Kendaraan dengan Plat Nomor Putih, Apa Artinya?

Kendaraan dengan Plat Nomor Putih, Apa Artinya?

Perubahan warna dasar plat nomer putih di Indonesia bukanlah sekadar perubahan estetik. Di balik perubahan ini, ada alasan-alasan penting yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan, visibilitas, dan keseragaman dengan standar internasional. 

Meskipun ada tantangan dalam implementasinya, aturan plat nomor putih ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi sistem transportasi dan keamanan di Indonesia. 

Perlu diketahui, sebelumnya, plat nomor kendaraan umum atau pribadi di Indonesia memiliki warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih. Namun, kebijakan baru ini mengubahnya menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam. 

Mengapa Warna Plat Nomor Diubah Menjadi Putih? 

Indonesia kini telah menerapkan desain baru untuk plat nomor kendaraan bermotor dengan tujuan agar polisi lalu lintas lebih mudah dalam mengidentifikasi nomor plat saat pengendara berkendara. 

Mungkin Anda sudah sadar bahwa sistem tilang elektronik telah digulirkan di Indonesia. Namun, para petugas lalu lintas mengungkapkan bahwa mereka menghadapi kesulitan dalam mengidentifikasi plat nomor sepeda motor. 

Plat dengan latar belakang hitam seringkali sulit dikenali oleh kamera, sehingga sering terjadi ketidakakuratan dalam pembacaannya. Sebagai contoh, angka 5 sering kali salah dikenali sebagai huruf S. Hal ini tentu saja menjadi kendala bagi petugas lalu lintas dalam mengenali nomor plat kendaraan. 

Sebagai solusinya, pemerintah telah menerapkan plat dengan latar belakang putih dan teks berwarna hitam. Harapannya, dengan desain plat nomor putih ini, akan mengurangi kesalahan dalam proses identifikasi plat kendaraan saat penilangan elektronik dengan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ELTE). 

Arti Plat Nomor Putih pada Kendaraan 

Di negara kita, setiap kendaraan wajib memiliki identitas berupa plat nomor atau sering disebut sebagai nomor polisi. Fungsinya tidak hanya sebagai identitas, namun juga sebagai syarat berkendara di jalan raya. Usut punya usut, tradisi penggunaan plat nomor ini telah ada sejak era kolonial. 

Lantas, apakah arti dari kombinasi huruf dan angka dalam plat nomor tersebut? Huruf dalam plat merujuk pada wilayah tempat kendaraan tersebut terdaftar. Sebagai contoh, huruf "B" merujuk ke wilayah Jabodetabek. Sedangkan angkanya memiliki keterangan khusus sebagai berikut: 

  • 1-2999: Kendaraan penumpang 

  • 3000-6999: Sepeda motor 

  • 7000-7999: Bus 

  • 8000-8999: Kendaraan barang atau penumpang 

  • 9000-9999: Kendaraan pengangkut beban, seperti truk 

Sebagai ilustrasi, untuk plat "B 1992 SAT", "B" menandakan wilayah Jabodetabek. Angka "1992" mengindikasikan bahwa itu adalah kendaraan penumpang. Sementara "SAT" merupakan kode yang menunjukkan lokasi spesifik registrasi, dalam hal ini Jakarta Selatan. 

Kendaraan yang Bisa Mendapat Plat Nomor Baru 

Tidak setiap kendaraan berhak memperoleh penggantian plat nomor putih. Namun, jika saat ini plat nomor Anda masih berwarna hitam, Anda tak perlu panik karena plat tersebut masih sah dan bisa dipakai. Berikut daftar kriteria kendaraan yang mendapat prioritas untuk plat putih dengan huruf hitam: 

Kendaraan yang Masa Berlaku Platnya Habis 

Setiap plat nomor kendaraan memiliki durasi aktif selama 5 tahun. Detail berupa bulan dan tahun ada di bagian bawah plat. Jika masa plat kendaraan Anda telah berakhir, terutama yang dimulai dari Juni 2022, maka Anda berhak mendapat plat nomor berwarna putih. 

Kendaraan Baru 

Pembeli kendaraan baru akan langsung diberikan plat warna putih. Bagi yang membeli di tengah 2022, Anda berhak mendapat plat putih ini. Ingat, ini merupakan plat resmi, bukan plat sementara yang seringkali ditemui di kendaraan baru. 

Perpanjangan STNK Setiap 5 Tahun 

Dalam proses perpanjangan STNK setiap 5 tahun, penggantian plat nomor menjadi hal yang wajib. Plat lama berwarna hitam tidak valid dan akan digantikan dengan plat warna putih dengan huruf hitam. 

Pergantian Hak Milik Kendaraan 

Jika Anda membeli kendaraan bekas dan ingin mengubah hak miliknya, Anda akan mendapatkan TNKB yang baru. Jika proses perubahan kepemilikan dilaksanakan pada Juni 2022, maka Anda bisa mendapat plat berwarna putih dengan huruf hitam. 

Fakta Seputar Plat Nomor Putih 

Di tahun 2022 lalu, kita telah menyaksikan transisi warna plat nomor dari kombinasi hitam-putih menjadi putih-hitam. Ada beberapa fakta penting yang perlu Sobat Keren ketahui mengenai perubahan ini: 

Integrasi Teknologi Chip 

Plat nomor putih akan dilengkapi dengan chip. Proses ini akan diterapkan bertahap. Chip ini bukan sembarang chip, tetapi berisi data detail pemilik kendaraan. Tujuan utamanya adalah mempermudah proses penindakan melalui ELTE. Jika ada pelanggaran atau ketidaksesuaian, tindakan langsung atau tilang dapat diberlakukan. 

Dengan perubahan ini, kepolisian ingin mendorong penggunaan ELTE yang sepenuhnya berbasis elektronik. Chip tersebut memungkinkan kepolisian untuk memperoleh data kendaraan hingga catatan pelanggaran yang telah dilakukan pemilik atau pengemudi. Chip ini juga akan memudahkan proses verifikasi pembayaran pajak kendaraan. 

Sistem Pembayaran Modern 

Chip pada plat kendaraan bukan hanya pembawa data, tapi juga alat pembayaran! Anda dapat menggunakan chip ini untuk membayar biaya tol dan parkir. Ini serupa dengan teknologi RFID yang akan digunakan dalam sistem pembayaran tol tanpa henti. Baik e-tol maupun parkir elektronik akan mendukung teknologi ini. 

Untuk mendukung implementasi ini, kepolisian akan berkolaborasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan entitas lainnya. Di masa mendatang, kita akan melihat gerbang tol dan loket parkir dengan teknologi canggih yang dapat mendeteksi informasi dari chip pada plat nomor kendaraan Anda. 

Sebagai pemilik kendaraan pribadi, sudahkah kendaraan Anda menggunakan plat nomor putih? Jika kendaraan Anda sudah memenuhi syarat aturan plat nomor putih, maka segera lakukan penggantian dan jangan menundanya. 

Bagi Sobat Keren yang tak hanya ingin sekadar mengganti plat nomor, tapi berencana untuk mengganti kendaraan baru, pilih pembiayaan mobil yang praktis dan mudah dengan KKB BCA. 

KKB BCA adalah solusi terbaik untuk memiliki mobil baru dari merek dan jenis apapun dengan bunga yang ringan dan pilihan tenor variatif yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Sobat Keren.  

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, kunjungi kreditkerenbanget.com untuk memperoleh informasi yang lebih jelas.