Istilah-Istilah dalam Dunia Perkreditan Mobil

Istilah-Istilah dalam Dunia Perkreditan Mobil

Halo sobat keren, memiliki mobil menjadi impian bagi sebagian orang. Untuk mewujudkan mobil impian terdapat berbagai skema seperti membeli secara tunai atau secara kredit melalui perusahaan pembiayaan. Jika memutuskan untuk membeli mobil secara kredit terdapat beberapa istilah yang harus dipahami dalam dunia perkreditan mobil.

Memahami istilah-istilah akan membantu kita untuk memahami proses kredit mobil dengan baik. Jangan sampai bingung mengenai istilah-istilah kredit mobil. Dikutip dari detik.com (24/05/2023), berikut ini istilah-istilah dalam kredit mobil yang perlu diketahui:

  1. Harga On The Road (OTR)

Harga OTR adalah harga beli mobil setelah ditambahkan dengan seluruh pajak dan berbagai dokumen lainnya, seperti STNK dan BPKB. dengan OTR, kendaraan sudah dinyatakan layak jalan karena sudah dilengkapi surat-surat

  1. Harga Off The Road

Off The Road adalah harga beli sebuah mobil yang tidak termasuk dengan dokumennya. Saat kita membeli sebuah mobil dengan Off The Road, maka kita hanya perlu membayar harga mobil saja dan masih harus membayar untuk surat-suratnya.

  1. Down Payment (DP)

DP atau yang dikenal uang muka merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan apabila kamu memutuskan untuk mengambil kredit mobil dengan besaran beragam ada yang mulai dari DP 0%, DP 20% - 30% dari harga kendaraan/OTR

  1. Total Down Payment (TDP)

Pada saat mengambil mobil secara kredit, uang yang harus dibayar di awal bukan hanya DP/uang muka, melainkan TDP atau yang lebih dikenal dengan total pembayaran pertama atau total uang muka. TDP dihitung berdasarkan penjumlahan dari beberapa biaya, diantaranya adalah DP/uang muka, biaya administrasi, asuransi dan angsuran kredit pertama.

  1. Tenor

Tenor adalah jangka waktu masa pinjaman yang umumnya ditentukan dalam bulan atau tahun. Jangka waktu kredit yang disediakan oleh perusahaan pembiayaan berbeda-beda, biasanya berkisar 1 hingga 8 tahun

  1. ADDM

ADDM adalah singkatan dari Angsuran Dibayar di Muka, artinya angsuran pertama dibayarkan bersama DP. ADDm membuat TDP lebih tinggi. Namun, ini juga membuat tenor pinjaman akan berkurang satu kali.

  1. ADDB

ADDB adalah singkatan dari Angsuran Dibayar di Belakang. Dalam skema pembayaran ini, TDPnya akan sedikit lebih ringan dengan tenor pinjaman tetap dan angsuran pertama akan dibayarkan pada bulan berikutnya.

Sobat keren, setelah mengetahui istilah-istilah dalam dunia perkreditan ini dapat membantu kita saat hendak membeli mobil secara kredit. Sebelum melakukan kredit kita juga bisa melakukan simulasi kredit. Karena kita sudah mengetahui istilah-istilah dalam kredit mobil, maka akan memudahkan saat melakukan simulasi kredit. [Klik disini]

Sumber: detik.com