Jangan Abai, Perhatikan Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai!

Jangan Abai, Perhatikan Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai!

Mobil yang jarang dipakai memerlukan perawatan khusus agar tetap dalam kondisi prima meskipun tidak digunakan dalam waktu yang lama. Pemeliharaan yang tepat akan memastikan komponen mobil tidak mengalami kerusakan dan siap untuk digunakan kapan pun Anda membutuhkannya. Pertanyaannya, bagaimana cara merawat mobil yang jarang dipakai

Dampak Mobil yang Jarang Dipakai 

Mobil, apapun merek atau tipenya, dirancang untuk digunakan secara rutin. Namun, ada saat-saat di mana pemilik memilih untuk jarang menggunakan mobil mereka, baik karena memiliki lebih dari satu mobil, sering bepergian, atau mungkin karena situasi lain seperti pandemi yang membatasi pergerakan. 

Mobil yang jarang digunakan dapat mengalami sejumlah masalah yang mungkin tidak diantisipasi oleh banyak pemilik. Berikut adalah beberapa dampak dari mobil yang jarang dipakai: 

Aki Soak 

Jika Sobat Keren jarang menggunakan mobil, hal pertama yang mungkin terjadi adalah aki mobil menjadi lemah. Aki bekerja kurang optimal saat mobil tidak digunakan dalam waktu lama, mengakibatkan penurunan voltasenya. 

Ketika hal ini terjadi, Anda mungkin akan kesulitan saat mencoba menyalakan mobil. Usia dan kualitas aki juga mempengaruhi kemampuannya untuk menyimpan daya listrik. Aki yang sudah tua cenderung lebih cepat kehilangan kapasitasnya. 

Ban Kempes 

Bila mobil Anda seringkali terparkir lama, bisa jadi ban akan kehilangan tekanan anginnya. Hal ini dikarenakan mobil tak bergerak dan bagian bawah ban terus bersentuhan dengan tanah dalam posisi yang sama. 

Rem Berkarat 

Rem yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa berkarat. Untuk mencegah rem mobil jadi berkarat, ada baiknya jika mobil diparkir tanpa mengaktifkan rem tangan. 

Timbul Karat pada Pinggiran Cakram 

Pada saat mobil tak kunjung dipakai dan terpapar oleh air hujan, maka potensi timbulnya karat di pinggiran cakram akan semakin besar. 

Jika dibiarkan terlalu lama, kualitas pengereman akan menurun dan akan ada suara berisik saat mobil dijalankan. Agar hal ini tak terjadi, sebaiknya panaskan mobil sesekali dan bawalah berkendara setidaknya seminggu sekali. 

Biasanya, karat di piringan cakram akan menghilang dengan adanya gesekan kampas rem setelah mobil berjalan beberapa meter, yakni sekitar 3-5 meter. 

Muncul Jamur 

Apabila mobil dibiarkan terlalu lama dalam keadaan tertutup, ada potensi tumbuh jamur di permukaannya, terutama pada lapisan cat. Kelembaban di ruang dalam mobil juga bisa menjadi sarang jamur. 

Jadi, sebaiknya bersihkan interior mobil secara rutin untuk menghindari kemunculan jamur ini. 

Mengapa Mobil Perlu Dirawat Meskipun Jarang Dipakai? 

Mobil yang jarang digunakan tetap memerlukan perawatan rutin. Kenapa? Karena ada banyak manfaat yang didapat dari merawat mobil walaupun jarang dipakai. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat ketika kita rutin merawat mobil yang jarang dipakai? 

Mempertahankan Kualitas Mesin 

Mesin yang jarang dihidupkan dapat mengalami pemadatan oli atau pelumasan jadi tidak merata. Perawatan rutin memastikan bahwa mesin tetap terlubrikasi dengan baik dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh stagnasi. 

Mencegah Kerusakan Ban 

Ban yang tidak bergerak dalam jangka waktu yang lama dapat mengalami deformasi dan kerusakan. Dengan memindahkan mobil secara berkala, Sobat Keren sudah mencegah tekanan yang konstan pada bagian tertentu dari ban dan mengurangi risiko kerusakan. 

Mencegah Kerak dan Korosi Aki 

Merawat aki dengan cara membersihkan terminal dan memastikan baterainya tetap terisi penuh dapat mencegah kerak dan korosi. Hal ini bisa memperpanjang umur aki dan menghindari penggantian yang tidak perlu. 

Menghindari Penggumpalan Bahan Bakar 

Bahan bakar yang dibiarkan terlalu lama dalam tangki dapat mengalami penggumpalan atau oksidasi. Menghidupkan mobil sesekali dan menjalankannya sebentar dapat membantu mengalirkan bahan bakar dan mencegah masalah ini. 

Menghemat Biaya Perbaikan 

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Dengan merawat mobil walaupun jarang dipakai, Anda telah mengurangi risiko kerusakan besar pada mobil, yang mungkin memerlukan biaya mahal untuk perbaikannya. 

Mempertahankan Nilai Jual Mobil 

Mobil yang terawat dengan baik tentu memiliki nilai jual yang lebih baik di masa depan. Meskipun jarang dipakai, mobil yang dalam kondisi prima akan lebih diminati oleh calon pembeli. 

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai 

Siapa bilang cara merawat mobil yang disimpan lama itu merepotkan? Justru karena jarang dipakai, Sobat Keren hanya perlu melakukan perawatan sesekali saja. Berikut adalah cara merawat mobil yang jarang dipakai dengan langkah-langkah sederhana: 

Rutin Membersihkan Mobil 

Mobil yang jarang beroperasi perlu perawatan khusus, terutama dalam hal kebersihan. Hal ini penting untuk mencegah hama seperti tikus dan serangga yang tertarik pada mobil yang kotor. Selain itu, debu yang menempel bisa memicu karat yang merusak mesin. Oleh karena itu, sering-seringlah mencuci mobil meskipun jarang dipakai. 

Panaskan Mobil Secara Teratur 

Menyalakan mesin mobil secara berkala akan memastikan cairan dalam mesin tetap berfungsi dengan baik. Kebiasaan ini juga mencegah aki mengalami kerusakan karena alternator hanya dapat bekerja dengan maksimal saat mobil menyala. 

Simpan Mobil di Tempat Khusus 

Tahukah Anda bahwa cara merawat mobil yang disimpan lama tak hanya terbatas pada perawatan mesin saja? Sobat Keren juga perlu memperhatikan tempat menyimpan atau memarkir mobil. 

Usahakan untuk menempatkan mobil di tempat yang teduh dan kering. Jika tidak memungkinkan, pastikan Anda menggunakan selimut mobil yang anti air dan debu untuk melindungi mobil dari kotoran maupun paparan sinar matahari. 

Dengan cara ini, mobil akan terhindar dari kotoran, serangan hama, serta paparan cuaca. Bila perlu, simpanlah mobil yang jarang dipakai ini di tempat yang aman untuk menghindari risiko pencurian. 

Tetap Isi Bensin 

Ketahuilah bahwa tangki bensin yang dibiarkan kosong bisa menyebabkan kondensasi, yang berisiko merusak tangki dan sistem bahan bakar. Oleh karena itu, pastikan selalu mengisi tangki bensin, terutama jika mobil akan ditinggal dalam waktu yang panjang. 

Ketika memanaskan mesin mobil, Sobat Keren bisa sekaligus mengecek meter yang menunjukkan kapasitas bensin. Jika tangki bensin hampir kosong, segeralah untuk mengisi mobil dengan bensin hingga penuh. 

Cek Kondisi Aki 

Aki menjadi jantung dari semua sistem elektronik mobil. Ketika tidak terawat, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem elektrik. Oleh karena itu, selalu periksa dan jaga kebersihan terminal aki, serta pertimbangkan penggantian jika aki menunjukkan tanda-tanda mulai melemah. 

Bersihkan Bagian Eksterior dan Interior Mobil 

Tidak hanya bodi luarnya saja, bagian interior mobil juga perlu perhatian khusus. Debu dan kotoran di dalam mobil dapat mengancam kualitas jok dan panel. Untuk mencegah masalah ini, gunakan produk pembersih khusus untuk jok dan dashboard. Sementara untuk bagian luar, jangan abaikan kebersihan lampu dan kaca mobil agar tetap cerah dan jernih. 

Lakukan Servis Secara Rutin 

Sebagian besar orang merasa bahwa tak perlu terlalu sering melakukan servis rutin pada mobil yang jarang dipakai. Nah, kebiasaan ini salah dan bisa meningkatkan risiko kerusakan mobil. 

Memberikan servis berkala untuk mobil yang tidak sering digunakan adalah kunci untuk mempertahankan performanya. Saat servis, sebaiknya mintalah mekanik untuk memeriksa tekanan ban dan inspeksi bagian bawah mobil untuk mendeteksi potensi kerusakan akibat minimnya penggunaan. 

Manfaatkan Carbon Eliminator untuk Merawat Tangki Bahan Bakar 

Menggunakan carbon eliminator dalam tangki bahan bakar adalah langkah bijak untuk mengurangi akumulasi karbon. Akumulasi karbon yang terbakar di dalam tangki bisa berdampak pada komponen mesin lain sehingga menurunkan performa kendaraan. 

Sebagai opsi tambahan, Anda bisa mengisi tangki mobil yang jarang beroperasi dengan Pertamax Turbo. Bahan bakar ini rendah karbon sehingga dapat menjaga kualitas tangki mobil. Tidak hanya itu, Pertamax Turbo lebih ramah lingkungan dan rendah emisi. 

Cabut Aki 

Jika Anda berencana pergi jauh atau ke luar negeri dalam jangka waktu yang panjang dan tak ada kesempatan untuk memanaskan mesin mobil, lepaskan saja aki-nya. Cara ini bukan hanya mencegah aki menjadi kosong, tetapi juga mencegah potensi korosi di aki. 

Dengan memberikan perawatan yang tepat pada mobil yang jarang sekali dipakai, Anda sudah memastikan bahwa mobil tetap dalam kondisi terbaik dan siap untuk digunakan kapanpun dibutuhkan. Masih malas untuk merawat mobil yang lama tak dipakai? Yuk, hindari kebiasaan ini dan mulailah merawat mobil secara rutin. 

Cara merawat mobil yang jarang dipakai ini bisa menjadi langkah sederhana untuk menghindari kerusakan pada mobil. Namun, jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas tapi mobil tersebut sering mogok atau sulit untuk di-starter, saatnya untuk mempertimbangkan sebuah mobil baru. 

Jika Anda mempertimbangkan untuk menjual mobil lama dan menggantinya dengan yang baru, pendanaan KKB BCA dapat menjadi pilihan yang tepat. Rencanakan pembelian mobil bersama KKB BCA yang menawarkan berbagai kemudahan. 

Dengan bunga yang kompetitif dan proses yang mudah serta cepat, KKB BCA menjadi salah satu opsi pendanaan yang populer bagi masyarakat Indonesia dalam memiliki kendaraan idaman. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan jika ingin menjual mobil lama dan menggantinya dengan yang baru: 

Tentukan Harga Mobil Lama: sebelum menjual, tentukan harga jual mobil lama. Anda bisa melakukan penilaian sendiri atau melalui bantuan dealer atau pihak ketiga. 

Jual Mobil Lama: setelah mengetahui nilai mobil, Anda bisa menjualnya ke dealer, melalui platform online, atau kepada pihak individu. 

Pilih Mobil Baru: setelah mendapatkan dana dari penjualan mobil lama, Anda bisa memilih mobil baru sesuai keinginan. 

Ajukan KKB BCA: dengan uang muka yang didapat dari penjualan mobil lama, Sobat Keren bisa mengajukan KKB BCA untuk pelunasan sisanya. 

Penerimaan dan Pengambilan Mobil: setelah pengajuan kredit disetujui, Anda dapat segera menerima dan mengambil mobil baru yang sudah diimpikan. 

Wah, proses untuk memiliki mobil baru dengan KKB BCA memang semudah membalikkan telapak tangan! 

Memiliki mobil baru tentunya memberikan akan banyak keuntungan, mulai dari fitur keamanan yang lebih baik, efisiensi bahan bakar, hingga kenyamanan berkendara. Dengan menjual mobil lama yang tak terpakai dan memanfaatkan pendanaan KKB BCA, Sobat Keren bisa memiliki mobil baru dengan proses yang mudah dan cepat. 

Pastikan Sobat Keren memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, serta jangan lupa untuk memperhatikan bunga dan tenor yang ditawarkan oleh bank agar tidak memberatkan keuangan Anda di masa mendatang.