Mari Kenali Beragam Manfaat Sensor Parkir Mobil

Mari Kenali Beragam Manfaat Sensor Parkir Mobil

Perkembangan mobil baru tidak hanya berfokus pada tampilan yang semakin menarik, tetapi juga dibekali berbagai teknologi canggih. Salah satu teknologi sarat manfaat yang disertakan pada mobil modern adalah sensor parkir. Manfaat sensor parkir mobil memang amat penting untuk mendukung keselamatan berkendara. Bahkan, tak sedikit pemilik mobil keluaran lama berupaya menambahkan fitur tersebut secara mandiri karena cara pasang sensor parkir mobil tergolong mudah. 

Bila Anda berencana membeli mobil baru atau memasang perangkat sensor parkir pada mobil lama, sebaiknya Anda menyimak info lengkap seputar sensor parkir mobil berikut ini terlebih dahulu. 

Pengertian Sensor Parkir Mobil 

Sensor parkir mobil (juga dikenal dengan sebutan sensor mundur) adalah perangkat elektronik yang dipasang di bagian belakang mobil. Pada umumnya, sensor parkir bisa mendeteksi objek dari jarak 1,5 meter. Kendati demikian, sensitivitas pendeteksian juga sangat dipengaruhi ketepatan posisi serta jumlah sensor yang digunakan. 

Fungsi utama sensor parkir mobil yaitu mendeteksi objek yang mendekati atau menghalangi bagian belakang mobil. Keberadaan objek tersebut akan ditangkap sensor kemudian peringatan diterjemahkan dalam bentuk suara atau bunyi pada monitor LCD head unit mobil. Dengan demikian, manfaat sensor parkir mobil diharapkan membantu para pengemudi untuk berkendara secara aman, terutama ketika hendak memundurkan mobil. 

Macam-Macam Sensor Parkir dan Fungsinya 

Manfaat sensor parkir mobil dengan beragam teknologi sebenarnya sama. Namun, perkembangan teknologi menghasilkan banyak tambahan fitur baru yang membuat sensor parkir makin sempurna. 

Klasifikasi sensor mobil dan fungsinya bila ditinjau berdasarkan gelombang yang digunakan adalah sebagai berikut: 

  • Electromagnetic Parking Sensor: jenis sensor dengan gelombang elektromagnetik ini tergolong sangat canggih sehingga baru diterapkan pada beberapa jenis mobil tertentu. Sensor yang dinyalakan akan memancarkan gelombang elektromagnetik yang bentuknya menyerupai selimut. Proses tersebut membuat sensor mampu mendeteksi setiap objek yang posisinya berdekatan dengan bodi mobil. Keunggulan electromagnetic parking sensor terletak pada bidang deteksinya yang diklaim lebih luas daripada sensor parkir berteknologi gelombang ultrasonik. 

  • Ultrasonic Parking Sensor: gelombang ultrasonik yang dipancarkan jenis sensor ini akan dipantulkan oleh suatu objek bila objek tersebut berada dalam jangkauan jarak pantul. Pada umumnya sistem ini mengandalkan 4 hingga 6 buah sensor yang diletakkan di bumper belakang mobil. Ultrasonic parking sensor akan aktif secara otomatis jika mobil sedang mundur atau transmisinya berada pada posisi R. 


Cara Kerja Sensor Parkir Mobil 

Dua tahapan yang berlangsung ketika sensor parkir mobil sedang aktif, yaitu: 

  • Pemancaran: objek pemancar (transmitter) mengirimkan gelombang ketika mendeteksi objek yang berada di sekitar bagian belakang bodi mobil. Kemudian, gelombang tersebut akan dipantulkan kembali ke transmitter. 

  • Penerimaan: objek penerima (receiver) mengidentifikasi pantulan gelombang yang diteruskan transmitter lalu memunculkan bunyi sebagai bentuk peringatan. Timbulnya bunyi tersebut merupakan manfaat sensor parkir mobil yang berfungsi menjaga kewaspadaan pengemudi. 


Manfaat Sensor Parkir Mobil saat Berkendara 

Beberapa manfaat penggunaan sensor parkir mobil yang bisa diperoleh pengemudi, antara lain: 

  • Meminimalkan risiko benturan: risiko mobil berbenturan dengan kendaraan atau objek lain di sekitarnya akan semakin minim bila mobil tersebut dilengkapi sensor parkir. Biasanya bunyi sensor parkir makin kencang bila jarak antara mobil dan objek lain kurang dari 0,5 meter. Jika mobil jarang berbenturan dengan objek lain, niscaya penampilan bodi luarnya senantiasa mulus. 

  • Menjaga keutuhan mobil: mobil yang sering mengalami benturan atau tabrakan tentu memiliki penampilan kurang mulus, khususnya bila pemilik mobil tersebut kurang telaten melakukan perawatan pasca kecelakaan. Itulah sebabnya manfaat sensor parkir mobil sangat krusial untuk menjaga keutuhan mobil. Tampilan mobil akan terlihat mulus dan masih orisinil jika tidak pernah mengalami benturan. 

  • Mempermudah proses parkir di tempat sempit: lokasi yang sempit acapkali menyusahkan ketika hendak memarkirkan mobil, khususnya bagi pengemudi bermobil besar. Namun, kesulitan tersebut bisa diatasi dengan bantuan sensor parkir. Anda bebas melakukan manuver ban ketika memarkirkan mobil sambil mengamati peringatan dari sensor parkir. Solusi ini akan membuat proses parkir di lahan sempit berlangsung lebih praktis dan minim benturan. 

  • Memaksimalkan keselamatan berkendara: posisi kendaraan yang terlalu berdekatan akan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara. Risiko itu dapat diminimalkan dengan memanfaatkan sensor parkir. Anda akan mendapatkan peringatan bila posisi mobil sudah terlalu dekat dengan kendaraan lain di sekelilingnya. Dengan demikian, risiko tabrakan atau kecelakaan beruntun pun semakin kecil. 


Tips Merawat Sensor Parkir Mobil 

Manfaat sensor parkir mobil akan terjaga bila Anda merawatnya secara telaten dengan memperhatikan hal-hal penting ini: 

  • Bersihkan kamera dan sensor secara teratur: kamera dan sensor adalah komponen utama yang saling bekerja sama mendeteksi objek di sekitar mobil. Oleh sebab itu, kebersihannya harus selalu dijaga agar tidak tertutup debu dan kotoran lainnya. Bersihkan kamera dan sensor parkir mobil dengan kain lap microfiber. Jika ingin menggunakan air, semprotkan sedikit saja lalu lekas bersihkan dengan lap sampai kering supaya tidak memicu pertumbuhan jamur. 

  • Periksa suplai tegangan listrik: kinerja sensor parkir mobil juga tak lepas dari pengaruh suplai tegangan listrik. Sebaiknya Anda memeriksa tegangan listrik pada komponen mobil tersebut secara berkala untuk memastikan bahwa suplainya optimal. 

  • Jauhkan sensor parkir mobil dari cat: proses pengecatan bodi mobil yang dilakukan sembarangan berisiko merusak sensor parkir mobil. Jadi, pastikan kalau sensor mobil tidak terkena cat sehingga fungsi gelombangnya tetap terjaga. 

  

Sekarang, sensor parkir mobil tentu menjadi salah satu komponen esensial yang Anda perhatikan ketika memilih mobil baru. Beli mobil baru yang canggih tentu jadi solusi terbaik dibandingkan harus repot mempelajari cara pasang sensor parkir mobil atau menangani kerusakan lainnya pada mobil usang Anda. Realisasi rencana membeli mobil baru kini makin mudah dengan dukungan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) persembahan BCA. 

KKB BCA merupakan solusi pembiayaan praktis untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda terhadap kendaraan bermotor pribadi. Persyaratan mudah dan proses cepat membuat pengajuan kredit mobil semakin menyenangkan bersama KKB BCA. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keuntungan lainnya berupa suku bunga kompetitif dan fleksibilitas pemilihan jangka waktu pembayaran.  

Jadi, tunggu apa lagi? 

Segera memiliki mobil pribadi untuk memperlancar mobilitas sehari-hari dengan dukungan penuh dari KKB BCA yang menakjubkan [Klik disini]