Mobil Listrik vs Mobil Bensin, Lebih Irit Mana?

Mobil Listrik vs Mobil Bensin, Lebih Irit Mana?

Halo Sobat Keren! Kemunculan mobil listrik perlahan mengalihkan perhatian masyarakat dari mobil bensin. Dengan isu hemat energi yang diusungnya, sebenarnya seberapa irit mobil listrik jika dibandingkan dengan mobil bensin? 

Untuk kamu yang sedang berencana membeli mobil listrik, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pada awal tahun 2023, mobil listrik semakin marak di Indonesia. Konon, mobil listrik menjadi alternatif mobil dengan energi terbarukan yang lebih hemat dan minim emisi. Tetapi seberapa hematkah mobil listrik jika dibandingkan dengan mobil bensin?

Dikutip dari kompas.com (23/03/2023), Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto menjelaskan bahwa mobil listrik berdaya 1 kilowatthour (kWh) dapat menempuh jarak 8,5 kilometer. Sementara mobil dengan 1 liter bensin dapat menempuh jarak 10 kilometer. 

Artinya, 1 liter bensin setara dengan 1,2 kWh.

Jika listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dibanderol sekitar Rp 2.500/kWh, maka menggunakan mobil listrik perlu mengeluarkan Rp 3.000 setara 1 liter bensin. Dengan kata lain, konsumen hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk 1,2 kWh (sebanding dengan 1 liter bensin) untuk menempuh jarak 10 kilometer. 

Angka tersebut tentu jauh lebih sedikit dibandingkan harga BBM RON 92 yang per 1 Maret 2023 menyentuh angka Rp 13.500/liter.

Biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah jika pengguna mobil listrik menggunakan home charger di rumah. Di mana tarif golongan rumah tangga untuk daya 3.500 VA ke atas sebesar Rp 1.699,53/kWh.

Artinya, untuk menempuh jarak 10 kilometer hanya memerlukan Rp 2.038 untuk 1,2 kWh yang setara dengan 1 liter bensin.

Bagaimana Sobat Keren, tertarik menggunakan mobil listrik untuk mobilitas ke kantor?

Segera dapatkan mobil listrik pertamamu di KKB BCA Virtual Mall. [Klik disini]

Sumber: kompas.com