Musim Hujan Tiba, Apakah Kendaraanmu Butuh Perawatan Extra?

Musim Hujan Tiba, Apakah Kendaraanmu Butuh Perawatan Extra?

Halo Sobat KKB, tidak terasa kita sudah memasuki akhir tahun 2021. Mungkin sebagian dari kita mengenal lagu di tahun 90an berjudul November Rain yang dibawakan oleh band asal negeri Paman Sam yaitu Guns N’ Roses. Sesuai dengan lagunya bulan November ini Indonesia mulai memasuki musim penghujan, bahkan sejak akhir oktober hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur sebagian wilayah Indonesia.

Berbicara soal hujan, apakah sobat KKB tahu kandungan yang terdapat pada air hujan? Dikutip dari Garasi.id, Air hujan mengandung asam yang dapat membuat kaca mobil kita bisa berjamur. Jamur dapat tumbuh dengan baik apabila mobil sering berada pada situasi yang membuat mobil lembab dan kotor.

Pernah tidak kita perhatikan jika sering kali terdapat bercak-bercak keputih-putihan di kaca mobil kita. Nah, jika ada artinya mobil kita sudah berjamur.  Mobil yang terkena hujan terus menerus harus dirawat dengan benar. Maka dari itu, melakukan perawatan sangat penting kalau kita ingin terus nyaman dan aman ketika menggunakannya karena jika dibiarkan maka jamur akan semakin banyak dan tentu jika jamur banyak tumbuh di kaca mobil bisa jadi akan membuat kita sulit untuk melihat jelas ketika sedang berkendara terutama sedang turun hujan. 

Sobat, Sudah tahu kan jika air hujan mengandung asam yang dapat menumbuhkan jamur pada kaca mobil kita. Oleh karena itu, penting sekali untuk secara rutin membersihkan mobil ketika sudah terkena hujan. Sering kali kita malas karena nanti juga terkena hujan lagi. Pola pikir tersebut haruslah kita ubah karena tidak baik untuk kondisi mobil kita.

Lalu bagaimana jika mobil kita khususnya bagian kacanya sudah berjamur? Sobat, Tidak perlu khawatir dengan adanya jamur di kaca mobil akibat dari air hujan. Dikutip dari Garasi.id ada beberapa cara untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil diantaranya:

  1. Glass Cleaner

Cara menghilangkan jamur di kaca mobil yang pertama dapat menggunakan alat bernama glass cleaner. Pembersih khusus kaca mobil ini biasanya berupa cairan kental dan pekat. Glass cleaner tidak hanya membersihkan kaca, tetapi juga memberikan kilau optimal. Dengan begitu Anda akan mendapatkan visibilitas yang baik sekaligus kaca yang mengkilap seperti baru.

Glass cleaner yang baik harus bisa mengangkat minyak atau oli sekaligus membersihkan jamur yang sudah masuk ke dalam pori-pori kaca. Kerak air yang sudah membandel pun relatif mudah dihilangkan. Residu yang ditinggalkan ada yang berwujud seperti bedak sehingga berpotensi mengotori bodi mobil.

  1. Pembersih Kaca Aquarium

Pembersih kaca aquarium wujudnya cair dan relatif lebih mudah diratakan ketimbang pembersih khusus kaca mobil. Untuk aplikasi pembersih kaca akuarium ini tidak bisa sembarangan.

Tidak lama setelah menggosok kaca dengan pembersih akuarium, bekasnya harus segera dibilas air. Jangan biarkan mengering di permukaan kaca, karena pembersih akuarium ini bila sudah kering bakal meninggalkan bercak. Cairan ini juga berpotensi menimbulkan rasa gatal apabila terkena pada kulit. Pada saat membersihkan sangat dianjurkan melindungi diri dengan sarung tangan latex.

  1. Pasta Gigi dan Alkohol

Cara membersihkan jamur di kaca mobil yang terakhir bisa menggunakan kombinasi antara pasta gigi dan alkohol. Bahan rumah tangga ini hampir pasti tersedia dimanapun. Memang, kombinasi pasta gigi dan alkohol hasilnya tidak sebaik cairan glass cleaner. Namun, bisa jadi alternatif untuk mengikis jamur kaca.

Alkohol 50-90 persen merupakan bahan pembersih kaca gaya lama yang masih efektif. Sementara itu, pasta gigi berwarna putih (non gel) merupakan salah satu cairan pembersih alternatif yang cukup handal sebagai cara menghilangkan jamur di kaca mobil.

Bila kaca mobil terdapat bercak water spot dan jamur, bisa langsung menggabungkan keduanya untuk bahan membersihkan noda. Pertama, bersihkan kaca dengan alkohol kemudian memakai pasta gigi di titik jamur yang sulit dibersihkan. Basahi kain lembut dengan alkohol kemudian gosokkan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur.

Karena memiliki tingkat penguapan yang tinggi maka alkohol cenderung cepat kering sehingga proses membersihkannya menjadi lebih lama. Alkohol ini tidak meninggalkan bercak pada permukaan kaca. Supaya lebih aman terhadap cat mobil, maka gunakan saja hand sanitizer berbentuk gel. Cairan yang kental tentu penguapannya lebih lama dan sulit menetes kena bodi.

Untuk jamur yang sulit dibersihkan, cukup olesi bagian tersebut dengan pasta gigi secara merata dan tunggu hingga kering. Butiran lembut yang terkandung di dalam pasta gigi bisa mengikis jamur yang membandel. Setelah kering, bilas bekas odol tadi dengan air sembari digosok dengan kain lembut. Bilas kembali dengan air dan pastikan permukaan kaca yang bersih dari pasta gigi. Lanjutkan keringkan dengan lap microfiber agar tidak ada lagi sisa air yang menempel.

Sobat KKB, sudah tahu kan tipsnya bagaimana merawat mobil terutama bagian kaca ketika sering terkena air hujan. Jadi, mulai sekarang ketika mobil sudah terkena hujan jangan lupa untuk membersihkan atau membilasnya dengan air biasa terlebih dahulu. 

 

Sumber: Garasi.id