Perlukah mematikan AC sebelum dan saat menyalakan mobil?

Perlukah mematikan AC sebelum dan saat menyalakan mobil?

Halo Sobat Keren, saat kita hendak bepergian dengan mengendarai mobil, terdapat beberapa langkah yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan perjalanan. Salah satu yang biasa mungkin dilakukan oleh sebagian orang adalah mematikan AC mobil saat hendak menyalakan mesin mobil. Namun, ada satu pertanyaan umum yang muncul yaitu perlukah mematikan AC sebelum dan saat menyalakan mobil?

Menghidupkan AC sebelum mengemudi memang akan membuat kondisi mobil terasa nyaman. Dikutip dari garasi.id (19/05/2023), saat AC mobil menyala tetapi mesin tidak menyala akan berpotensi merusak kompresornya. Karena posisi saat mesin mobil menyala saja kondisinya belum stabil, ditambah lagi harus menggerakan kompresor AC. hal tersebut akan membuat kompresor bekerja lebih berat. 

Selain itu, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan aki mobil menjadi boros dan beresiko susah saat distarter mesin setelanya. Hal ini dikarenakan aki belum mendapat suplai dari alternator, tapi sudah terpakai di motor blower AC.

Temukan mobil impianmu bersama KKB BCA. #bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

Dalam perkembangan mobil saat ini. Produsen mobil sudah memikirkan dan membuat langkah-langkah untuk mengatasi masalah yang timbul dari penggunaan AC saat menyalakan mesin mobil. Namun, tetap dianjurkan untuk mengurangi penggunaan AC pada saat start mesin. 

Namun, dengan mematikan AC sebelum dan saat menyalakan mesin dapat mengurangi beban listrik saat mesin pertama kali dinyalakan dan memberikan waktu bagi sistem pengapian dan komponen lainnya untuk beroperasi dengan baik. 

Sobat keren, jadi apakah perlu untuk mematikan AC sebelum dan saat menyalakan mesin mobil? Ya, sangat dianjurkan meskipun tidak ada aturan baku harus mematikan AC sebelum dan saat menyalakan mesin mobil. Namun, kebiasaan ini dapat membuat mesin tetap dalam kondisi prima dan awet. 

Sumber: garasi.id