Perhatikan! Begini Perawatan Baterai Mobil Listrik agar Tahan Lama yang Tepat

Perhatikan! Begini Perawatan Baterai Mobil Listrik agar Tahan Lama yang Tepat

Mobil listrik merupakan inovasi kendaraan yang solutif karena hemat energi dan ramah lingkungan. Lebih hebatnya lagi, beragam mobil listrik yang beredar di pasaran sudah dilengkapi fitur-fitur canggih untuk menunjang kenyamanan berkendara. Sayangnya, keterbatasan wawasan tentang ??perawatan baterai mobil listrik agar tahan lama membuat banyak orang masih enggan memiliki kendaraan futuristik tersebut. 

Faktanya, menjaga baterai mobil listrik supaya tetap awet tidak sulit asalkan Anda sudah memahami proses perawatan yang tepat. Berhemat dengan mobil listrik pun kian menyenangkan dengan dukungan baterai berkualitas yang tahan lama. 

Pengertian dan Jenis Baterai Mobil Listrik 

Prinsip kerja baterai mobil listrik sama seperti baterai pada perangkat elektronik lain, yaitu sebagai sumber tenaga untuk menjalankan sistem kelistrikan. Daya baterai yang hampir habis harus lekas diisi kembali agar tidak menghambat performa mobil ketika berkendara. Bila Anda melakukan ??perawatan baterai mobil listrik agar tahan lama secara telaten, niscaya siklus pakai baterai mobil listrik akan mencapai kondisi maksimal. 

Jenis baterai mobil listrik berdasarkan material penyusunnya dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 

  • Lithium Ion (Li-Ion): material baterai ini sangat lazim digunakan pada perangkat elektronik, contohnya HP. Efisiensi energinya tinggi dan kinerjanya bisa bertahan dengan baik pada suhu tinggi. 

  • Nickel-Metal Hydride (NiMH): jenis baterai yang banyak digunakan pada kendaraan hibrida ini mengandalkan hidrogen sebagai media penyimpanan energi. Selain itu, ada nikel dan logam lain di dalamnya yang berfungsi sebagai elektroda penjaga aliran ion hidrogen. 

  • Lead Acid: baterai Lead Acid punya kapasitas lebih kecil dengan bobot lebih besar tetapi harganya terjangkau dan tingkat keamanannya sangat baik. 

  • Solid State: baterai Solid State menghilangkan komponen elektrolit cair pada baterai Li-Ion lalu menggantikannya dengan elektronik padat, seperti keramik atau kaca. 

  • Nickel-Cadmium: keunggulan baterai ini terletak pada masa pakai yang lama, yaitu berkisar antara 500 hingga 1.000 kali siklus pengisian daya. 

  • Ultracapacitor: cara kerja baterai ini didukung komponen utama berupa cairan terpolarisasi antara elektroda dan elektrolit. Biasanya baterai ultracapacitor difungsikan sebagai penyimpanan daya sekunder untuk memberikan tenaga tambahan dalam proses pengereman atau akselerasi. 

  • Ternary Lithium Ion (NMC): baterai mobil listrik ini tergolong paling populer karena kapasitas dan tegangan tinggi, stabilitas terhadap perubahan suhu relatif stabil, dan harganya terjangkau. 


4 Faktor yang Memperpendek Umur Baterai Mobil Listrik 

??Perawatan baterai mobil listrik agar tahan lama akan berlangsung efektif bila Anda mengenal beberapa faktor yang memperpendek umur baterai berikut ini: 

  1. Usia baterai sudah tua: degradasi fungsi baterai berbanding lurus dengan usianya. Hal ini terjadi karena baterai memiliki masa pakai tertentu ketika digunakan. 

  1. Suhu terlalu tinggi: paparan suhu dan kelembaban udara yang terlalu tinggi berisiko merusak komponen baterai sehingga kinerja mobil listrik pun rentan terganggu. 

  1. Kebiasaan pengisian daya yang keliru: terlalu sering mengisi daya atau menggunakan mobil listrik sampai baterai benar-benar habis merupakan contoh kebiasaan buruk yang memperpendek umur baterai mobil listrik. 

  1. Sering melakukan pengisian daya cepat: proses pengisian daya cepat (fast charging) memang hemat waktu tetapi berisiko membuat baterai cepat rusak akibat beban termal berlebihan. 


9 Tips Perawatan Baterai Mobil Listrik agar Tahan Lama 

Upaya ??perawatan baterai mobil listrik agar tahan lama sebenarnya mudah jika Anda melakukan tips penting berikut secara telaten: 

  1. Usahakan menjaga kapasitas baterai mobil listrik antara 20% hingga 80% sehingga proses degradasi baterai tidak berlangsung terlalu cepat. Pemakaian baterai secara ekstrem yang membuatnya sering kosong atau terlalu penuh justru membuat daya tahan baterai gampang terganggu. 

  1. Pastikan bahwa tegangan yang masuk ke baterai mobil dalam proses pengisian daya sudah stabil. Salah satu cara untuk memastikan kestabilan tegangan listrik adalah memilih mode pasokan daya rendah (slow charging). 

  1. Batas pengisian maksimum untuk menjaga daya tahan baterai mobil listrik berkisar antara 80% hingga 90%. 

  1. Utamakan lokasi parkir di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari berlebihan dalam waktu lama berisiko membuat suhu baterai meningkat drastis hingga memicu kerusakan. 

  1. Buatlah jadwal pengisian baterai mobil listrik secara teratur demi menjaga kesehatan baterai. Pembuatan jadwal tentu tidak sulit bila terbiasa melakukan rutinitas sehari-hari dengan mobil, contohnya mobil digunakan untuk pergi dan pulang kantor setiap hari dengan durasi relatif sama. 

  1. Biasakan mengemudi dengan kecepatan stabil karena melakukan akselerasi dengan intensitas tinggi bisa mempercepat degradasi baterai. 

  1. Lindungi baterai mobil listrik dari risiko benturan, guncangan keras, dan kebakaran karena kondisi sel-selnya sensitif sehingga rentan rusak akibat gangguan tersebut. 

  1. Pengisian baterai wajib dilakukan secara teratur meskipun mobil listrik tidak digunakan dalam waktu lama. Jadi, Anda mesti meluangkan waktu untuk memeriksa sisa daya baterai pada mobil tersebut. 

  1. Proses mengisi baterai dengan mode cepat (fast charging) sebaiknya dilakukan ketika baterai benar-benar kosong dan status panel meter berada dalam kondisi siap. 

 

Tips lengkap seputar ??perawatan baterai mobil listrik agar tahan lama ini niscaya membuat Anda makin siap memiliki mobil listrik pribadi. Apalagi sekarang proses membeli mobil listrik semakin praktis dengan dukungan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA. Persyaratan pembiayaan mudah dan angsuran tetap dengan bunga kompetitif yang difasilitasi KKB BCA membuat kredit mobil listrik berlangsung lancar sesuai kemampuan finansial pribadi. 

Sekarang, ada KKB BCA Virtual Mall yang bekerja sama dengan banyak partner dealer di berbagai kota untuk mempermudah proses kredit. Akses info lengkap dari dealer resmi BCA dan pilih mobil listrik impianmu dengan klik di sini!