Ciri-Ciri Timing Belt Harus Segera Diganti

Ciri-Ciri Timing Belt Harus Segera Diganti

Halo sobat keren, sudah tahu belum jika mesin pada mobil itu memiliki pengaturan waktu yang bekerja untuk memanajemen kinerja mesin mobil. Komponen tersebut ialah timing belt yang memiliki bentuk karet dan bergerigi. Timing belt ini merupakan salah satu komponen yang penting pada mesin mobil, karena memiliki fungsi untuk menghubungkan antara camshaft (poros nok) dengan crankshaft (poros engkol). 

Seiring berjalannya waktu dan penggunaan mobil maka timing belt ini penting untuk selalu rutin dilakukan pengecekan dan perawatan karena jika tidak timing belt bisa terputus. Dikutip dari garasi.id (19/01/2023), timing belt harus diperiksa ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 40.000 km hingga 60.000 km. Biasanya pemeriksaan ini meliputi apakah ada kerusakan, kondisi gerigi, ketegangan dan apakah terdapat oli pelumas pada timing belt. Berikut ini ciri-ciri timing belt harus segera diganti:

Butuh Dana Cepat? KKB Refinancing Solusinya. Cukup Jaminkan BPKB Mobilmu [Klik disini]

  1. Timing Belt Getas

Karet bila selalu berada pada suhu yang tinggi maka lama kelamaan akan hilang tingkat elastisitasnya. Begitu juga dengan timing belt mobil. Suhu pada mesin mobil yang tinggi saat sedang bekerja membuat timing belt rentan getas atau keras. Jika kelenturan timing belt sudah hilang maka beresiko putus. 

  1. Timing Belt Mobil Kendur

Salah satu sifat karet jika pemakaian dalam jangka waktu lama maka akan kendur. Timing belt mobil yang sudah kendur akan sangat berisiko pada mesin, karena sewaktu-waktu timing belt dapat lepas. Kalaupun copot, ritme yang dihasilkan dikhawatirkan tidak akan tepat karena timing belt sudah tidak mencengkram dengan maksimal.

  1. Timing Belt Tipis

Sama seperti komponen lain yang berbahan dasar karet misalnya ban mobil. Seiring dengan penggunaannya maka timing belt mobil lama kelamaan juga akan menipis. Timing belt yang tipis akan sangat mudah sekali untuk putus.

  1. Permukaan Timing Belt Retak

Timing belt juga rawan mengalami keretakan. Bila sudah terlihat retakan pada bagian timing belt mobil (bukan pada bagian gerigi), harus segera diganti karena sewaktu-waktu dapat putus mendadak.

  1. Gerigi Timing Belt Aus

Jika timing belt mobil aus, maka harus segera diganti karena dapat menyebabkan pegangan pada camshaft sudah tidak maksimal. Apalagi bila ada gerigi sudah hilang maka ini harus cepat-cepat diganti karena berbahaya bagi mesin.

Sobat keren, Inilah pentingnya rutin melakukan pengecekan pada setiap komponen mobil salah satunya adalah timing belt. Ketika dilakukan pengecekan maka kita akan mengetahui kondisi dari setiap komponen mobil tersebut. Karena jika tidak dilakukan pengecekan dan timing belt tiba-tiba terputus saat sedang melaju akan membahayakan pengemudi dan orang lain karena mesin mobil bisa tiba-tiba mati. 

Sumber: garasi.id