Nikmati Mudik dan Wisata Seru Lewat Jalur Pantai Selatan

Nikmati Mudik dan Wisata Seru Lewat Jalur Pantai Selatan

Halo Sobat Keren, lebaran adalah momen spesial yang dinantikan oleh umat muslim di Indonesia. Lebaran menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta biasanya masyarakat akan melakukan mudik atau pulang kampung. Mudik ini juga dapat menjadi kesempatan terbaik untuk berlibur bersama keluarga. 

Salah satu jalur mudik yang memiliki pemandangan indah di sepanjang jalan serta banyak terdapat objek wisata yang bagus yaitu jalur Pantai Selatan Pulau Jawa yang terbentang dari Banten hingga Jawa Timur. Pantai Selatan atau lebih dikenal dengan istilah Pansela bisa menjadi jalur alternatif di mudik lebaran kali ini. 

Jalur Pansela secara geografis merupakan dataran tinggi serta masih banyaknya hutan, sehingga jalur selatan ini memiliki jalan yang berkelok-kelok dan menanjak tidak seperti jalur utara atau Pantura yang jalurnya lurus karena secara geografis merupakan dataran rendah.

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata saat lebaran di sepanjang jalur Pantai Selatan Pulau Jawa yang bisa Sobat kunjungi:

  1. Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Kawasan Geopark Ciletuh yang berlokasi di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan luas sekitar 126 ha merupakan objek wisata yang cukup indah karena pantai ini berbentuk batuan hasil sedimentasi jutaan tahun lalu. Geopark Ciletuh ini sudah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dijaga dan dirawat. Di kawasan ini, terdapat banyak lokasi wisata yang dapat dikunjungi salah satunya adalah Pantai Batu Naga. sukabumikab.go.id (14/04/2023)

  1. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Jawa Barat. Biasanya momen libur lebaran Pantai Pangandaran ini akan dipenuhi oleh ribuan wisatawan. Ada berbagai tempat yang bisa dikunjungi seperti Pantai Barat, Pantai Timur dan Kampung Artis. Selain menikmati keindahan alam disini pengunjung dapat bermain banana boat, surfing, boogie, dan lain-lain. Selain itu, pengunjung dapat menikmati sunrise di Pantai Timur dan sunset di Pantai Barat. portal.pangandarankab.go.id (14/04/2023)


Butuh Dana Cepat untuk keperluan Lebaran atau Liburan? KKB Refinancing Solusinya. Cukup Jaminkan BPKB Mobilmu [Klik disini]

  1. Pantai Menganti, Kebumen, Jawa Tengah

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Menganti ini merupakan pantai terindah yang ada di Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. kompas.com (14/04/2023) 

  1. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal objek wisata ini. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis karena keindahan alam saat matahari terbenam. Selain pantai, wisatawan pun dapat naik ke Tebing Gembirawati untuk melihat area Pantai Parangtritis, laut selatan hingga ke batas cakrawala. Yogyayes.com (14/04/2023)

  1. Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur

Pantai Klayar yang terletak di Desa Sedang, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur ini merupakan tujuan wisata favorit di Pacitan. Banyak wisatawan berkunjung karena keindahan Pantai Klayar dengan batuan karang di sepanjang pantai yang memiliki bentuk unik serta pasir pantai yang berwarna putih. kompas.com (14/04/2023)

Jalur Pantai Selatan merupakan pilihan alternatif terbaik untuk mudik atau jalur balik. Dengan keindahan alamnya yang memukau serta objek wisata sepanjang jalur Pansela dengan keanekaragaman aktivitas yang ditawarkan, pantai-pantai di selatan Pulau Jawa adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Selamat berlibur Sobat Keren!