Kenali Komponen Mesin Mobil Beserta Fungsinya!

Kenali Komponen Mesin Mobil Beserta Fungsinya!

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari. Memiliki mobil pribadi bisa memudahkan kita untuk bepergian ke mana saja. Namun sebagai pemilik mobil, kita juga perlu tahu komponen mesin mobil secara detail. Pasalnya, jika ada permasalahan pada komponen mobil tersebut, kita bisa segera mencari solusi untuk memperbaikinya. 

Komponen mesin mobil menjadi bagian yang harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Hal tersebut wajib dilakukan untuk menjaga agar performa mobil tetap baik dan awet sehingga Anda pun nyaman dalam berkendara. 

Nah, kali ini kita akan membahas seputar komponen mesin mobil dan fungsinya sebagai pengetahuan sederhana untuk para pemilik mobil. Yuk, cari tahu informasinya lebih lanjut di sini! 

Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya 

Mobil dapat berfungsi dengan baik karena ditopang dengan sejumlah komponen penting. Dari sekian banyak bagian-bagian yang terdapat di dalam mesin mobil, berikut adalah komponen yang paling penting di dalamnya. 

Kepala Silinder 

Keberadaan kepala silinder mobil bisa dianggap sebagai salah satu yang terpenting. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai pengubah energi panas menjadi energi mekanik. Ini merupakan bagian utama tempat piston bekerja. Lokasi kepala silinder disusun sejajar satu garis dalam blok mesin. 

Masalah yang kerap terjadi pada kepala silinder mobil adalah kebocoran atas gas silinder dan piston. Permasalahan tersebut dapat mengurangi kinerja silinder. Jadi, ketika ada kerusakan sebaiknya segera lakukan penggantian spare part

Komponen Mesin Blok Silinder 

Tak kalah penting dari kepala silinder mobil, blok silinder ini juga termasuk komponen utama dalam sebuah mobil. Fungsi dari blok silinder ini adalah sebagai tempat naik turun piston. Ketika piston bekerja dengan baik, maka terjadi pemindahan energi panas menjadi energi mekanik sehingga mobil dapat berjalan. 

Tak hanya sebagai tempat bagi piston bekerja, blok silinder juga meng-handle sejumlah pekerjaan lain, seperti tempat mengarahkan energi pembakaran, mekanisme engkol, saluran pendingin, dan wadah untuk oli pelumas. 

Komponen mesin blok silinder terletak di bawah kepala silinder. Kedua komponen ini dihubungkan dengan beberapa baut dan gasket. 

Crankshaft 

Crankshaft juga dikenal dengan nama poros engkol. Ini merupakan komponen mesin yang berfungsi mengendalikan piston yang hanya bergerak lurus naik turun jadi bergerak dengan memutar. Putaran pada crankshaft ini nantinya akan diteruskan ke transmisi sehingga mobil dapat bergerak cepat, maju, dan mundur. 

Perlu Anda ketahui, poros engkol sendiri memiliki lima bagian, yaitu crank pink journal, main journal, crank pin oil hole, counter weight, dan crank arm. Letak dari komponen ini adalah di bagian bawah mesin dan menyatu dengan blok mesin. 

Komponen Mesin Mobil Piston 

Piston bertugas untuk menjalankan siklus pembakaran agar menghasilkan tenaga sehingga mobil dapat bergerak. Proses yang terjadi di dalam piston adalah menghisap udara masuk ke dalam silinder, memungkinkan terjadinya kompresi, mengubah energi panas menjadi energi mekanis, dan mendorong gas sisa pembakaran keluar. 

Piston atau yang juga dikenal dengan nama torak dianggap sebagai ‘jantung’ pada mesin mobil. Pasalnya, piston dengan performa yang baik akan menghasilkan energi ke seluruh bagian mesin. 

Komponen Mesin Mobil Oil Pan (Karter) 

Terletak di bawah blok silinder, oil pan atau karter merupakan alat untuk menampung oli dan berfungsi sebagai pelumas mesin. Di dalam oil pan terdapat ventilasi yang menyambungkannya dengan udara dari luar. 

Tak hanya sebagai tempat untuk menampung oli saja, karter juga dilengkapi dengan gasket yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada mesin di bagian dalam kap mobil. Komponen ini juga sangat bermanfaat untuk meminimalisir suhu panas pada mesin mobil. 

Komponen Mesin Transmisi 

Transmisi menjadi komponen mesin mobil yang berfungsi untuk mengatur torsi dan tenaga kendaraan. Di Indonesia, ada tiga jenis transmisi yang paling banyak digunakan, mulai dari transmisi manual yang mengharuskan pengemudi memilih gir sendiri, transmisi otomatis konvensional dengan torque converter, dan otomatis CVT yang memakai puli dan sabuk baja. 

Komponen Mesin Turbocharger 

Komponen turbocharger mungkin tidak terdapat di semua jenis mobil. Namun, biar bagaimanapun, turbocharger termasuk sebagai komponen yang cukup penting. Fungsi dari komponen turbocharger adalah memampatkan udara yang masuk ke ruang bakar. 

Cara kerja turbocharger adalah mengambil udara panas dari saluran pembuangan, lalu udara tersebut didorong ke intercooler untuk didinginkan. Selanjutnya, udara yang masuk ke ruang bakar dengan tekanan tinggi akan dipakai kembali untuk mendukung proses pembakaran. 

Kesimpulannya, penggunaan komponen turbocharger ini dapat membuat mobil yang mesinnya kecil jadi lebih bertenaga. Akan tetapi, meskipun cukup memberi keuntungan, turbocharger juga memiliki kekurangan, yakni turbin pada turbo hanya akan bekerja pada putaran mesin tertentu. Kondisi delay seperti ini juga dikenal dengan istilah turbo lag

Tujuh komponen mesin mobil ini memiliki peran yang sangat penting untuk membuat mobil dapat melaju dengan baik. Pengetahuan mengenai komponen mesin mobil dan fungsinya ini bisa memudahkan Anda untuk melakukan perbaikan dan perawatan secara tepat pada mobil Anda. 

Sistem pada Mesin Mobil 

Setelah mengetahui informasi mengenai komponen mesin mobil, Anda juga perlu mengetahui tentang sistem-sistem yang terdapat dalam mobil. Sistem ini juga berkaitan dengan komponen mesin yang sudah dibahas sebelumnya. 

Starter 

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengemudikan mobil adalah men-starter mesinnya terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda harus menyalakan mesin mobil dulu baru bisa mengemudikannya.  

Sistem starter memiliki fungsi penggerak awal putaran mesin mobil melalui roda penerus atau fly wheel yang berada pada poros engkol. 

Mesin mobil tidak akan bergerak tanpa ada alat penggerak tenaga dari luar sebagai penggerak awalnya. Beberapa hal yang berkaitan erat dengan sistem starter adalah baterai, relay, motor starter dan kunci kontak. 

Bahan Bakar 

Sudah menjadi rahasia umum jika kendaraan bermotor tidak akan bisa dipakai jika tidak terisi dengan bahan bakar. Jadi, sistem bahan bakar ini juga sangat penting. Fungsi dari sistem bahan bakar mencakup penyimpanan bahan bakar serta menyalurkan dan mencampurkan bahan bakar dengan udara. 

Ada empat model bahan bakar, yaitu sistem bahan bakar injeksi pada mesin kendaraan bensin, karburator pada mesin kendaraan bensin, injeksi pada mesin kendaraan diesel, dan gas cair pada kendaraan NGV (Natural Gas Vehicle). 

Pengapian 

Baik mobil yang menggunakan bensin maupun bahan gas, keduanya sama-sama memiliki sistem pengapian. Prinsip dari sistem pengapian adalah mengubah energi listrik menjadi energi listrik. 

Sistem pengapian adalah rangkaian mekatronika yang dipakai untuk menyalurkan energi listrik bertegangan tinggi. Cara kerjanya adalah dengan meng-input tegangan rendah ke busi yang kemudian diubah menjadi percikan api. 

Pengisian 

Sistem pengisian memiliki fungsi untuk menyalurkan energi listrik langsung dari baterai. Energi tersebut dipakai untuk menghidupkan kendaraan dan sistem pengapian. 

Cara kerja dari sistem pengisian ini adalah mengubah energi gerak atau putaran mesin menjadi energi listrik. Sistem pengisian juga didukung dengan komponen alternator. 

Pendinginan 

Setiap mobil membutuhkan sistem pendinginan untuk menurunkan suhu mesin yang terlalu tinggi. Umumnya, mesin akan menjadi panas jika mobil dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hal yang membuat suhu mesin jadi panas adalah pembakaran dari udara dan bahan bakar. 

Mesin mobil tidak seharusnya dibiarkan panas. Oleh karena itu, sistem pendinginan memegang peranan penting untuk menstabilkan suhu mesin. 

Pelumasan 

Sebagian besar komponen mobil terbuat dari bahan metal. Itulah sebabnya sistem pelumasan ini sangat penting untuk mencegah keausan pada komponen-komponen mobil tersebut. 

Selain untuk mencegah aus, sistem pelumasan diperlukan untuk melumasi setiap bagian-bagian mesin yang bergerak dan membawa kotoran sisa gesekan pada komponen mobil. 

Resirkulasi Gas Buang 

Sistem terakhir yang berkaitan dengan komponen mobil adalah resirkulasi gas buang. Sistem ini bertugas menyalurkan gas dari sisa pembakaran untuk keluar dari dalam mesin. Tujuannya untuk mengurangi bising di dalam mesin mobil. 

Tips Perawatan Komponen Mesin Mobil 

Untuk memastikan performa mobil tetap baik untuk berkendara, Anda harus rutin melakukan perawatan berkala, terutama pada komponen mesin mobil. Nah, kira-kira apa yang harus dilakukan untuk merawat komponen mesin? 

Cek Starter Mobil 

Pengecekan starter mobil bisa dilakukan dengan mencabut filter dan membersihkannya dengan kuas atau sikat gigi. Hal ini bisa Anda lakukan secara berkala atau ketika mesin mobil tidak bisa menyala meskipun sudah di-starter berkali-kali. 

Jika sudah membersihkan filter tapi mesin mobil masih susah dihidupkan, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. 

Ganti Oli Secara Berkala 

Sebagian orang kerap kali menyepelekan jadwal penggantian oli mobil. Padahal, mengganti oli secara berkala merupakan salah satu cara terbaik merawat komponen mesin mobil

Waktu ideal untuk mengganti oli mobil adalah ketika mobil sudah melakukan jarak tempuh 3.000 – 5.000 kilometer. Tak hanya menggunakan jarak tempuh sebagai tolak ukur, Anda juga bisa menentukan waktu terbaik untuk mengganti oli mobil berdasarkan jenis oli yang dipakai. 

Semakin sering Anda menggunakan mobil tersebut, maka Anda pun harus lebih concern untuk mengganti oli secara tepat waktu. Fungsi oli adalah menahan gesekan yang terjadi ketika mesin mobil bekerja. Memakai oli yang berkualitas akan menjaga mesin mobil lebih stabil dan memiliki performa yang maksimal. 

Layanan KKB Refinancing BCA 

Butuh sumber dana yang terpercaya? Anda bisa mengandalkan KKB Refinancing BCA yang menjadi solusi sumber dana yang bisa didapatkan dengan menjaminkan BPKB mobil Anda.  

KKB Refinancing BCA menawarkan beberapa keunggulan yang akan memudahkan Anda seperti jumlah dana pencairan yang besar, suku bunga yang kompetitif, persyaratan yang mudah, serta jaminan keamanan penyimpanan BPKB selama masa pinjaman di BCA. 

Yuk, andalkan KKB Refinancing BCA sebagai solusi pendanaan terbaik Anda! Segera ajukan permohonan di website kreditkerenbanget.com untuk dapatkan sumber dana yang cepat!