Fungsi Sabuk Pengaman Mobil yang Wajib Diketahui

Fungsi Sabuk Pengaman Mobil yang Wajib Diketahui

Halo Sobat Keren, tentunya tidak asing dengan sabuk pengaman yang selalu kita gunakan saat berkendara. Sabuk pengaman mobil merupakan fitur keselamatan terpenting yang harus kita gunakan saat berkendara. Walau terlihat simpel, pengunaan sabuk pengaman sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh walau hanya bekendara dengan jarak dekat. 

Sabuk pengaman dirancang untuk membantu melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera yang serius ketika mengalami kecelakaan lalu lintas. Lalu, apa saja fungsi sabuk pengaman mobil dan mengapa penting untuk kita pahami dan menggunakannya dengan benar. 

Dikutip dari garasi.id (03/05/2023), berikut ini fungsi sabuk pengaman mobil yang wajib kita pahami dan ketahui:

  1. Melindungi dari benturan

Penggunaan sabuk pengaman bisa melindungi diri dari kemungkinan benturan yang terjadi, terutama bagian kepala. Ketika terjadi benturan maka badan kita akan terpental ke bagian depan khususnya kepala bisa berbenturan dengan bagian kaca depan. Penggunaan sabuk pengaman ini dapat membantu mengurangi risiko cedera serius akibat kecelakaan lalu lintas. Dalam kasus kecelakaan, sabuk pengaman dapat membantu mengurangi kekuatan benturan yang diterima tubuh pengemudi dan penumpang. 

  1. Bersifat preventif

Fungsi sabuk pengaman yang kedua adalah salah satu tindakan pencegahan dan perlindungan agar terhindar dari dampak bahaya kecelakaan. Selain cedera serius pada bagian tubuh seperti patah tulang, cedera pada kepada dan bagian tubuh lainnya. Kecelakaan dapat merenggut nyawa pengemudi maupun penumpang. Tentunya hal tersebut kita tidak inginkan terjadi kan. Oleh karena itu, penting sekali itu selalu menggunakan sabuk pengaman.

Temukan mobil impianmu bersama KKB BCA. #bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

  1. Penopang badan

Saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, fungsi sabuk pengaman adalah mencegah badan terlempar dari jok. Dengan penggunaan sabuk pengaman, maka secara otomatis saat ketika terjadi benturan badan akan tetap diam di jok mobil dan tentunya hal ini dapat mengurangi risiko luka parah atau terlempar keluar mobil.

  1. Meminimalisir kecelakaan

Secara umum, penggunaan sabuk pengaman saat berkendara tentu bisa memperkecil risiko terjadinya kecelakaan parah di jalan raya. Karena keamanan merupakan hal utama saat berkendara, maka diperlukan kesadaran diri agar tetap mematuhi peraturan saat berkendara.

  1. Pemberi kenyamanan

Sabuk pengaman memberikan rasa aman dan nyaman. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan sabuk pengaman akan terhindar dari cedera serius yang bisa saja terjadi. Penggunaan sabuk pengaman ini bisa menjaga pengemudi dan penumpang tetap berada dalam posisi yang aman saat bergerak dengan kecepatan tinggi atau saat terjadi kecelakaan. 

  1. Sebagai bentuk kepatuhan lalu lintas

Selain karena untuk perlindungan tentunya penggunaan sabuk pengaman ini sebagai bentuk kepatuhan lalu lintas. Saat kita berkendara tentunya kita harus dan wajib mematuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku salah satunya adalah menggunakan sabuk pengaman mobil. Jika kita tidak patuh maka ada sanksi tilang yang akan diberikan oleh pihak berwajib.

Sobat keren, setelah mengetahui dan memahami fungsi penggunaan sabuk pengaman ini. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman saat berkendara selain untuk menjaga diri dan penumpang di dalam mobil. Penggunaan sabuk pengaman mobil ini sebagai bentuk kepatuhan kita terhadap peraturan lalu lintas. 

Sumber: garasi.id