Tak Perlu Bingung, Ini Cara Charge Mobil Listrik di Rumah

Tak Perlu Bingung, Ini Cara Charge Mobil Listrik di Rumah

Penggunaan mobil listrik sebagai alternatif transportasi ramah lingkungan semakin diminati. Namun, bagi sebagian orang, proses pengisian daya mobil listrik masih menjadi pertanyaan. Bagaimana cara charge mobil listrik di rumah? 

Pertama-tama, kita perlu pahami dulu bagaimana mobil listrik bekerja. Mobil listrik adalah kendaraan yang sebagian atau sepenuhnya digerakkan oleh tenaga yang berasal dari baterai listrik yang terpasang di dalamnya. Baterai listrik tersebut dapat diisi ulang layaknya smartphone, yang juga bisa dilakukan dari rumah. 

Jadi, pemilik mobil listrik tidak perlu lagi datang ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Karena tidak menggunakan bahan bakar minyak seperti mobil konvensional, mobil listrik dianggap lebih ramah lingkungan karena penggunaannya turut menjaga bumi dari pemanasan global akibat emisi gas buang. 

 

Cara Kerja Mobil Listrik 

Konsep mobil listrik yang tidak menggunakan bahan bakar minyak sudah cukup banyak diketahui masyarakat. Namun, mungkin masih sedikit yang bisa membayangkan bagaimana cara kerja mobil listrik secara umum. Yuk, simak penjelasannya berikut: 

  1. Ketika mobil listrik dinyalakan, tenaga dari baterai akan langsung disalurkan. Tenaga itu akan terus dialirkan seperti saat Anda menginjak pedal akselerasi.  

  1. Saat pedal mobil ditekan, controller akan mengambil daya listrik dari baterai dan inverter untuk menggerakkan motor. 

  1. Dengan pengaturan dari controller, inverter mengatur aliran daya listrik dari baterai menuju motor listrik sesuai kebutuhan. 

  1. Setelah mendapat aliran listrik, motor listrik mengonversinya menjadi tenaga putar. 

  1. Putaran motor listrik langsung disalurkan untuk menggerakkan roda mobil melalui transmisi. 

 

Cara Charge Mobil Listrik di Rumah 

Satu pertanyaan yang kerap ditanyakan orang mengenai mobil listrik adalah apakah pengisian daya atau charge-nya bisa dilakukan di rumah. Jawabannya adalah BISA. 

Jadi, selain mengisi daya listrik mobil di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai daerah, Anda juga bisa mengisi daya mobil di rumah.  

Namun, ada sejumlah informasi penting yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan cara charge mobil listrik di rumah, yaitu:  

  • Pahami syaratnya 

Untuk bisa melakukan cara charge mobil listrik di rumah, Anda perlu memikirkan kapasitas listrik, pemasangan charger port, dan keamanannya.  

  • Kapasitas listrik rumah mencukupi 

Pengisian daya mobil listrik membutuhkan watt listrik dengan jumlah tertentu. Jika kapasitas ini belum terpenuhi, maka waktu pengisian baterai mobil bisa memakan waktu lebih lama dan pemakaian listrik rumah bisa berkurang.  

  • Pertimbangkan waktu pengisian daya 

Waktu pengisian daya mobil listrik berbeda-beda tergantung jenis chargernya. Pastikan Anda mengecek spesifikasi charger dan mobil untuk mengetahui perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai hingga penuh. 

Berikut cara charge mobil listrik di rumah: 

  1. Cek dulu daya listrik di tempat tinggal Anda. Pastikan instalasinya sudah aman dan punya kapasitas daya cukup buat mengisi tenaga mobil listrik Anda. 

  1. Beli atau sewa alat pengisi tenaga listrik yang pas untuk mobil listrik Anda. Biasanya, alatnya terdiri dari kabel pengisi yang bisa terhubung ke listrik rumah dan stasiun pengisi tenaga di mobil. 

  1. Taruh stasiun pengisi tenaga di tempat yang mudah dijangkau mobil dan sambungkan ke listrik rumah. 

  1. Colok kabel pengisi ke mobil dan stasiun pengisi tenaga. 

  1. Nyalakan pengisian tenaga di mobil, lalu biarkan mobil tersambung ke stasiun pengisi tenaga selama beberapa jam sampai baterainya penuh. 

 

Perkiraan Biaya Charge Mobil Listrik di Rumah 

Setelah mengetahui cara charge mobil listrik di rumah, pertanyaan selanjutnya adalah berapa biayanya? Hal ini bisa dihitung berdasarkan harga per kwH listrik rumah Anda. Khususnya berapa besarnya arus maksimal dari perangkat charger, durasi pengisian baterai mobil listrik, dan besarnya tegangan listrik di rumah.  

Daya listrik rumah yang ideal untuk mengisi daya mobil listrik adalah 2.200 VA. Tarif listriknya sekitar Rp1.444,70 per kWh. Untuk daya 3.500 ke atas adalah sebesar Rp1.699,53/kWh. 

Meskipun biaya pengisian daya mobil listrik di rumah dan SPKLU tidak terpaut jauh, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya mobil listrik di rumah cenderung lebih lama. Rata-rata, pengisian daya di rumah bisa mencapai 15–20 jam. Namun, bila menggunakan charger yang sesuai serta dengan daya listrik yang lebih besar, waktu pengisian dapat dipangkas menjadi 6–9 jam. 

Penggunaan mobil listrik semakin populer. Anda juga bisa ikut tren dan merasakan sensasi berkendara dengan mobil listrik, lho

Kendarai mobil listrik impianmu tahun ini! Kredit kendaraan BCA tawarkan paket kredit untuk mobil listrik terbaik. Langsung saja klik di sini!