Tips Merawat Mobil di Bulan Ramadhan

Tips Merawat Mobil di Bulan Ramadhan

Sobat keren, tidak terasa sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan. Mobilitas masyarakat khususnya umat Muslim akan semakin tinggi. Biasanya aktivitas pada bulan Ramadhan seperti buka puasa bersama dengan keluarga dan teman, silaturahmi dengan keluarga, berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, mengikuti kajian rohani, mengikuti acara bakti sosial dan aktivitas lainnya. 

Menjalani aktivitas selama bulan Ramadhan dengan menggunakan mobil merupakan pilihan banyak orang karena lebih nyaman dan aman. Seiring meningkatnya aktivitas menggunakan mobil maka perlu memperhatikan beberapa hal terutama jika mobil akan digunakan untuk mudik lebaran nanti. 

Dikutip dari antaranews.com (15/03/2023), berikut ini tips merawat mobil di bulan Ramadhan agar selalu tetap dalam kondisi prima;

  1. Pastikan AC dingin dan sejuk

Pastikan sistem pendingin kabin mobil dalam kondisi baik. Lakukanlah perawatan berkala jika performa AC mobil sudah kurang maksimal. AC mobil merupakan komponen yang sangat penting terutama jika mobilitas tinggi harus menghadapi kemacetan dan cuaca panas akan terasa tidak nyaman jika tidak berfungsi dengan baik terutama saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Periksa mesin mobil

Pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan baik. Pastikan oli mesin tidak kurang takarannya dan selalu diganti sesuai jadwal yang ditentukan.periksa juga suara mesin ketika dinyalakan di pagi hari, terutama jika ada suara aneh yang tidak biasanya atau lampu indikator di panel instrumen menyala. 

Kamu bisa eksplore berbagai merek mobil ternama dan tipe-tipe mobil di KKB BCA Virtual Mall #bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

  1. Perhatikan kondisi ban

Periksa kembali kondisi ban mobil. Jangan pernah bosan untuk selalu memeriksa kondisi ban karena tugas ban cukup berat. Jika kondisi ban sudah tidak prima seperti permukaan ban sudah aus atau tekanan udaranya kurang dapat membahayakan pengemudi dan orang lain di jalan. 

  1. Jaga kebugaran mobil

Selama menjalankan puasa kondisi badan harus tetap dijaga tetap bugar dan tidak dehidrasi. Salah satu caranya adalah dengan memastikan cairan dalam tubuh tetap seimbang dalam kondisi puasa. Hal ini juga sama pada mobil. Kebugaran mobil wajib dijaga supaya tidak dehidrasi. Periksa cairan pendukung seperti air radiator, air wiper, minyak rem, dan cairan pendukung lainnya. 

  1. Ganti komponen yang rusak

Ganti komponen mobil yang rusak dan jangan dibiarkan. Karena jika dibiarkan terus akan menjalar ke onderdil yang lain yang masih sehat. Seperti shock absorber yang rusak dapat membuat komponen kaki-kaki lain ikut rusak karena harus menopang kinerjanya. Membiarkan komponen rusak dan tidak segera diganti akan membuat beban biaya semakin mahal.

  1. Servis berkala di bengkel

Servis berkala hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil untuk memastikan bahwa kondisi mobil dalam keadaan prima terutama saat tingginya mobilitas dengan menggunakan mobil. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melakukan servis berkala di bengkel. 

Sumber: antaranews.com