Cara Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat

Cara Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat

Halo Sobat Keren, kaca film mobil menjadi salah satu aksesoris mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kaca film mobil ini sangat bermanfaat untuk mengurangi cahaya UV yang masuk ke dalam mobil sehingga ketika mengemudi akan lebih nyaman dan tidak terganggu oleh silau dan panasnya cahaya matahari tersebut. 

Namun, dalam pemakaiannya penting sekali untuk memilih kaca film mobil yang tepat dan cocok untuk di iklim tropis seperti di Indonesia. Kaca film mobil ada berbagai macam tingkat kegelapannya dan ini penting untuk diperhatikan oleh para pemilik mobil. Jangan sampai memilih yang terlalu gelap maka akan mengganggu pengemudi saat mengendarai mobil. 


#bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

Dikutip dari garasi.id (06/01/2023), berikut ini besaran pemasangan kaca film mobil yang disarankan:

  1. Kaca depan

Kaca film mobil yang digunakan pada bagian kaca depan dianjurkan hanya 20 persen. Namun, jika masih terlalu terang kegelapan yang aman untuk pengemudi maksimal hingga 40 persen. Hal ini dikarenakan untuk keselamatan pengemudi. 

  1. Kaca samping kanan-kiri pengemudi

Bila menggunakan kaca film 20 persen di depan, jangan memasang kaca film terlalu gelap di kaca samping kiri kanan pengemudi. Alasannya, tentu disaat mata kita melihat kaca depan yang terang kemudian kita melihat kaca spion dari jendela samping yang gelap, mata kita butuh waktu lama untuk menangkap bayangan di spion.

Jadi bila kaca depan 20 persen, maka untuk kaca samping kiri dan kanan pengemudi cukup gunakan 40 persen.  Apabila kaca depan menggunakan 40 persen, maka gunakan kaca film 40 persen atau  60 persen di jendela samping ini. Tetapi, 60 persen dirasa lebih baik. Karena dirasa lebih teduh di mata pada siang hari, dan di malam harinya kita terbantu dengan berkurangnya silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita dari spion. Selain itu, lampu mobil di belakang hanya akan tampak bulat dan tidak menyebar, sehingga bisa fokus melihat ke depan.

  1. Kaca belakang 

Untuk kaca belakang, bila bagian spion tengah kabin dilengkapi dengan rayben mode, maka kaca belakang bisa menggunakan 20 persen atau 40 persen, jangan lebih. Namun bila belum ada mode rayben, disarankan pakai 60 persen, untuk menghindari silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita lewat spion tengah. Dan jangan menggunakan 80 persen, itu akan menyulitkan jika berjalan mundur khususnya di malam hari.

Bagaimana sobat keren, sudah paham ya memilih kaca film mobil yang tepat. Karena keselamatan adalah nomor satu. 

Sumber: garasi.id