Tips Membeli Mobil Secara Kredit

Tips Membeli Mobil Secara Kredit

Membeli mobil secara kredit saat ini mudah untuk didapatkan. Seiring bertumbuhnya permintaan akan kendaraan maka banyak fasilitas yang ditawarkan untuk melakukan pembelian mobil secara kredit.

Banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan berbagai macam program, promo dengan proses yang beragam sesuai kebutuhan konsumen dalam melakukan pembelian mobil secara kredit. Sebelum melakukan kredit mobil, alangkah baiknya anda perhatikan terlebih dahulu sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam proses kredit mobil. Berikut ini tips membeli mobil secara kredit; dikutip dari cnnindonesia.com (26/07/2021).

  1. Pastikan lolos SLIK OJK

Sebagai pengawas transaksi keuangan nasional, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki sistem pendataan otomatis ketika seseorang menggunakan fasilitas kredit bank atau perusahaan pembiayaan. Di sini anda harus memastikan bahwa tidak ada cicilan kredit yang bermasalah, seperti kartu kredit. Karena jika bermasalah maka akan mempersulit proses pengajuan kredit mobil anda.

  1. Ketahui kebutuhan kendaraan

Ketahui dengan jelas apa tujuan membeli dan jenis mobil yang dibutuhkan. Keluarga dengan dua anak sangat tepat jika memilih mobil keluarga ketimbang sedan, kecuali mobil pertama sudah MPV dan butuh mobil kedua untuk kebutuhan lainnya, seperti untuk keperluan usaha atau bekerja.

  1. Perhitungkan kondisi keuangan

Angsuran semua kredit pribadi hanya boleh sekitar 30 persen dari total penghasilan per bulan yang tertera pada slip gaji. Pastikan juga Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka (down payment/DP) kredit mobil, yakni sekitar 20-30 persen dari total harga mobil. Perlu diketahui bila besarnya DP akan menentukan jumlah cicilan per bulan.

  1. Lakukan simulasi kredit

Lakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan bantuan marketing saat proses pengajuan kredit mobil atau anda bisa mengunjungi website perusahaan pembiayaan atau dealer untuk melakukan simulasi. Dengan melakukan simulasi anda memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan anda dalam membayar uang muka dan cicilan kredit nantinya.

  1. Manfaatkan promo harga dan diskon

Keberadaan promo akan memberikan kemudahan pembelian mobil baru. Baik dealer dan perusahaan pembiayaan selalu memberikan harga spesial yang bisa didapatkan oleh konsumen setiap bulannya.