Yuk, Kenali Jaminan Perluasan pada Asuransi Kendaraan Bermotor

Yuk, Kenali Jaminan Perluasan pada Asuransi Kendaraan Bermotor

Berbicara tentang kendaraan bermotor, rasanya tidak akan ada habisnya. Bagaimana cara perawatannya, cara mengemudi yang baik dan benar, tempat yang aman untuk memarkirkan kendaraan, hingga pemilihan asuransi yang sesuai. Seperti kita ketahui, terdapat dua jaminan dasar yang ditawarkan dalam polis Asuransi Kendaraan Bermotor yaitu Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). 

  • Jaminan Comprehensive memproteksi kendaraan bermotor dari kerugian kecil seperti badan mobil lecet tergores akibat kecelakaan lalu lintas, maupun kerugian besar seperti ringsek dan hilang dicuri. 

  • Sementara itu, jaminan TLO hanya memproteksi kendaraan bermotor dari kerusakan parah (kerusakan kendaraan = 75%) akibat kecelakaan dan kebakaran, serta kehilangan.

Selain dua jaminan dasar tersebut, ada jaminan lain yang dapat ditambahkan pada Asuransi Kendaraan Bermotor yang dinamakan sebagai jaminan perluasan. Jaminan perluasan dapat berupa :

  • Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga (Third Party Liability - TPL)

  • Kecelakaan Diri Pengemudi dan/atau Penumpang (Personal Accident - PA)

  • Bengkel Resmi (Authorized Workshop)

  • Kerusuhan, Pemogokan, Huru-Hara (Riot, Strike, Civil Commotion - RSCC)

  • Bencana Alam: Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan/atau Tanah Longsor (Typhoon, Storm, Hail, Flood, Landslide - TSHFL) dan Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, Tsunami (Earthquake, Vulcanic Eruption, Tsunami - EQVET). 

Besaran penggantian klaim dari dua jaminan perluasan pertama (TPL dan PA) ditentukan dengan limit pertanggungan. Sementara itu, besar penggantian klaim untuk jaminan perluasan lainnya adalah sesuai dengan nilai kerusakan yang terjadi. Untuk mendapatkan jaminan perluasan ini memerlukan tambahan premi yang harus dibayarkan. Berikut ini adalah beberapa contoh kasus yang dapat ditambahkan proteksi jaminan perluasan:

  1. Kendaraan menabrak kendaraan orang lain sehingga muncul biaya tuntutan diproteksi jaminan perluasan TPL.

  2. Kecelakaan lalu lintas menyebabkan penumpang dalam kendaraan mengalami luka-luka dan perlu dilarikan ke rumah sakit diproteksi jaminan perluasan PA.

  3. Kendaraan yang mengalami kecelakaan diperbaiki di bengkel resmi diproteksi jaminan perluasan Authorized Workshop.

  4. Pelaku kerusuhan melempar batu ke arah kendaraan sehingga kaca pecah diproteksi jaminan perluasan RSCC. 

  5. Kendaraan tertimpa pohon yang roboh akibat angin kencang saat hujan turun diproteksi jaminan perluasan TSHFL.

  6. Gempa bumi membuat rumah warga roboh dan menimpa kendaraan diproteksi jaminan perluasan EQVET.

Bagi Anda yang ingin memiliki Asuransi Kendaraan Bermotor beserta jaminan perluasannya, dapat mengunjungi website BCAinsurance di www.bcainsurance.co.id, pilih menu “Permintaan Produk”, lalu isi data diri Anda dan pilih produk Asuransi Kendaraan Bermotor. Tim BCAinsurance akan segera menghubungi Anda untuk memberikan informasi lebih lanjut.

Untuk mendapatkan informasi seputar produk dan layanan dari BCAinsurance kunjungi:


bisa juga lakukan simulasi kredit di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini] 

dan informasi seputar KKB BCA bisa ditanyakan langsung melalui live chat atau bisa tersambung dengan akun Instagram KKB BCA : @mykkbbca 

BCAinsurance

Solusi tepat asuransi Anda