisi tombol-tombol untuk mengontrol jendela, kunci pintu, spion, dan sistem audio. Selain itu, panel pintu juga kerap dilengkapi sandaran lengan dan laci penyimpanan. 

  • Panel atap: panel yang terletak di atas kepala penumpang ini terdiri dari beberapa elemen, seperti knop pengatur AC double blower (jika ada), lampu baca, dan sistem hiburan untuk bagian belakang kabin mobil. 

  • Penutup lantai: material penutup lantai mobil biasanya berbahan karet atau karpet untuk melindungi bodi mobil dari paparan kotoran atau cairan tumpah. 


Tips Modifikasi Interior Mobil agar Makin Keren Sekaligus Fungsional

Modifikasi interior mobil tentu tak sekadar menggunakan elemen tambahan yang harganya mahal. Prosesnya harus dilakukan dengan seksama supaya tidak mengganggu fungsi utama interior sekaligus membuatnya tampak lebih menarik. Beberapa hal penting yang mesti diperhatikan jika hendak modifikasi interior mobil, antara lain: 

  • Tentukan tema terlebih dahulu: hal pertama yang mesti Anda lakukan jika ingin modifikasi interior mobil adalah menentukan tema. Kalau sudah memiliki tema spesifik, maka Anda bisa mencari material modifikasi yang nuansanya senada secara mudah. Beberapa contoh tema yang umum digunakan dalam proses modifikasi kabin mobil, antara lain sporty, retro, racing, touring, dan campervan. 

  • Sesuaikan harga material baru dengan bujet: material modifikasi interior mobil dibanderol dengan harga sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Jadi, Anda wajib memilih yang paling sesuai dengan bujet. Jangan sampai hobi modifikasi mobil menguras isi kantong sehingga Anda lalai memenuhi kewajiban finansial. 

  • Prioritaskan material berkualitas: jangan mudah tergiur dengan material modifikasi yang harganya terlalu miring. Ingatlah bahwa harga yang Anda bayar tentu sesuai dengan kualitas yang Anda dapatkan. Tak masalah bila Anda mengumpulkan bujet dalam kurun waktu tertentu untuk mendapatkan material berkualitas yang Anda inginkan. 

  • Perbanyak referensi modifikasi: tren modifikasi interior mobil yang terus berubah sebenarnya mempermudah Anda untuk mencari referensi. Dahulu, referensi modifikasi bisa diperoleh dari majalah atau acara TV. Kini, Anda bisa mengumpulkan referensi dengan mudah melalui media sosial, seperti Youtube, Pinterest, dan Instagram. 

  • Usahakan memilih elemen modifikasi yang fungsional: alangkah lebih baik jika elemen modifikasi interior mobil bukan hanya bersifat dekoratif atau hiasan semata tanpa fungsi tertentu. Merogoh kocek untuk elemen modifikasi yang fungsional jelas akan menambah nilai pakai mobil kesayangan Anda. Contohnya, menambahkan perangkat audio kelas premium untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik ketika berkendara atau memasang kursi pijat agar penumpang makin nyaman saat menempuh perjalanan. 

  • Gabung dengan komunitas: salah satu cara efektif mengembangkan hobi modifikasi mobil adalah bergabung dengan komunitas. Aktif dalam komunitas membuat wawasanmu seputar modifikasi jadi bertambah. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan material modifikasi dengan harga lebih terjangkau dari sesama anggota komunitas. Kompetisi modifikasi yang diadakan komunitas akan membuat Anda makin kreatif dan senantiasa memahami tren terbaru yang sedang disukai. 


Tren Modifikasi Interior Mobil yang Sedang Populer 

Ulasan seputar tren modifikasi interior mobil yang tengah diminati banyak orang berikut ini tentu bisa menjadi referensi menarik bagi Anda: 

  • Audio OEM Look: konsep modifikasi audio mobil secara konvensional kerap mengorbankan ruang belakang mobil, tetap tidak demikian halnya dengan audio OEM look. Konsep ini justru hanya memanfaatkan ruang yang telah tersedia mobil. Biasanya modifikasi ala audio OEM look lebih tepat untuk mobil keluaran Eropa karena standar interiornya memungkinkan penempatan perangkat audio tambahan. 

  • Material interior ramah lingkungan: isu lingkungan yang semakin mengkhawatirkan dalam beberapa dekade terakhir nyatanya turut berpengaruh pada tren modifikasi interior mobil. Penggunaan bahan-bahan daur ulang atau material vegan (tidak bersumber dari binatang) makin difavoritkan untuk menyempurnakan nuansa interior mobil kesayangan. 

  • LED lighting kit: sistem pencahayaan tidak hanya krusial bagi eksterior mobil, tetapi juga bisa diaplikasikan secara unik pada interior mobil. Material LED lighting kit memungkinkan Anda menambahkan aksen cahaya pada bagian bawah jok, lantai mobil, dan dashboard. Selain mengutamakan sisi estetika, modifikasi interior yang satu ini juga mendukung aktivitas berkendara, misalnya saat ingin mengambil barang jatuh atau saat hendak turun dari mobil dalam kondisi lingkungan gelap. 

  • Layar monitor tambahan: penambahan layar monitor pada sandaran jok depan atau panel atap bertujuan menyempurnakan elemen hiburan pada mobil. Dengan demikian, seluruh penumpang bisa menyaksikan tayangan favorit secara leluasa sambil menempuh perjalanan. 

  

Jadi, apakah Anda sudah siap memiliki mobil idaman dan mengeksplor ide kreatif untuk modifikasi? 

Program Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA bisa membantu Anda untuk mendapatkan mobil idaman secara cepat dan praktis. Persyaratan KKB BCA sangat mudah dengan bunga kompetitif dan angsuran tetap sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. 

Yuk, coba simulasi KKB BCA terlebih dahulu di sini agar bisa memproyeksikan kebutuhan secara tepat!