Tips Berkendara pada Masa PPKM Darurat

Tips Berkendara pada Masa PPKM Darurat

Pandemi Covid19 di Indonesia nampaknya belum menunjukan tanda-tanda berakhir. Bahkan sejak sebulan terakhir kasus Covid19 terus mengalami peningkatan dan sudah diatas rata-rata puncak Pandemi pada Februari 2021 lalu.

Pemerintah akhirnya kembali melakukan pembatasan kegiatan masyarakat dengan memberlakukan PPKM Darurat yang dimulai sejak tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021. PPKM Darurat ini diharapkan dapat menekan kasus Covid19. Banyak kegiatan masyarakat dibatasi, namun ada juga kegiatan yang masih diperbolehkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut ini hal penting jika masih harus beraktivitas di tengah PPKM Darurat terutama ketika berkendara supaya Anda tetap terlindungi dari paparan Covid19: 

1. Hindari kerumunan

Saat tiba di tempat tujuan, penting untuk jaga jarak dan menghindari kerumunan agar tidak tertular atau menularkan virus Covid-19 yang sedang bersama-sama kita lawan.

2. Tidak singgah di kafe atau warung makan

Pengendara yang masih harus keluar rumah untuk cari nafkah juga diimbau tidak singgah di kafe atau warung makan. Apalagi, masih banyak kafe atau warung makan yang tidak patuh dan tetap menerima pengunjung selama berlakunya PPKM Darurat.

3. Jangan pulang larut malam

Jika tugas sudah selesai segera pulang untuk menjaga kondisi badan agar tidak terlalu lelah, sehingga imunitas tetap terjaga.

4. Kenakan masker doubel saat mengemudi

Tetap waspada karena virus bisa berada di mana pun, termasuk kendaraan Anda. Maka itu, tetap gunakan masker saat berkendara serta gunakan masker double untuk mencegah varian baru yaitu delta yang lebih menular

5. Siapkan hand sanitizer pada kendaraan

Sebelum berkendara jangan lupa oleskan tangan dengan hand sanitizer agar tangan Anda terbebas dari virus.

6. Jangan beri tumpangan pada sembarang orang

Dalam situasi seperti saat ini, jangan berikan tumpangan kepada orang yang tidak satu rumah dengan kita, karena ia belum tentu bebas dari virus.

7. Hindari zona merah

Jangan pernah memasuki kawasan zona merah karena di dalamnya banyak penderita Covid-19.

8. Tidak mengemudi saat ada gangguan kesehatan

Jangan memaksakan untuk berkendara jika memang memiliki kesehatan yang sedang kurang fit, karena virus mudah masuk jika Anda sedang tidak fit.

9. Langsung mandi setelah dari kantor atau luar rumah

Anda yang masih harus keluar rumah untuk mencari nafkah demi keluarga sesampai di rumah harus langsung mandi. Bersihkan diri agar tidak bawa virus ke dalam rumah.

10. Menunda agenda wisata dan semacamnya

Tahan dulu keinginan Anda untuk refreshing ke luar kota bersama keluarga. Beraktivitas dan berlibur di rumah bersama keluarga jauh lebih aman pada saat ini. 

Sepuluh tips tersebut semoga menjadi bekal untuk kita semua agar selalu berhati-hati saat keluar rumah ditengah pandemi Covid19 yang kasus per harinya semakin meningkat. Mari kita tetap menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sumber: id.motor1.com