Tips Merawat Mobil Agar Performa Tetap terjaga

Tips Merawat Mobil Agar Performa Tetap terjaga

Halo sobat keren, merawat mobil agar performa tetap terjaga merupakan hal yang wajib diperhatikan. Mobil yang memiliki performa yang baik tentu akan membuat nyaman dan aman terutama saat berkendara. 

Performa yang terjaga dengan baik akan membuat mobil menjadi lebih awet dan tidak sering menimbulkan masalah. Tentunya, untuk mencapai semua itu perlu ada usaha yang dilakukan oleh kita semua. 

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk merawat mobil agar performa tetap terjaga. Dikutip dari tribunnews.com (26/08/2022), terdapat beberapa tips merawat merawat mobil:

  1. Selalu perhatikan kondisi ban dan rem

Ban dan rem harus selalu diperhatikan kondisinya. Pertama yang harus diperhatikan adalah tekanan udara pada ban. Pastikan kalau tekanan udara sesuai dengan informasi pabrikan. 

Selain itu, tidak kalah penting yaitu kondisi rem harus selalu dalam keadaan optimal. Kondisi ban dan rem ini harus rutin diperiksa karena jika bermasalah akan membahayakan keselamatan jiwa pengendara maupun orang lain ketika kita berkendara.

  1. Rutin memanaskan mesin

Hal ini terlihat sepele namun penting untuk dilakukan. Memanaskan mesin mobil dilakukan agar mesin selalu terlumasi. Jika mobil jarang dipanaskan akan membuat mesin aus. Hal ini disebabkan terjadi pengendapan pada oli yang terlalu lama. Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan kerusakan suatu hari nanti. 

Lalu apakah kita harus memanaskan mobil setiap hari. Tentunya tidak perlu, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, memanaskan mobil tidak perlu lama-lama karena jika terlalu lama akan membuang-buang bensin. 

  1. Periksa kondisi lampu dan wiper mobil

Kondisi lampu dan wiper harus selalu dalam keadaan baik. Kita wajib secara rutin memastikan semua lampu mobil berfungsi dengan baik. Karena jika ada satu saja lampu tidak berfungsi akan berdampak sangat fatal bagi keselamatan pengendara. Karena lampu selain berfungsi sebagai penerangan ketika malam. Berfungsi juga saat kita hendak mendahului, belok kanan maupun kiri dengan menggunakan lampu sein. Jika lampu sein tidak berfungsi baik maka akan mengejutkan pengendara di belakang karena tidak mengetahui jika kita hendak berbelok atau mendahului.

Wiper juga perlu rutin dicek dengan baik. Pastikan kecepatan gerakan wiper apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Terutama di musim penghujan fungsi wiper ini selalu digunakan. 

  1. Bersihkan mobil dari kotoran dan debu
    Bersihkan mobil dari kotoran dan debu. Buanglah sampah yang ada di dalam mobil, bersihkan kursi, karpet dan dashboard mobil karena sering kali banyak debu ataupun pasir-pasir di karpet yang terbuat dari alas kaki ketika masuk ke dalam mobil. 

Membersihkan mobil adalah hal yang paling mudah dilakukan. Bisa menggunakan lap basah ataupun vacum cleaner agar semua debu terangkat. Selain itu, mencuci bagian luar mobil harus rutin dilakukan supaya mobil selalu terlihat mengkilap dan enak dipandang. 

  1. Cek oli dan cairan pada radiator

Terakhir, yang perlu dicek adalah oli dan cairan pada radiator.  Jika sudah keruh dan berwarna hitam alangkah lebih baiknya untuk segera mengantinya. Rutin menganti oli dan cairan radiator sangat baik untuk performa mesin tetap stabil. 

Kenapa perlu rutin dilakukan pergantian karena oli memiliki fungsi sebagai pelumas mesin dan cairan radiator berfungsi sebagai penjaga suhu mesin agar tetap terjaga dan tidak terlalu panas. 

Sobat keren, sudah tahu kan bagaimana cara merawat mobil agar performa tetap terjaga. Yuk kita merawat mobil kita dengan baik. 

Wujudkan memiliki mobil impianmu bersama KKB BCA Virtual Mall dan jangan lewatkan kesempatan terbaik kredit mobil dengan bunga spesial KKB BCA. Dimanapun dan kapanpun kamu bisa eksplore dan ajukan kredit mobil impianmu. 

#bisapunyamobil dengan KKB BCA. Kredit mobil, mobile-in aja hanya di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini]

Sumber: tribunnews.com