Tips Memilih Ban Mobil yang Benar

Tips Memilih Ban Mobil yang Benar

Halo sobat keren, ban mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting. Tanpa ban maka mobil tidak bisa berjalan. Oleh karena itu, penting sekali untuk kita memilih ban mobil yang benar serta merawat ban mobil tersebut supaya awet untuk digunakan berkendara. 

Memilih ban mobil juga harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan. Hal ini karena menyangkut keselamatan pengendaranya. Jika memilih ban mobil secara sembarangan berdampak pada keamanan dan kenyamanan ketika  berkendara. Dikutip dari garasi.id (2/12/2022), berikut ini tips memilih ban yang benar:

  1. Memilih ban mobil sesuai dengan tipenya

Jangan salah memilih tipe ban. Setiap kendaraan punya tipe dan ukuran bawaan sendiri. Tipe tersebut diukir pada bagian plakat laci atau pintu, tergantung jenis mobil. Selain itu, ada juga yang mencantumkannya di dekat tutup tangki bahan bakar. jadi ketika memilih ban mobil yang bagus, jangan lupa lihat dulu rekomendasi dari pabrikan.

Selain itu, memilih ban mobil juga bisa dilihat dari petunjuk penggunaan dan penyertaan tipe dan ukuran ban. Tipe tersebut diterangkan pada kombinasi sebuah kode. Sebagai contoh, jika ada ban mobil diberi kode  P 215/55R17 93V, huruf ‘P’ merupakan kode yang berarti Passenger. Arti dari Passenger di sini adalah mobil ini memang didesain untuk mengangkut orang.

  1. Memilih ban mobil sesuai dengan ukuran ban

Ukuran ban yang tepat adalah salah satu syarat untuk memilih ban mobil yang bagus. Pemiliknya harus mengetahui dulu arti dari kode-kode yang diukir di permukaan samping ban. Sebenarnya, cara menerjemahkan kode tersebut cukup mudah.

Misalkan kode ban mobil kamu adalah 205/55 R16 91 V, maka angka 205 yang pertama menunjukkan tentang berapa lebar telapak ban dalam satuan mm. Angka 60 dapat diartikan sebagai aspek rasio ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya. Sedangkan angka 16 merupakan informasi terkait dengan diameter velg yang dicantumkan dalam satuan inci dan angka 91 menunjukkan indeks beban maksimum.

Dalam memilih ban mobil, bisa membedakannya berdasarkan beberapa kriteria. Ada ban tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless (tanpa ban dalam), ada pula ban radial dan ban bias, yang dibedakan berdasarkan konstruksinya. V adalah kode yang menunjukkan batas kecepatan maksimum. Setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti S, Q, H, Z, dan lainnya.

  1. Memilih ban sesuai dengan lebar ban

Yang perlu diketahui tentang hubungan lebar ban dengan performa adalah ketika memilih ban mobil yang lebar, maka performa, daya cengkram dan percepatan bisa semakin maksimal. Namun demikian, lebar ban di sini juga sangat terbatas dengan ukuran velgnya. Sebaiknya jangan memodifikasi kendaraan di bagian ban dan velg karena performanya menjadi berubah dan tidak sesuai kapasitas mesin. 

  1. Memilih ban sesuai pola tapak ban

Memilih ban mobil sesuai pola tapak ban sangatlah penting untuk memastikan bahwa benda ini masih layak berada di kendaraan si pemilik. Mengapa demikian, Karena pola tapak ban sangat berpengaruh terhadap akselerasi dan manuver mobil. Jika gesekannya kecil, maka risiko untuk terpeleset atau tergelincir di jalan akan lebih besar. Akibat yang lebih buruk adalah bisa menyebabkan kecelakaan.

Memilih ban mobil dengan alur V adalah yang paling baik. Karena tapak dengan alur V memiliki daya gesek yang tinggi terhadap permukaan tanah sehingga traksi mobil sudah bisa dipastikan sangat baik. Selain itu, dengan musim di Indonesia yang kadang hujan dan jalanan kerap basah, pola ini akan bisa tetap mempertahankan posisi ban dan kendaraan seimbang serta stabil. Ban jenis ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal tetapi keamanannya sangat terjamin.

  1. Memilih ban sesuai Ketebalan ban mobil

Ban yang baik adalah ban yang memiliki ketebalan 50. Ketika memutuskan untuk memilih ban mobil yang tebal, secara otomatis keseimbangan dan performanya bisa naik. Sebaliknya, tanpa profil (ketebalan)  yang baik maka performanya bisa amat menurun.

Harga ban yang profilnya tinggi memang sedikit lebih mahal, tetapi perbandingannya tidak terlalu jauh. Jadi, daripada sering mengganti lebih baik untuk memilih ban dengan kapasitas paling maksimal.

  1. Memilih ban berdasarkan  tahun pembuatan ban

Bagaimana cara mengamati tahun pembuatan ban sebagai referensi pemilihannya. Pertama, perhatikan kode ban. Di sana ada empat digit angka seperti kode 0313. Kode tersebut dapat diterjemahkan menjadi angka 03 yang berarti waktu dibuat ban di minggu ketiga. Lalu, angka 13 menunjukkan pada tahun berapa ban itu diproduksi. Jadi, untuk kode 0313 artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke–3 tahun 2013.

Sebaiknya, dalam memilih ban mobil, pilihlah ban dengan tahun pembuatan yang masih baru. Karena kualitasnya pasti berbeda dengan ban yang lama. Tidak hanya itu, proses penyimpanan juga bisa menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Ketika lama disimpan bisa jadi ada masalah, misalnya jika tempat penyimpanannya lembab atau terkena sinar matahari langsung.

Berikut sobat keren tips memilih ban mobil dengan benar. Ingat sobat jangan terlalu berhemat ya dalam membeli ban mobil. Jangan sampai karena murah tapi mengorbankan keamanan dan kenyaman dalam berkendara. 

Sumber: garasi.id