Cek Kondisi Mobil Sebelum Mudik

Cek Kondisi Mobil Sebelum Mudik

Halo Sobat Keren, Lebaran sebentar lagi nih. Musim mudik akan segera tiba di penghujung bulan April 2023. Mudik menggunakan apa nih, Sobat? Jika menggunakan mobil pribadi jangan lupa cek kondisi mobil sebelum mudik.

Mudik tahun ini diprediksi akan lebih besar dari tahun lalu. Sehingga, pemerintah melakukan revisi libur Lebaran yang semula dari tanggal 21-26 April 2023 menjadi 19-25 April 2023. Alasan perubahan ini dikarenakan adanya keinginan yang tinggi di masyarakat untuk melakukan mudik tahun ini. Oleh karena itu, untuk memecah kemacetan dan keramaian saat mudik pemerintah merubah libur Lebaran. 

Berdasarkan data yang dipublish oleh perupadata (26/03/2023), mudik yang menggunakan mobil pribadi tahun ini diprediksi mencapai 27,3 juta orang. Selain itu, ada sekitar 9,5 juta orang yang akan mudik menggunakan mobil sewa. Oleh sebab itu, pemerintah memajukan libur Lebaran karena dikhawatirkan akan terjadi kemacetan panjang jika libur dimulai tanggal 21 April 2023 atau H-1 sebelum Lebaran.

Sobat, sebelum melakukan mudik alangkah baiknya sejak jauh-jauh hari sudah mempersiapkan baik diri kita maupun mobil yang akan digunakan mudik nanti. Dikutip dari garasi.id (31/03/2023), berikut ini komponen mobil yang perlu dilakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik:

  1. Air radiator

Sebelum mudik pastikan kondisi air radiator dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batal level. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Jika selang dalam kondisi menggelembung atau retak sebaiknya segera diganti untuk menghindari selang pecah saat perjalanan. Selain itu, pastikan sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor. 

  1. Kondisi filter dan selang bensin

Pastikan selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu, pastikan juga filter tidak tersumbat. 

  1. Oli mesin

Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara melakukan pengecekan volume oli dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus di antara tanda L dan F, serta seharusnya di bawah garis level F. jika kurang atau sudah kotor alangkah baiknya segera dilakukan penggantian oli. 

  1. Putaran kipas pendingin atau AC

Kipas pendingin seringkali terlupakan untuk dilakukan pengecekan. Lakukan pengecekan kipas pendingin dengan cara memperhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman. Tapi, kalau lebih dari setengah sebaiknya berhenti dan tunggu sampai mobil dingin kemudian periksa kondisi pendingin dan kipas.

  1. Timing belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada speedometer. Jika timing belt sudah sejauh 50.000 km, sebaiknya segera diganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan.


#bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

  1. Rem

Rem merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting karena merupakan fitur keselamatan utama pada mobil. Karena jika rem bermasalah maka akan berakibat fatal. Oleh karena itu, selalu periksa level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal maka perlu dicurigai kemungkinan ada kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang dan master rem. 

  1. Baterai

Baterai mobil atau biasa dikenal dengan sebutan aki mobil merupakan sumber tenaga utama untuk menyalakan kelistrikan pada mobil. Pengecekan mobil di bagian ini bisa dengan memeriksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak menempel. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan hambatan dan mencegah korsleting pada pada sistem kelistrikan mobil. Perika juga level air aki. Jika kurang, tambahkan dengan air aki murni. Tapi ingat, hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.

  1. Saringan udara

Saringan udara atau filter ini berfungsi untuk memberikan udara yang bersih untuk disemprotkan di ruang pembakaran. Oleh karena itu sebaiknya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh terutama mudik. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

  1. Ban

Ban mobil komponen yang sangat berat serta memiliki penting dan krusial. Jika tidak melakukan pengecekan bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, selalu jaga kondisi mobil dengan mengecek tekanan, melihat kondisi ban apakah masih layak jalan atau tidak dan melakukan spooring dan balancing. 

  1. Lampu

Lampu komponen yang penting terutama jika hendak mudik pada malam hari. Lakukan pemeriksaan pada lampu utama mobil, lampu mundur, lampu rem dan paling penting juga lampu berbelok. Jika lampu mati sebaiknya segera diganti. 

  1. Wipper

Pastikan wiper dalam keadaan baik. Terutama saat ini masih dalam musim penghujan. Karena jika tidak berfungsi dengan baik akan menyulitkan pengendara saat hujan turun. 

  1. AC mobil

Pastikan kondisi pendingin mobil atau AC berfungsi dengan baik. 

  1. Kelengkapan dongkrak mobil

Ketika bepergian terutama mudik dengan jarak jauh dongkrak wajib dibawa dalam bagasi mobil. Dongkrak berguna untuk kondisi darurat karena kita tidak ada yang tahu kondisi saat dalam perjalanan nanti tiba-tiba ban bocor atau meletus bisa segera diganti dengan ban cadangan. Oleh karena itu, berjaga-jaga lebih baik daripada tidak mempersiapkan sama sekali.

Selamat mudik sobat keren, patuhi peraturan lalu lintas karena ada keluarga tercinta yang menunggu di kampung halaman. 

Sumber: garasi.id