Waspada Cuaca Ekstrem, Begini agar Aman Berkendara

Waspada Cuaca Ekstrem, Begini agar Aman Berkendara

Halo sobat keren, memasuki penghujung tahun 2022 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait akan adanya cuaca ekstrim di Indonesia mulai dari tanggal 28 Desember 2022 hingga awal tahun 2023 mendatang. Selain BMKG, peringatan cuaca ekstrim ini juga datang dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang mengatakan akan terjadi badai di Jabodetabek pada tanggal 28 Desember 2022. Oleh karena itu, pemerintah menghimbau agar masyarakat untuk bersiap menghadapi cuaca ekstrim tersebut karena akan menimbulkan beberapa bencana alam seperti banjir, pohon tumbang dan longsor.

Beberapa waktu lalu hujan lebat dan angin kencang sempat terjadi di Tangerang Selatan yang mengakibatkan banjir dan pohon tumbang di jalan raya. Hal tersebut sangat membahayakan pengendara jika memaksakan diri untuk tetap berkendara saat kondisi cuaca ekstrim terjadi. Karena beberapa kasus ada pengendara mobil yang tertimpa pohon tumbang.

Dikutip dari investor.id (28/12/2022), berikut ini cara aman berkendara di tengah kondisi cuaca ekstrim:

  1. Pastikan tubuh dalam kondisi fit. Berkendara dalam kondisi fit adalah syarat wajib sebelum pengendara mengendarai mobil. Jika kondisi tubuh tidak fit maka akan membahayakan pengendara maupun orang lain. Terutama cuaca yang tidak menentu akan membuat tubuh lebih rentan sakit. Oleh karena itu, penting sekali pengendara untuk selalu mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap dalam kondisi fit sebelum berkendara. 

  2. Pastikan mobil berfungsi dengan baik. Beberapa komponen mobil yang perlu dipastikan diantaranya adalah lampu indikator, rem, klakson serta wiper dalam kondisi baik. Cek pula bahan bakar mobil sudah terisi dan tekanan ban dalam kondisi batas aman. Ketika cuaca ekstrem terjadi, sebaiknya tidak memaksa untuk melaju dalam kondisi tersebut, dengan cara menunggu hujan sedikit mereda agar perjalanan lebih aman sampai tujuan.

  3. Pastikan berkendara dengan aman. Taatilah peraturan lalu lintas terutama batas kecepatan kendaraan. Jika berkendara terlalu cepat saat keadaan cuaca ekstrim akan sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, jaga jarak aman juga penting kadang kala ketika cuaca ekstrim yang menjadi kendala para pengendara adalah jarak pandang yang berkurang oleh karena itu menjaga jarak dengan kendaraan lain sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

  4. Pastikan mobil dilengkapi dengan perlindungan yang dapat diandalkan. Selain tindakan pencegahan dengan menerapkan berbagai etika sebelum dan saat berkendara, hal lain yang seringkali terlupakan pemilik mobil adalah perlindungan maksimal yang dapat meringankan beban saat terjadi risiko di jalanan.

Sobat keren, tetap berhati-hati ketika cuaca ekstrim terjadi dan jangan memaksakan diri. Selain itu, taatilah peraturan lalu lintas saat berkendara di jalan. Baca berita lainnya [Klik disini]

Sumber: Investor.id