Mobil Sport Kelas Dunia: Ini Sejarah Porsche di Indonesia

Mobil Sport Kelas Dunia: Ini Sejarah Porsche di Indonesia

Masyarakat kalangan atas menganggap mobil bukan hanya sebagai alat transportasi pribadi untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Lebih dari itu, mobil juga menjadi simbol identitas yang turut berperan penting membangun kelas sosial. Itulah sebabnya mobil mewah tak pernah sepi peminat meskipun pangsa pasarnya tidak sebesar mobil kelas menengah. Pembahasan seputar mobil mewah jelas belum lengkap tanpa mengulas Porsche. Sejarah Porsche di Indonesia yang kini makin terkenal sebagai produsen mobil mewah paling bergengsi tentu sangat menarik untuk diketahui. 

Cikal Bakal Terbentuknya Perusahaan Porsche  

Porsche adalah mobil sport mewah yang kualitas dan eksistensinya sudah lama diakui industri otomotif dunia. Jauh sebelum terbentuknya sejarah Porsche di Indonesia, cikal bakal mobil mewah tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1900-an di Eropa. 

Perusahaan Porsche didirikan oleh seorang insinyur otomotif asal Austria bernama Ferdinand Porsche. Awalnya, Ferdinand memulai karier di industri otomotif dengan membuat kendaraan elektrik berkecepatan 35 km per jam yang mendapatkan pengakuan internasional. Prestasi tersebut berhasil membawanya menjadi direktur umum Perusahaan Austro-Daimler pada tahun 1916. Empat tahun berselang, Daimler bergabung dengan perusahaan Mercedes Benz sehingga Ferdinand bertanggung jawab merancang beberapa seri mobil balap yang populer kala itu. 

Setelah menyukseskan kerja sama tersebut, Ferdinand memutuskan hengkang dari Daimler untuk merintis perusahaannya sendiri di Stuttgart pada tahun 1931. Kendati demikian, impian menciptakan mobil sendiri masih belum terlaksana. Beberapa tahun kemudian. Adolf Hitler meminta Ferdinand mendukung pembuatan mobil rakyat untuk masyarakat Jerman. Permintaan tersebut direalisasikan tahun 1936 dalam bentuk prototipe Volkswagen asli yang dikenal dengan sebutan Kraf Durch Freude (KDF). Selain membuat desain Volkswagen, Ferdinand juga sempat mendesain tank tiger yang digunakan dalam Perang Dunia II. 

Ketika perang berakhir, Perancis memenjarakan Ferdinand selama setahun atas tuduhan kejahatan perang. Sang anak yang bernama Ferry Porsche berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan perusahaan ayahnya. Ferry berinisiatif membuat mobil balap Grand Prix Tipe 360 Cisitalia untuk seorang pengusaha Italia.  

Uang hasil bayaran karyanya tersebut digunakan untuk membebaskan sang ayah. Ferdinand dan putranya kemudian berkolaborasi membuat produk mobil sport baru yang rencananya diberi nama Porsche dengan rancangan menyerupai Cisitalia. Bentuknya unik karena mesin mobil diletakkan di tengah sasis dan di depan transaxle serta dilengkapi komponen drive train hasil modifikasi Volkswagen. 

Mobil bernama Porsche Tipe 356 tersebut mulai diproduksi secara keseluruhan dengan prototipe aluminium dan tenaga tangan pada tahun 1947 kemudian selesai pada 8 Juni 1948. Pendanaan perusahaan Porsche secara tidak langsung terbantu oleh Jerman yang menyewa Ferdinand untuk berkonsultasi tentang pengembangan Volkswagen. Prestasi tersebut membuat Porsche berhasil menyewa kantor baru di Stuttgart untuk mewujudkan kapasitas produk 500 unit mobil per tahun. Setelah dua dekade, Porsche semakin terkenal di industri otomotif dan sudah berhasil memproduksi lebih dari 78 ribu unit mobil. 

Sejarah Porsche di Indonesia 

 

Kesuksesan Porsche di berbagai negara membuatnya terus berekspansi setiap tahun, termasuk di Indonesia. Sejarah Porsche di Indonesia resmi dimulai sejak 7 Maret 2004. Sekarang, Porsche Indonesia memiliki dua dealer resmi, yaitu Porsche Center Jakarta dan Porsche Center Surabaya. 

Fokus Porsche Indonesia berorientasi pada kebutuhan masyarakat, pelanggan, maupun Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Pelanggan setia dan dedikasi SDM berkualitas adalah modal paling berharga yang menyokong keberlanjutan Porsche. Fokus tersebut diharapkan mampu memaksimalkan potensi perusahaan tanpa batas agar dapat mengungguli persaingan pasar tanah air.  

Jenis Mobil Porsche yang Beredar di Indonesia 

Perjalanan sejarah Porsche di Indonesia selama 2 dekade membuatnya berhasil melakukan adaptasi dan inovasi berkesinambungan melalui kehadiran beberapa produk berikut ini: 

  • Porsche 911: mobil sport 2 seater ini pertama kali diperkenalkan di Sirkuit Sentul tahun 2023. Tampilannya mewah dan disempurnakan mesin berteknologi canggih sehingga disukai banyak orang. 

  • Porsche 718: versi manual dan otomatis Porsche 718 sama-sama diperkenalkan tahun 2020. Dua varian transmisi mobil Porsche bertenaga tangguh ini membuatnya mudah menarik perhatian para penggemar otomotif karena leluasa dipilih sesuai kebutuhan. 

  • Porsche Taycan: Porsche berupaya memasuki pangsa pasar mobil listrik dunia melalui seri Taycan yang diluncurkan tahun 2021. Konsumsi dayanya berkisar di angka 28,5 kWh untuk menempuh jarak maksimal 336 km.  

  • Porsche Macan: tak banyak yang tahu kalau Porsche Indonesia juga memiliki seri Sport Utility Vehicle (SUV) yang diberi nama Macan. Mobil yang diproduksi sejak tahun 2014 ini memiliki banyak fitur canggih dan kemampuan menempuh kecepatan yang tidak dimiliki produk kompetitor. 

  • Porsche Cayenne: inovasi Porsche di kelas SUV juga dibuktikan melalui kehadiran seri Cayenne. Tampilannya kokoh dengan ground clearance sebesar 212 mm sehingga tangguh untuk menghadapi berbagai kondisi jalanan. 

  • Porsche Panamera: sedan Porsche ini memiliki tenaga turbo karena dibekali dapur pacu yang sangat mumpuni. Itulah sebabnya kualitas Porsche Panamera tergolong unggul dibandingkan mobil sedan lainnya. 

Porsche seri 911, Taycan, dan Cayenne jelas menjadi pilihan terbaik di Indonesia karena karakteristik sesuai dengan kebutuhan masyarakat tanah air. Selain mempunyai tampilan menarik, tenaga mobil Porsche yang ekstra besar siap menaklukkan medan jalanan menantang.  

Keinginan memiliki mobil Porsche pertama bisa direalisasikan dengan dukungan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA. Anda dapat melakukan simulasi kredit di website KKB BCA untuk menghitung estimasi kredit mobil sesuai kesiapan kondisi finansial. 

Sekarang, KKB BCA juga bekerja sama dengan partner dealer supaya proses pemilihan mobil dan pengajuan kredit semakin praktis. Info lengkap seputar tipe mobil Porsche dan merek mobil lain yang pembeliannya semakin mudah bersama KKB BCA.  

Pelajari lebih lanjut dan ajukan kredit Anda dengan klik di sini dan miliki Porsche idaman Anda hari ini!