Catat! Ini Rute Road Trip Paling Asyik di Pulau Jawa

Catat! Ini Rute Road Trip Paling Asyik di Pulau Jawa

Rutinitas harian yang monoton tentu rentan menimbulkan kebosanan dan menghambat kreativitas. Itulah sebabnya menekuni hobi sangat penting untuk membangkitkan ide dan semangat. Salah satu hobi paling menarik yang sarat manfaat dan menyenangkan adalah road trip. Perjalanan menempuh rute road trip terbaik bukan sekadar memicu adrenalin tetapi juga membuat Anda berkesempatan memperoleh banyak pengalaman baru. 

Road trip adalah aktivitas bepergian menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur darat dengan jarak tempuh sangat jauh dan waktu relatif lama. Kegiatan menyenangkan ini sebaiknya dilakukan dengan mobil agar keamanan dan kenyamanan perjalanan lebih terjaga. Keinginan merealisasikan road trip tentu tidak boleh dilakukan sembarangan karena Anda harus melakukan banyak persiapan dan memahami rute terbaik yang akan ditempuh. Simak tipsnya pada artikel ini! 

Persiapan Penting agar Road Trip Aman dan Nyaman 

Perjalanan road trip yang aman dan nyaman bisa diwujudkan jika disertai sederet persiapan penting sebagai berikut: 

  • Pastikan mobil dalam kondisi baik: hal pertama yang wajib dilakukan ketika hendak road trip adalah memeriksa kondisi mobil. Pastikan bahwa sistem listrik, rem, kopling, oli, dan komponen krusial lainnya dalam keadaan baik. Bergegaslah mengganti komponen yang mulai rusak supaya kendaraan benar-benar siap menempuh perjalanan jauh. 

  • Fisik pengemudi juga harus prima: bukan hanya keadaan mobil yang harus prima, melainkan juga kondisi pengemudi. Anda harus beristirahat yang cukup dengan tidur minimal 7 jam sesaat sebelum mengendarai mobil. Di samping itu, jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur agar tidak mudah sakit selama road trip berlangsung. 

  • Dana darurat untuk kebutuhan tidak terduga: hal-hal di luar prediksi yang rentan terjadi selama road trip tentu membutuhkan biaya ekstra. Contohnya, waktu tempuh perjalanan lebih lambat dari perkiraan sehingga harus bermalam lebih lama atau mobil rusak sehingga harus diservis di bengkel.  

  • Siapkan barang-barang penting di mobil: banyak sekali barang penting yang wajib ada di mobil saat road trip, antara lain ban cadangan dan dongkrak, perkakas, charger gadget portabel, kotak P3K, senter, payung, pemadam api ringan, serta persediaan makanan dan minuman. Keberadaan barang tersebut akan bermanfaat ketika Anda mengalami kondisi darurat selama road trip, misalnya ban pecah atau mobil mogok. 

  • Pergi bersama partner yang dapat diandalkan: risiko tak terduga memang bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika melakukan road trip. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak bepergian sendirian, melainkan bersama partner yang dapat diandalkan. Partner road trip yang sama-sama bisa mengemudi dan memahami seluk-beluk otomotif tentu bisa diandalkan selama road trip berlangsung. 

  • Tentukan rute road trip terbaik: rute road trip pasti menjadi persoalan besar bagi Anda yang belum pernah melakukan perjalanan jarak jauh tersebut. Jadi, Anda harus bersikap proaktif untuk bertanya seputar rekomendasi rute terbaik, khususnya yang aman bagi pemula. Catatlah informasi mengenai rute road trip secara rinci untuk mengurangi risiko tersesat selama melakukan perjalanan.  

  • Luangkan durasi road trip yang tepat: road trip sudah sepatutnya tidak dilakukan secara terburu-buru supaya keselamatan perjalanan terjaga dan Anda pun bisa menikmatinya dengan maksimal. Usahakan menambah estimasi durasi road trip selama 1 hingga 2 hari untuk mengantisipasi hal-hal mendadak selama menempuh perjalanan.  


Rekomendasi Rute Road Trip Terbaik di Pulau Jawa

Jika selama ini Anda penasaran ingin melakukan road trip yang seru, menjelajahi Pulau Jawa hingga ke ujung bisa menjadi pilihan pertama yang istimewa. Ada dua alternatif rute road trip terbaik dengan beragam spot seru di sepanjang Pulau Jawa, yaitu: 

Jalur Utara: perjalanan via jalur utara Pulau Jawa akan melewati tiga kota besar, yaitu Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Ketika melewati rute yang dikenal dengan istilah pantai utara (pantura) ini, ada bermacam-macam spot wisata menarik yang akan dilewati, antara lain Telaga Herang (Majalengka), Pantai Widuri (Pemalang), Museum Batik (Pekalongan), Masjid Agung Jawa Tengah dan Lawang Sewu (Semarang), Masjid Menara (Kudus), Pantai Sowan (Tuban), serta Jembatan Nasional Suramadu dan Pantai Ria Kenjeran (Surabaya). 

Jalur Selatan: perjalanan via jalur selatan Pulau Jawa akan melewati tiga kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Jogja, dan malang. Rute road trip pantai selatan (pansela) ini tentu tidak kalah menakjubkan dibandingkan jalur pantura. Banyak sekali spot wisata yang bisa disinggahi ketika menempuh jalur selatan, antara lain Gedung Sate (Bandung), Taman Wisata Karang Resik (Tasikmalaya), Pantai Pangandaran, Kebun Raya Baturraden (Banyumas), Pantai Menganti (Kebumen), Malioboro, Taman Sari, Candi Borobudur, dan Candi Prambanan (Jogja), Pantai Klayar dan Gua Gong (Pacitan), Pantai Kedung Tumpang (Tulungagung), Kampung Warna Warni Jodipan (Malang), Jatim Park (Batu), Taman Nasional Alas Purwo (Banyuwangi). 

Jadi, apakah sekarang Anda sudah menentukan rute road trip terbaik untuk bertualang ke penjuru Pulau Jawa? 

Rute apa pun yang Anda pilih, pastikan kalau keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas perjalanan tersebut. Road trip pasti makin asyik bila Anda mengendarai mobil pribadi karena perjalanan semakin leluasa sesuai rencana awal.  

Kini, mobil pribadi bisa segera Anda miliki secara mudah dengan dukungan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dari BCA. Tak hanya menyediakan proses kredit praktis dengan suku bunga kompetitif, KKB BCA juga bekerja sama dengan banyak partner dealer di berbagai kota. Simulasi kreditnya pun bisa dilakukan secara mudah klik disini. Punya mobil andalan bukan lagi sekadar impian karena KKB BCA siap membantu memenuhi kebutuhan Anda!