Tips Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Pribadi

Tips Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Pribadi

Halo Sobat Keren, tidak terasa saat ini kita sudah memasuki di penghujung tahun 2022. Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru biasanya sebagian masyarakat akan melakukan mudik nataru seperti halnya pada hari lebaran untuk merayakan natal dan tahun baru bersama keluarga di kampung halaman atau liburan ke objek-objek wisata di berbagai daerah.

Sebagian masyarakat akan melakukan mudik nataru atau berlibur dengan menggunakan mobil pribadi. Berdasarkan keterangan dari Kementerian Perhubungan diprediksi akan ada lebih dari 40 juta orang akan melakukan mudik pada momen liburan akhir tahun ini.

Diukutip dari kompas.com (21/12/2022), Berikut ini tips liburan akhir tahun aman dan nyaman menggunakan mobil pribadi:

  1. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan baik

Pastikan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan. Cek kesiapan mobil apakah sudah cukup baik untuk menempuh perjalanan jauh. Beberapa aspek yang perlu dilakukan pengecekan diantara lampu, ban, suspensi, serta cairan pada mesin seperti oli, air aki, minyak rem, dan lainnya. Selain itu, jangan lupa melakukan pengecekan pada fitur keamanan seperti air bag, alat pendeteksi titik buta, sabuk pengaman dan lainnya. 

Kondisi mobil dalam keadaan baik merupakan syarat mutlak untuk mobil yang akan digunakan perjalanan jauh. Dengan melakukan pengecekan ini merupakan bentuk tindakan pencegahan terhadap potensi-potensi yang bisa saja terjadi ketika melakukan perjalanan jauh seperti mogok. 

  1. Persiapkan jadwal perjalanan

Jadwal perjalanan penting untuk disiapkan terutama di momen liburan seperti ini. Alangkah lebih baik jika melakukan perjalanan saat sebelum puncak arus mudik terjadi untuk menghindari kemacetan yang biasa terjadi ketika puncak arus mudik.

  1. Jangan lupa beristirahat

Istirahat sebelum dan saat perjalanan sangat penting untuk dilakukan. Sebelum melakukan perjalanan jangan lupa untuk menjaga kondisi kesehatan agar tetap prima dan siap untuk melakukan perjalanan jauh. 

Kemudian, saat di perjalanan jangan lupa beristirahat di rest area. Istirahat yang berkualitas sekitar 10 menit hingga 30 menit. Istirahat ini dilakukan untuk menyegarkan otot, otak dan syaraf. Usahakan beristirahat singkat setelah berkendara sekitar 2-4 jam. 

  1. Tidak membawa barang berlebihan

Bawalah barang seperlunya yang dibutuhkan tidak berlebihan apalagi sampai mengganggu kenyamanan perjalanan mudik atau liburan. Selain itu, dari segi keamanan membawa barang melebihi muatan kendaraan berisiko bagi keselamatan berkendara.

  1. Pelajari rute perjalanan mudik dan liburan akhir tahun

Mempelajari rute perjalanan mudik dan liburan akhir tahun bertujuan agar perjalanan lebih nyaman. Jika terjadi kemacetan bisa menggunakan jalur alternatif sebagai salah satu pilihan perjalanan. Selain itu, rute yang perlu dijalani meliputi jalur yang akan dilalui, kondisi jalan, lokasi istirahat hingga letak posko kesehatan terdekat. 

  1. Perhatikan cara berkendara

Perhatikan cara berkendara yang benar jangan terburu-buru ingin cepat sampai di tujuan tetapi mengabaikan keselamatan diri maupun pengendara lain. Beberapa yang perlu diperhatikan seperti jaga jarak antar kendaraan, kecepatan dan emosi pengendara.

Bagaimana sobat keren, itu tadi tips liburan akhir tahun yang aman dan nyaman dengan mobil pribadi. Ingat ada orang terkasih yang menunggu di kampung halaman. Jadi, berkendara dengan hati-hati ya. 

Liburan dengan mobil baru juga keren nih sobat keren. Beli mobil baru, gak pake ribet dengan KKB BCA. Dapatkan Promo Spesial kredit mobil baru bunga mulai dari 2,77% tenor 1 tahun. Eksplore dan ajukan sekarang juga di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini]


Sumber: Kompas.com