Test Drive

Jangan anggap Remeh Ganti Oli, Begini Dampaknya Ke Mobil

Jangan anggap Remeh Ganti Oli, Begini Dampaknya Ke Mobil

Gambar dari Garasi.id

Mengganti pelumas mesin mobil sering kali terdengar sebagai hal yang sepele oleh sebagian pengguna kendaraan pribadi. Namun, tanpa kita sadari jika telat mengganti pelumas mesin mobil akan berdampak buruk terhadap mesin kendaraan.

Sering kali tanpa disadari munculnya masalah-masalah pada mobil kita diakibatkan hal-hal yang sepele, seperti lupa untuk mengganti pelumas mesin mobil sehingga timbulah masalah pada mobil kita. Khususnya mobil dengan tipe matic sangat mudah bermasalah ketika kita menyepelekan untuk segera mengganti oli. Karena mobil matic sangat bergantung pada oli transmisi yang harus selalu dalam keadaan baik. Oleh sebab itu, penting sekali untuk rutin mengganti oli mesin mobil kita. 

Gambar

Mengapa oli transmisi penting?

Oli memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan kita yang berfungsi untuk melumasi mesin mobil. Ketika mesin dinyalakan maka ada yang namanya pergerakan atau gesekan yang terjadi pada mesin mobil. Oleh karena itu, oli digunakan untuk melindungi mesin supaya tidak cepat panas ketika sedang dinyalakan atau digunakan. 

Oli transmisi ini memiliki dua jenis diantaranya oli untuk transmisi manual dan transmisi matic. Fungsi oli pada transmisi manual adalah sebagai pelumas yang memuluskan kerja komponen pada mesin. Sedangkan pada transmisi matic, selain bekerja sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis. Jika kita melihat fungsinya, oli matic memiliki tugas yang lebih berat dibandingkan transmisi manual. Oleh karena itu, penting untuk kita selalu mengecek dan mengganti oli transmisi mobil. 

Jika oli matic sudah encer atau terlalu kotor, daya lumasnya akan berkurang dan menyebabkan oli menjadi cepat panas. Oli yang panas dapat menyebabkan kampas-kampas kopling hidrolik dan kampas rem yang ada ditransmisi akan cepat aus. Jika ini terus dibiarkan kampas-kampas tersebut dapat terbakar, apabila sudah terbakar maka komponen ini tidak bisa lagi meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke penggerak roda. Hal inilah yang menyebabkan mobil tiba-tiba mogok atau tidak bisa dinyalakan.

Lalu bagaimana caranya kita dapat mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil. Berikut ciri-ciri oli mobil harus segera diganti:

  • Oli transmisi sudah berwarna gelap dan berbau seperti terbakar.

  • Perpindahan gigi agak berat dan kadang menghentak.

  • Terdengar suara dengung dari sistem transmisi mobil.

  • Sudah melewati kilometer yang direkomendasikan untuk diganti.

Jika ciri-ciri diatas sudah dirasakan pada mobil kita. Maka, segara harus mengganti oli transmisi mobil supaya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Karena jika telat akan berdampak buruk terhadap mobil kita, berikut merupakan dampak buruk yang terjadi ketika kita telat mengganti oli transmisi:

  • Tenaga mobil terasa jauh berkurang.

  • Usia pakai komponen di transmisi akan menurun drastis.

  • Terjadi penyumbatan pada sistem transmisi.

  • Kerusakan pada transmisi mobil

  • Biaya yang dikeluarkan sangat besar untuk melakukan perbaikan.

Masalah-masalah tersebut dapat kita hindari dengan cara rutin mengganti oli transmisi mobil kita. Jangan sampai kita baru menyadarinya ketika sudah timbulnya masalah pada mobil kita karena jika mobil sudah bermasalah maka kita harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk memperbaiki komponen-komponen yang bermasalah pada mobil kita. 

Sumber: Garasi.id