Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin

Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Mesin Mobil Bensin

Halo sobat keren, siapa yang masih bingung perbedaan dari mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin? Tenang sobat, kali ini kita akan kupas tuntas semuanya ya. Sebelum membeli mobil alangkah lebih baiknya cari tahu dulu jenis-jenis mesin mobil ya supaya ketika sudah membeli mobil lebih mudah dalam melakukan perawatan. 

Dikutip dari garasi.id (17/03/2023), mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin keduanya memiliki fungsi yang sama namun berbeda. Yuk kita cari tahu apa aja sih perbedaan dari mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin: 

  1. Bahan Bakar

Perbedaan mendasar dari mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin terletak pada jenis bahan bakar yang digunakan. Mesin mobil diesel menggunakan solar, sedangkan mesin mobil bensin menggunakan bensin. 

  1. Performa Mesin

Performa mesin mobil diesel lebih unggul dibandingkan mesin mobil bensin. Kenapa performa mesin diesel lebih unggul? Karena mesin mobil diesel memiliki torsi yang sangat besar dibandingkan mesin mobil bensin. Namun, mesin mobil bensin unggul dalam hal akselerasi dan tenaganya yang responsif. Hal ini karena pembakaran mesin mobil bensin menggunakan busi sedangkan mesin mobil diesel menggunakan sistem kompresi. 

  1. Efisiensi BBM

Jika berbicara mesin mana yang lebih efisien dalam penggunaan BBM. Mesin mobil diesel lebih efisien dibanding mesin mobil bensin. Hal ini dikarenakan oleh kompresi mesin yang tinggi pada mesin mobil diesel untuk menghasilkan torsi yang besar. Kompresi mesin yang tinggi pun akan menghasilkan panas yang lebih sedikit sehingga lebih efisien. Namun perlu diketahui keduanya sama-sama memiliki efisiensi yang baik.

  1. Keamanan

Mobil mesin diesel saat ini sudah dilengkapi teknologi canggih yang membutuhkan sistem kelistrikan yang memadai. Meskipun tahan banjir, sebaiknya pengemudi tetap waspada. Jangan menerjang banjir dengan kecepatan tinggi karena air akan tetap masuk ke dalam mesin. Terutama mesin mobil bensin yang memiliki banyak komponen kelistrikan yang akan fatal akibatnya jika terendam banjir air seperti busi, ECU dan komponen lainnya. Selain itu, mesin  mobil bensin termasuk yang mudah terbakar. Oleh karena itu, apabila ada kebocoran di selang bensin tentunya dapat membahayakan pengemudi mobil. Potensi mesin mobil bensin terbakar lebih besar dibandingkan mesin mobil diesel.


Kamu bisa eksplore berbagai merek mobil ternama dan tipe-tipe mobil di KKB BCA Virtual Mall #bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

Setelah mengetahui perbedaan antara mesin mobil diesel dan mesin mobil bensin. Dikutip dari garasi.id (17/03/2023),  Apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari kedua mesin mobil tersebut: 

  1. Mesin mobil diesel

Kelebihan:

  • Torsi mesin mobil diesel sangat besar

  • Jauh lebih irit BBM

  • Tidak perlu khawatir menerobos banjir/terendam air karena komponen kelistrikan di mesin sedikit

  • Mesin lebih tahan lama jika dirawat dengan baik

Kekurangan:

  • Suara mesin mobil diesel tidak halus

  • Jika komponen injektor diesel terendam air, mobil lebih sulit diperbaiki

  • Akselerasi mobil diesel lambat. Namun, pabrikan kini sudah banyak mengaplikasikan turbocharger untuk memperoleh tenaga spontan

  • Pajak lebih tinggi karena kapasitas mesin mobil diesel yang lebih besar

  1. Mesin mobil bensin

Kelebihan:

  • Akselerasi mesin lebih responsif dan minim polusi

  • Suara mesin halus

  • Mudah untuk memahami gejala kerusakan mesin bensin

  • Pilihan mobil lebih banyak

Kekurangan:

  • Torsi maksimal didapat di putaran mesin tinggi

  • Mesin lebih rentan jika menerobos banjir atau terendam air

  • Jika menggunakan bensin tidak sesuai oktan yang dianjurkan rentan terhadap gejala knocking mesin

Sobat keren, sudah tahu ya perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari mesin mobil diesel maupun mesin mobil bensin. Lalu mesin mobil mana pilihanmu? Yuk eksplore berbagai jenis tipe mobil yang ada di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini]

Sumber: garasi.id