Tips Merawat Mobil Setelah Perjalanan Mudik Lebaran

Tips Merawat Mobil Setelah Perjalanan Mudik Lebaran

Halo sobat keren, tidak terasa libur lebaran telah usai dan kini saatnya beraktivitas kembali. Jakarta kembali ramai setelah ditinggalkan setengah penduduknya untuk mudik lebaran ke kampung halaman. 

Saat mudik, mobil menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan untuk perjalanan jauh. Namun, setelah perjalanan mudik selesai, penting bagi kita untuk merawat mobil dengan baik agar mobil tetap dalam kondisi baik. Dikutip dari otomotif.antaranews.com (19/04/2023), berikut ini tips merawat mobil setelah perjalanan mudik:

  1. Periksa oli mobil

Mudik dengan perjalanan jauh dan jalanan yang macet akan meningkatkan suhu pada mesin mobil. Tingginya suhu mesin dapat mengubah kondisi oli, baik itu dari sisi kekentalan oli dan juga volumenya yang berkurang sehingga perlu diganti agar kondisi mesin tetap baik dan mampu berjalan dengan halus. 

  1. Periksa kaki-kaki mobil

Shockbreaker, lower-arm, serta keausan dan tekanan angin ban harus dicek, karena perjalanan panjang dan kondisi jalan yang tidak menentu membuat komponen kaki-kaki mobil bekerja ekstra dalam menopang kendaraan, bahkan kondisi ban juga perlu dipastikan kualitasnya.

  1. Periksa sistem pengereman

Kampas dan minyak rem harus dipastikan dalam kondisi normal. Mengingat kemacetan panjang sering membuat rem mudah aus dan terkikis.

Temukan mobil impianmu bersama KKB BCA. #bisapunyamobil dengan KKB BCA dan dapatkan promo spesial [Klik disini]

  1. Periksa suhu mobil

Ketika mudik terutama perjalanan jauh maka mobil akan terus menyala secara terus menerus. Hal ini bisa menimbulkan masalah jika dibiarkan hidup terus menerus. Ada beberapa kerusakan yang bisa terjadi yang bisa memicu suhu mesin mobil naik, seperti anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran dan thermostat  yang bermasalah. Oleh karena itu, pasca mudik penting untuk dilakukan pemeriksaan.

  1. Periksa AC mobil

AC juga perlu dilakukan pengecekan seperti kondisi filter dan kebersihannya. Biasanya AC bekerja lebih ekstra pada saat mudik dan dapat menyebabkan sirkulasi AC menjadi kurang baik.

  1. Periksa Tune up

Bahan bakar minyak yang sudah mengalami proses campuran dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan performa kendaraan. Sebaiknya setelah mudik tune-up  mesin dapat mengembalikan kondisi performa kendaraan kembali dan menjadi lebih optimal.

  1. Memandikan mobil

Selain pemeriksaan komponen pada mobil, jangan lupa untuk membersihkan mobil yang sudah dibawa mudik. Supaya mobil kembali tampak bersih. 

Sobat keren, merawat mobil setelah perjalanan mudik sangat penting untuk menjaga agar mobil tetap dalam kondisi baik dan prima. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kita dapat memperpanjang usia mobil dan menghindari masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari. 

Sumber: otomotif.antaranews.com