Tips Memiliki Mobil Impian di Usia Muda

Tips Memiliki Mobil Impian di Usia Muda

Halo sobat keren, memiliki mobil baru adalah impian semua orang. Terutama saat ini mobil merupakan sebuah kebutuhan bagi sebagian orang untuk memudahkan mobilitas dalam aktivitas sehari-hari. Lalu apakah anak muda sudah bisa mewujudkan mobil impiannya? Tentunya bisa sobat keren. 

Dulu mobil dianggap sebagai barang mewah dan hanya segelintir orang saja yang memilikinya. Namun, pada saat ini siapa saja bisa memiliki mobil. Beragam brand dan tipe mobil kini banyak hadir memberikan pilihan dengan harga yang beragam mulai dari 100 jutaan sudah bisa memiliki mobil.

Selain itu, saat ini untuk memiliki mobil impian pun sangat mudah. Salah satunya, membeli mobil dengan cara kredit. Namun, perlu diingat sebelum membeli mobil secara kredit pastikan sudah mengatur keuangan bulanan supaya ketika sudah kredit mobil akan lancar dalam pembayarannya.

Lalu bagaimana cara mengelola keuangan agar bisa mendapatkan kredit mobil. Dikutip dari liputan6.com (03/02/2023), berikut ini tips mengelola keuangan agar bisa kredit mobil di usia muda

  1. Memahami kondisi keuangan dengan baik

Membeli mobil bukanlah hal yang dapat mudah dilakukan karena harga mobil terbilang cukup mahal. Untuk itu, perlu memastikan kondisi keuangan yang dimiliki apakah sudah cukup atau tidak untuk memiliki mobil impian. Bagaimana kondisi pemasukan dan pengeluaran saat ini. Perlu dihitung dengan cermat sebelum memutuskan kredit mobil. Bila masih berencana untuk mengumpulkan tabungan misal untuk DP mobil, tentunya harus memikirkan dengan matang jumlah tabungan yang dikumpulkan dengan pemasukan dan pengeluaraan saat ini. 

  1. Menentukan Jenis Mobil

Setelah mengetahui kondisi keuangan. Sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis mobil yang ingin dimiliki. Sesuaikan jenis mobil yang diinginkan dengan harga mobilnya. Setelah itu, lihat kembali apakah mobil tersebut dan harganya sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Buatlah target mobil yang dimiliki serealistis mungkin. 

Kamu bisa eksplore berbagai brand mobil ternama dan tipe-tipe mobil di KKB BCA Virtual Mall

#bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

  1. Rajin menabung

Meskipun membeli mobil secara kredit, namun tentunya membutuhkan DP mobil sebagai pembayaran awal. Biasanya DP mobil itu berada di kisaran 20 hingga 30 persen dari harga mobil. Oleh karena itu, untuk membayar DP tersebut tentunya harus menabung terlebih dahulu.

  1. Tinggalkan hidup boros dan mulai berhemat

Jika ingin memiliki mobil impian di usia muda, jalan satu-satunya untuk mewujudkannya adalah dengan meninggalkan gaya hidup boros dan mulai berhemat. Bijak dalam mengatur keuangan. Pilah kembali mana yang penting dan mana yang tidak penting. Dengan berhemat, bisa mengalokasikan uang tersebut untuk ditabung guna memenuhi DP mobil atau tagihan angsuran kredit mobil.

  1. Memiliki catatan kredit yang bagus

Meskipun di usia muda, usahakan memiliki track record kredit yang baik. Jangan sampai memiliki catatan kredit yang buruk. Hal ini dapat mempengaruhi apakah bisa mendapatkan kredit mobil atau tidak. Oleh karena itu, pastikan jika memiliki cicilan lainnya untuk selalu dibayar tepat waktu setiap bulannya. 

Sobat keren, dengan cara mengatur keuangan dengan baik maka mewujudkan mobil impian di usia muda bukanlah hal yang mustahil. Oleh karena itu, perlu bijak dalam mengatur keuangan. 

Sumber: Liputan6.com