Mengulik Sejarah BMW: Dari Pesawat Hingga Jadi Mobil!

Mengulik Sejarah BMW: Dari Pesawat Hingga Jadi Mobil!

Karakter mobil keluaran Eropa yang performanya tangguh dan tampilannya elegan memang tak perlu diragukan lagi. Dari sekian banyak merek mobil Eropa yang berjaya hingga kini, tentu saja BMW menjadi salah satu yang paling istimewa.  

Sejarah BMW yang panjang tak kalah menarik untuk disimak bila dibandingkan dengan perkembangan teknologinya dari masa ke masa. Tak banyak orang yang tahu kalau cikal-bakal mobil BMW bermula dari produksi mesin pesawat. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut! 

Perkembangan BMW dari Masa ke Masa 

Merek mobil dengan logo khas ini memiliki nama lengkap Bayerische Motoren Weke Aktiengesellschaft atau BMW AG. Nama tersebut berasal dari lokasi pabrik pertamanya yang berada di Bavaria, Jerman. Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, kata BMW diartikan sebagai Bavarian Engine Works Company

BMW terbentuk dari hasil merger perusahaan Rapp-Motorenwerke GmbH dan Flugmaschinenfabrik Gustav Otto pada 1916. Kala itu, BMW memproduksi mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan kekaisaran Jerman. Logo baling-baling ikonik BMW mulai disematkan pada produk-produknya satu tahun pasca merger perusahaan berlangsung. 

Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I (PD I) tahun 1918 menyebabkan produksi mesin pesawat BMW berhenti lalu beralih ke produk rem kereta api dan inboard engine. Satu dekade kemudian, BMW baru mulai memproduksi mobil pertamanya kemudian sempat menjadi produsen kendaraan militer Jerman ketika Perang Dunia II (PD II) berlangsung tahun 1933. 

Momen kekalahan Jerman pada PD II ternyata turut berdampak buruk bagi BMW. Dua pabriknya di Allach dan Munich dilucuti sekutu tahun 1945. Hal tersebut membuat sejumlah mesin pabrik BMW diambil dan dikirim ke berbagai negara lain sebagai wujud repatriasi perang. Untungnya, masa kelam tersebut tidak berlangsung lama karena BMW berhasil memperkenalkan mobil seri 501 di tahun 1949 yang menunjukkan eksistensinya sebagai produsen mobil. 

Krisis keuangan yang terjadi tahun 1959 membuat BMW hampir bangkrut dan nyaris diakuisisi Mercedes. Namun, hal tersebut tidak terjadi karena BMW masih bisa bertahan melewati masa-masa sulit. Perjalanan BMW memasuki pangsa pasar mobil sport dimulai pada 1960-an lewat peluncuran seri 507. Tipe mobil sport pertama BMW tersebut lebih dikenal dengan sebutan Elvis 507 karena Elvis Presley pernah mengendarainya. 

BMW mengukir sejarah di tahun 1972 ketika meluncurkan generasi seri 5 sedan eksekutif pertamanya yang bernama E12. Sistem penamaan 3 digit itu menjadi ciri khas BMW yang masih dipertahankan hingga saat ini. Sejarah BMW yang diwarnai inovasi terus berlanjut setiap tahun sampai peluncuran sedan coupe compact F22 berlangsung tahun 2013. Reputasi BMW selama bertahun-tahun kini membuatnya makin dikenal sebagai produsen sedan mewah di kancah internasional. 

Sejarah BMW di Indonesia 

Perakitan mobil BMW di Indonesia berlangsung sejak tahun 1976 yang diawali produksi seri 520i. pengalihan kegiatan perakitan ke PT Astra Internasional melalui anak perusahaan BMW (PT Tjahja Sakti Motor dan PT Gaya Motor) dilakukan mulai tahun 1993. Setelah meninjau kesuksesan BMW di Indonesia, PT BMW didirikan tahun 2001 lalu mendapatkan investasi lebih dari Rp100 miliar dari BMW Group untuk memperluas kegiatan produksi. Dana tersebut dialokasikan untuk modernisasi fasilitas produksi serta pemasangan alat-alat baru.  

Sejarah BMW di tanah air yang berhasil meraih pangsa pasar mobil mewah tentu tak lepas dari kontribusi pabrik BMW di Jerman. SDM perusahaan BMW Indonesia mendapatkan pelatihan intensif seputar perakitan dan upaya mempertahankan kualitas produk. Sekarang, pabrik perakitan BMW di perusahaan Gaya Motor kawasan Sunter juga telah memenuhi standar produksi BMW yang berlaku di seluruh dunia. 

Beragam Jenis Mobil BMW yang Beredar di Tanah Air 

Perjalanan sejarah BMW selama beberapa dekade turut mewarnai pangsa pasar Indonesia dengan kehadiran beragam produk unggulannya, antara lain: 

  • BMW M5: seri sedan ini merupakan mobil BMW terkuat serta tercepat yang pernah ada di tanah air. Kemampuan akselerasinya sangat baik karena ditunjang mesin 4,4 L S63 twin-turbo V8. Di samping itu, teknologi suspensi BMW M5 dilengkapi konfigurasi khusus berteknologi canggih. Fitur penggerak 4 roda (4 Wheel Drive atau 4WD) memungkinkan pengguna mengatur penggerak dua roda saja atau sekaligus empat roda. 

  • BMW Coupe: BMW juga memperkenalkan mobil 4 seater dari seri Coupe yang tangguh sekaligus berkelas. Komponen utamanya terdiri dari mesin 1,5 L 3 silinder twin-turbo. Tipe terbarunya bahkan mendapatkan fitur-fitur tambahan canggih seperti Active Park Distance Control (PDC), parking assistant, dan rearview camera

  • BMW Turismo: para pecinta mobil hatchback tentu tak boleh melewatkan seri BMW Turismo yang istimewa. Mobil bergaya sporty ini mempunyai mesin 2 L 4 silinder twin-turbo yang membuatnya sangat bertenaga. Deretan fitur mutakhir lainnya berupa parking assistant, BMW display key, dan panoramic sunroof membuat BMW Turismo makin sayang untuk dilewatkan. 

  • BMW 8 Coupe: kehadiran seri BMW 8 Coupe sempat mengguncangkan dunia otomotif tanah air karena kualitasnya yang mumpuni. Secara keseluruhan, proporsi mobil hatchback ini mengalami perubahan signifikan dibandingkan generasi pendahulunya. Mesin 6-silinder 3,000cc dengan teknologi TwinPower Turbo membuat BMW 8 Coupe kian lincah di jalan. Sistem keamanan serta driving assistant-nya mengusung teknologi terbaru yang membuat pengalaman berkendara makin nyaman. 

  • BMW X4: minat masyarakat Indonesia terhadap mobil Sport Utility Vehicle (SUV) membuat BMW berinisiatif menghadirkan seri X4. Soal urusan dapur pacu, tipe BMW X4 dibekali mesin 2 L 4 silinder twin-turbo yang turut didukung M Sport Suspension dan M Sport Brake. Alhasil, sensasi akselerasi mobil BMW ini sangat responsif tanpa mengabaikan faktor keamanan. Tambahan fitur lainnya yang turut menyempurnakan BMW X4, antara lain parking assistant, park distance control, driving dynamic control, dan Anti-lock Braking System (ABS). 

  

Deretan keistimewaan mobil BMW tentu membuat Anda semakin yakin memilihnya sebagai kendaraan pribadi andalan. Segera miliki mobil BMW pertama Anda dengan mengandalkan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA. Layanan BCA yang satu ini siap membantu Anda memiliki mobil pribadi dengan persyaratan mudah, proses cepat, dan bunga kompetitif. Simulasi kebutuhan kredit mobil dengan bunga yang berlaku di KKB BCA dapat Anda lakukan secara praktis dengan klik di sini!