Perhatikan Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

Perhatikan Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

Mobil matic atau mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati di Indonesia. Kepraktisannya dalam menghadapi macet atau mengemudi di kota-kota besar menjadi alasan utama banyak orang memilihnya.  Kendati demikian, bagi pemula, cara mengemudi mobil matic bisa jadi tantangan tersendiri. 

Artikel ini akan membahas beberapa cara mengemudi mobil matic bagi pemula. Sebagai pengemudi pemula, ada juga beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai mengemudikan mobil matic. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini! 

Mengenal Tipe Persneling Mobil Matic 

Berbeda dengan mobil bertransmisi manual yang memiliki konfigurasi standar, yaitu 5 gigi maju dan 1 gigi mundur, mobil otomatis memiliki variasi konfigurasi persneling yang berbeda. Berikut beberapa jenis persneling mobil otomatis yang paling umum ditemui: 

Conventional Automatic Gearbox 

Ini adalah tipe yang paling sering digunakan pada mobil otomatis. Conventional Automatic Gearbox memanfaatkan konverter torsi untuk menggantikan fungsi kopling, memiliki rasio antara 3 hingga 10. Kekurangan dari model ini adalah konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil manual. 

Continuously Variable Transmission (CVT) 

CVT biasanya digunakan pada jenis mobil hybrid. CVT menggunakan sejenis 'sabuk' untuk menghasilkan tekanan energi yang memberikan tenaga pada mobil dengan rasio tertentu. 

Mobil otomatis dengan CVT sangat efisien dan andal, menghasilkan gerakan yang lebih halus karena tidak memiliki komponen gigi. Namun, kelemahan dari CVT adalah akselerasinya lebih lambat dibandingkan dengan jenis lainnya. 

Dual-Clutch Automatic 

Konfigurasi ini hampir sama dengan Conventional Automatic Gearbox namun tanpa konverter torsi. Dual-Clutch Automatic menggunakan kopling yang beroperasi secara otomatis. 

Kopling otomatis yang satu mengoperasikan gigi, sementara yang lainnya berada dalam posisi standby jika pengemudi ingin mengganti gigi. Dual-Clutch Automatic sering digunakan pada mobil sport yang memerlukan pergantian gigi yang cepat. 

Automated Manual Gearbox 

Mirip dengan transmisi manual biasa, Automated Manual Gearbox akan memilih gigi secara otomatis menggunakan komputer untuk mengoperasikan kopling. 

Tipe ini sempat populer di segmen mobil otomatis, namun performa yang kurang dan munculnya jenis transmisi otomatis lain membuatnya semakin jarang digunakan. Akan tetapi, sebagian besar mobil otomatis di segmen entry level masih menggunakan jenis transmisi ini. 

Direct Shift Gearbox 

Ini adalah sistem transmisi tipe basah yang menggunakan dua kopling yang beroperasi secara bergantian saat pergantian gigi. Mobil dengan konfigurasi transmisi ini dapat bertahan lama jika dirawat dengan baik dan secara rutin. 

Traditional Automatic Transmission 

Traditional Automatic Transmission lebih dikenal dengan konverter torsi otomatis dan paling sering digunakan untuk mobil dengan transmisi otomatis. Dengan cairan hidrolik atau konverter torsi, transmisi ini akan mengganti gigi bukan dengan kopling. 

Cara Menyetir Mobil Matic bagi Pemula 

Cara mengemudi mobil matic bagi para pemula sebenarnya tidak sulit. Setelah mengetahui sejumlah tipe persneling mobil matic, Anda juga harus memahami step by step dalam mengendarai mobil. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengemudikan mobil matic. 

Pahami Sistem Transmisi, Tuas, dan Gigi 

Pertama-tama, Anda perlu tahu cara mobil bekerja termasuk sistem transmisi, tuas, dan gigi. Di tuas transmisi mobil otomatis, ada beberapa gabungan angka dan huruf, masing-masing punya fungsi sendiri (P-R-N-D-2-L). 

"P" digunakan untuk mengunci transmisi, "R" untuk mundur, "N" untuk netral, "D" untuk jalan ke depan, "D2" untuk naik bukit yang curamnya kurang dari 30 derajat, dan "L" untuk naik bukit yang lebih curam dari 30 derajat. 

Menghafal sistem transmisi, tuas, dan gigi ini sangat penting, terutama jika Anda sedang mencoba cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet

Kenali Fitur-Fitur Mobil 

Mobil-mobil terbaru biasanya punya banyak fitur dengan fungsi yang berbeda-beda, baik untuk kenyamanan maupun keamanan. Jadi, mengerti fitur-fitur ini bisa membantu Anda mengenali mobil yang Anda pakai. Anda juga harus tahu fitur-fitur dasar mobil, seperti klakson, tuas lampu sein, tuas wiper, lampu mobil, hingga mode berkendara. 

Hidupkan Mesin Mobil 

Setelah mempelajari seluruh mekanisme mobil, saatnya mempelajari cara menghidupkan mesin mobil dengan benar: 

  • Langkah pertama adalah memastikan tuas transmisi mobil otomatis berada dalam posisi yang tepat, yaitu posisi "P" (meskipun posisi "N" juga dapat digunakan). 

  • Selanjutnya, putar kunci kontak ke posisi "ON" atau tekan tombol starter hingga seluruh sistem kelistrikan menyala. 

  • Tunggu hingga jarum pada panel instrumen bergerak dan indikator-indikator telah menyala. 

  • Setelah mobil siap untuk dihidupkan, injak pedal rem dan tekan tombol starter atau putar kunci untuk menghidupkan mesin mobil. 

Jalankan Mobil 

Untuk memulai pengoperasian mobil, secara perlahan angkat kaki kiri Anda, dan kendaraan akan mulai bergerak maju. Untuk meningkatkan kecepatan, tempatkan kaki kanan Anda di pedal gas dan tekan perlahan untuk menghindari gerakan yang kasar. 

Injak Rem Saat Mengubah Posisi Tuas 

Sebelum dapat melaju, Anda harus menginjak rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas transmisi dari posisi "P" (Parkir) ke posisi "D" (Drive). Hal yang sama berlaku saat ingin menggerakkan kendaraan ke belakang dengan posisi tuas transmisi pada posisi "R" (Reverse), di mana Anda perlu menginjak rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuasnya. 

Bagaimana? Sudah paham cara mengemudikan mobil matic yang benar? Jika Anda tertarik dan berencana untuk memiliki mobil matic, yuk ikuti program pembiayaan KKB BCA. Sobat Keren bisa menjadikan KKB BCA sebagai solusi untuk membeli mobil matic impian Anda. 

Kredit Kendaraan Bermotor BCA memberikan solusi finansial yang mudah dan terpercaya bagi mereka yang ingin memiliki mobil impian. Dengan berbagai keuntungan dan fasilitas yang ditawarkan, BCA dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam mewujudkan impian memiliki kendaraan pribadi. 

Anda juga bisa melakukan simulasi kredit pada laman website kreditkerenbanget.com sebagai gambaran jumlah cicilan yang perlu dibayarkan di setiap bulannya.