HATI-HATI, Hal ini Dapat Membuat Cat Mobil Terkelupas!

HATI-HATI, Hal ini Dapat Membuat Cat Mobil Terkelupas!

Halo Sobat Keren, cat mobil memegang peranan penting dalam melindungi dan menjaga tampilan estetika kendaraan. Selain memberikan lapisan pelindung dari elemen-elemen alam, seperti sinar matahari, hujan, debu, dan korosi, cat juga memberikan keindahan visual yang membangkitkan rasa bangga bagi pemiliknya. Selain itu, cat yang terawat dengan baik juga dapat meningkatkan nilai jual mobil dan memperpanjang umur pakai kendaraan. 

Sehingga, perawatan untuk cat mobil menjadi hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang wajib untuk dihindari adalah memarkir mobil di tempat terbuka tanpa perlindungan. Paparan panas terus menerus serta suhu tinggi dapat memicu kerusakan pada panel bodi dan mengakibatkan cat mobil terkelupas. 

Menurut Noval Al-Hudah, seorang Teknisi dari Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, cat yang terkelupas biasanya menjadi indikasi kurangnya perhatian dari pengguna terhadap perawatan mobil mereka.

Noval menjelaskan bahwa cat yang terkelupas dapat terjadi pada semua jenis mobil yang tidak mendapatkan perawatan yang memadai, bahkan jika mobil tersebut merupakan model terbaru.

“Kalau ada yang bilang cat ngelotok (terkelupas) karena mobil sudah tua, itu enggak benar. Kalau mobil selalu diparkir di tempat teduh dan jarang kepanasan, catnya pasti tetap bagus walaupun sudah bertahun-tahun,” Dikutip dari Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Selain panas yang berlebihan, perubahan suhu yang tiba-tiba seperti saat hujan juga dapat mempercepat kerusakan cat. Jika hal ini terjadi, satu-satunya tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengecatan ulang.

Noval menambahkan, tidak hanya cat yang bisa rusak jika mobil sering dijemur. Komponen-komponen karet pada pintu mobil dan wiper blade juga bisa getas lebih cepat.

“Namanya karet, pasti nggak kuat jika sering kepanasan. Padahal kalau dirawat, umur karet mobil bisa panjang sekali,” kata dia.

Sehingga, untuk dapat menghindari masalah tersebut, sangat disarankan untuk selalu memarkir mobil di dalam tempat yang teduh, misalkan pada garasi. Jika tidak memungkinkan, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sarung penutup agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Sobat keren, lagi cari mobil baru? KKB BCA hadir dengan berbagai penawaran spesial yang dapat kamu temukan di KKB BCA Virtual Mall. Tunggu apalagi ajukan sekarang juga [Klik disini]

Sumber: kompas.com