Yuk, Terapkan Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin!

Yuk, Terapkan Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin!

AC mobil yang dingin tentunya akan membuat pengemudi dan penumpangnya merasa nyaman saat berada dalam perjalanan, terutama di negara tropis dengan suhu udara yang panas. Sayangnya, seringkali pengguna mobil melupakan pentingnya merawat AC mobil, yang mengakibatkan kinerja AC berkurang. Yuk, simak cara merawat AC mobil secara mudah di sini agar mobil Anda selalu sejuk. 

Akibat Tidak Merawat AC Mobil Secara Rutin 

Ketika pemilik mobil mengabaikan perawatan AC, maka hal ini akan berdampak pada penurunan kinerja AC tersebut. AC mobil yang tidak dirawat dengan baik akan kehilangan kemampuannya untuk menghasilkan udara dingin sehingga kenyamanan dalam berkendara pun terganggu. 

Tak hanya itu saja, komponen AC dapat cepat rusak dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal. Bagian AC mobil yang kerap mengalami kerusakan jika AC-nya tidak dirawat dengan benar adalah kompresor. Perbaikan atau penggantian komponen ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Kebiasaan tidak merawat AC secara rutin juga dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri di dalam sistem AC sehingga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan alergi. 

Cara Merawat AC yang Benar 

Mesin mobil bukan satu-satunya yang butuh perawatan rutin. Komponen penting lainnya seperti AC mobil juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap dalam kondisi prima dan tahan lama. 

Agar AC mobil bisa bertahan lama, perlu dilakukan perawatan dengan rutin agar fungsionalitasnya dalam mendinginkan udara kabin mobil jadi lebih maksimal. Berikut adalah cara merawat AC mobil yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang: 

Rutin Bersihkan Kabin 

Debu dan kotoran yang menumpuk di kabin mobil dapat menghambat kinerja AC. Hal ini mengakibatkan AC kurang efisien dan udara yang dikeluarkan pun tidak sebersih seharusnya. 

Penting untuk diingat, AC mobil bekerja dengan sistem sirkulasi udara tertutup yang memanfaatkan udara kabin untuk didinginkan berulang kali. Jadi, menjaga kebersihan kabin sangatlah penting. 

Rutin Bersihkan Kondensor AC 

Banyak pemilik mobil yang sering mengabaikan kebersihan kondensor AC. Kebersihan kondensor sangat berpengaruh terhadap performa AC. Jika kondensor berlapis debu dan kotoran, kinerjanya akan terganggu dan AC tidak akan bekerja secara efisien. Jadi, saat mencuci mobil, pastikan untuk turut membersihkan kondensor AC. 

Parkir Mobil di Tempat Sejuk 

Upayakan selalu untuk menempatkan kendaraan Anda di area yang teduh dan sejuk saat parkir. Walaupun terkesan sepele, cara ini nyatanya efektif dalam mempercepat proses penyejukan AC ketika baru saja dinyalakan. 

Mobil yang terpapar sinar matahari secara langsung serta kondisi jendela yang tertutup berkontribusi pada peningkatan suhu di ruang dalam kabin. Bahkan, udara di dalam mobil jadi semakin panas jika kendaraan Anda berwarna gelap. 

Dengan memarkir mobil di tempat yang teduh, suhu ruangan dalam kabin dapat terjaga kesejukannya sehingga AC tidak perlu bekerja terlalu keras saat dinyalakan. 

Hindari Membuka Kaca Mobil Saat Menggunakan AC 

Cara lain untuk memastikan AC mobil tetap prima adalah dengan tidak membuka jendela saat AC menyala. Hal ini bertujuan agar debu dan kotoran dari luar tidak masuk ke dalam kabin. Jika debu masuk, filter dan kondensor AC mobil jadi lebih cepat kotor dan mengurangi kinerja AC. 

Rutin Membersihkan Filter Kabin 

Ingin AC mobil Anda tahan lama? Jangan lupa untuk selalu memeriksa filter kabinnya. Filter kabin berperan penting dalam menyaring udara yang akan dihembuskan oleh AC mobil. 

Tidak hanya membersihkannya, sesekali Anda juga harus mengganti komponen filter udara tersebut agar kualitas udara tetap terjaga dan AC dapat mengeluarkan hembusan udara dingin yang optimal. 

Tidak Merokok di Dalam Mobil 

Merokok di dalam mobil bukanlah ide yang baik. Asap rokok meninggalkan aroma yang susah hilang dan bisa masuk ke sistem sirkulasi AC sehingga tercampur dengan udara di kabin dan berpotensi merusak kesehatan. Terlebih, asap rokok bisa merusak filter AC, yang berdampak pada efisiensi AC. 

Atur Suhu yang Ideal 

Mengatur suhu AC mobil dengan tepat sangat penting agar kompresor tidak bekerja terlalu keras dan mengakibatkan kerusakan komponen. Suhu ideal untuk AC mobil adalah sekitar 25 derajat Celcius, yang sudah sangat cukup untuk mendinginkan kabin mobil tanpa membebani mesin. 

Servis AC Secara Berkala 

Selain melakukan cara merawat AC mobil yang sudah dijabarkan di sini, Sobat Keren juga perlu melakukan servis AC secara berkala di bengkel yang terpercaya.  

Lakukanlah servis AC sesuai jadwal, yaitu setiap 6 bulan sekali dan jangan lupa untuk mengganti filter kabin. Kemudian, setahun sekali lakukan perbaikan-perbaikan ringan seperti memeriksa blower, kondensor, dan mengganti filter dryer

Ada juga perawatan AC yang seharusnya dilakukan oleh teknisi profesional, seperti mengisi freon atau melakukan vacuum. Ya, untuk melakukan servis besar seperti ini sebaiknya percayakan pada teknisi yang berpengalaman. Meskipun ada cara mengisi freon AC mobil sendiri atau jenis servis besar lainnya, akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan tenaga ahli saja. 

Cara merawat AC mobil ini merupakan langkah sederhana untuk menjaga keawetan AC demi kenyamanan saat berkendara. Namun, jika kerusakan AC terjadi secara terus menerus meskipun Anda sudah merawatnya dengan baik, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan rencana membeli mobil baru. 

Mewujudkan mobil impian bukanlah hal yang mustahil, terutama dengan adanya KKB BCA yang menawarkan berbagai keuntungan bagi konsumennya. Mulai dari proses yang mudah, bunga yang kompetitif, hingga layanan pelanggan yang terbaik. 

Pilih KKB BCA untuk mewujudkan mobil impian Anda. Jadi, tunggu apalagi? Raih kesempatan mewujudkan mobil impian Sobat Keren bersama KKB BCA!