Tips merawat mobil yang sering menghadapi kemacetan

Tips merawat mobil yang sering menghadapi kemacetan

Halo sobat keren, kemacetan merupakan masalah yang tak kunjung usai hingga saat ini khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Setiap hari setiap pengendara harus berjuang menghadapi kemacetan. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan dan ketika hujan ekstrim turun maka akan berdampak pada kemacetan yang panjang dimana-mana. 

Kemacetan menimbulkan berbagai masalah baik secara langsung ke diri kita maupun yang secara tidak langsung. Seperti, polusi udara hingga masalah yang timbul pada kendaraan. Beberapa masalah yang sering timbul pada kendaraan diantaranya adalah mobil overheat, mobil menjadi boros dan masalah pada rem. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan secara berkala untuk mencegah masalah tersebut timbul. 

Dikutip dari kumparan.com (10/11/2022), berikut ini tips yang merawat mobil yang sering terkena macet supaya lebih awet: 

  1. Cek komponen pendukung

Komponen pendukung seringkali kita tidak melakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan komponen mobil yang dilakukan meliputi pengecekan terhadap lampu-lampu mobil dan rem. 

  1. Perhatikan transmisi

Transmisi sangat penting untuk kita perhatikan saat berkendara terutama saat menghadapi kemacetan. Untuk mencegah kerusakan lebih baik pengendara mobil baik matic maupun manual memindahkan tuas gigi transmisinya ke N (Netral) saat berhenti di kala macet dan jangan lupa menggunakan rem tangan. Sering kali banyak pengendara yang melakukan teknik setengah kopling saat berada di tengah kemacetan. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena akan membuat kopling cepat aus  atau jika salah maka mobil akan tiba-tiba mati. 

  1. Ganti kampas rem secara berkala

Kampas rem yang sudah habis akan membahayakan pengendara mobil maupun orang lain. Penting sekali untuk melakukan penggantian kampas rem secara rutin. Kita harus mengetahui usia dan daya tahan kampas rem mobil yang  digunakan setiap hari terutama mobil yang setiap hari harus menghadapi kemacetan. Salah satu tanda kalau kampas rem mulai habis dan harus segera diganti adalah munculnya getaran dan suara saat melakukan rem. 

  1. Rutin mengganti oli

Mengganti oli mobil secara berkala akan menjaga mesin mobil berjalan dengan baik. Oli adalah nyawa bagi mobil. Oleh karena itu, jika sering menghadapi kemacetan harus sering melakukan pergantian oli. 

Sobat keren, itulah tips sederhana merawat mobil yang sering menghadapi kemacetan setiap hari. Yok untuk tetap menjaga performa mobil tetap baik jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan mobil secara berkala.

Wujudkan memiliki mobil impianmu bersama KKB BCA Virtual Mall dan jangan lewatkan kesempatan terbaik kredit mobil dengan bunga spesial KKB BCA. Dimanapun dan kapanpun kamu bisa eksplore dan ajukan kredit mobil impianmu. 

#bisapunyamobil dengan KKB BCA. Kredit mobil, mobile-in aja hanya di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini]


Sumber: kumparan.com